Sabtu, 24 Juni 2017

Kenali Alergi Susu Sapi Supaya Anak Terhindar dari Masalah Pencernaan

Anak adalah titipan Maha Kuasa paling berharga dalam sebuah rumah tangga. Ketika pasangan suami istri mengikrarkan janji sehidup semati menjalani roda kehidupan bahtera rumah tangga terlahirlah seorang anak hasil perencanaan dan Anugerah Illahi. Bahagia rasanya saat bahtera itu dihiasi tawa nangis seorang anak yang pertama sekali merubah status orangtua menjadi ayah dan ibu. Oleh sebab itu orangtua pasti akan menjaga dan merawat anak sampai bisa hidup mandiri.

Sedari dalam kandungan hingga menua nanti hanya Ibu yang bisa memahami tumbuh kembang, perasaan, keinginan, hati dan keadaan seorang anak. Butuh ekstra perhatian khusus untuk anak sewaktu dari bayi, balita dan batita pada saat siklus tumbuh kembang anak. Apalagi pada masa-masa tumbuh kembangnya anak sangat rentan terkena penyakit karena sensitifitasnya terutama Pencernaan dan Alergi.



Bertempat di Tanamera Cuisine 17 Juni 2017 bilangan Jakarta Selatan saya mengikuti TalkShow dengan tema “Tidak Semua Masalah Pencernaan Berkaitan Dengan Alergi”. Saya sangat tertarik sekali dengan tema tersebut maknanya sangat luas dan memang selalu dialami oleh ibu-ibu dalam merawat dan menjaga sang buah hati. Ilmu perawatan anak bertambah dengan hadirnya dokter-dokter pakar dibidangnya dan test alergi susu sapi bersama Enfagrow Mead Djohnson Nutrition.


Kenali Permasalahan Pencernaan si kecil
Oleh Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A

Nah, sebagai Ibu yang mengandung, melahirkan, merawat dan membesarkan anak pasti sangat khawatir serta panik jika anak memiliki masalah pencernaan. Apa saja penyebab masalah pada sistem pencernaan anak?. Yuk Moms kenali gangguan sistem pencernaan pada anak.
Gangguan Sistem Pencernaan Anak
1. Kembung kemungkinan besar karena kebanyakan main diluar rumah, kena angin dan kondisi 2. anak kurang makan.
3. Sering buang gas karena anak masuk angin dan kembung.
4. Sakit perut disebabkan asupan makanan yang kurang higyenis.
5. Mual/muntah disebabkan masuk agin dan daya imun anak menurun.
6. Bentuk poop tidak konsisten dan BAB tidak lancar disebabkan kurangnya serat makanan anak.
7. Rewel tanpa sebab kemungkinan anak merasa tidak enak badan.



Pasti semua Moms pernah mengalami anak suka rewel dan sudah dirayu segala macam cara tetap saja rewel. Moms perlu tahu informasi ini jika rewel anak berlanjut jangka panjang sampai >3 bulan perlu hati-hati ya Moms karena akan mempengaruhi resiko kesehatan mental dikemudian hari seperti Agresif, Hiperaktif, Cemas (anxiety), Gangguan tidur, Migren dan Alergi. Nah, sangat tidak bagus sekali jika anak terlalu rewel Moms. Berikut tips beberapa hal yang Moms bisa lakukan supaya anak tidak rewel dan anak juga bisa merespon dengan baik.
Tips supaya Anak tidak Rewel
1. Memandikan anak dengan air hangat sambil bermain air supaya anak ceria kembali.
2. Melakukan pemijatan ringan pada tubuh anak supaya anak relaks.
3. Kompres bagian tertentu anak jika temperatur tubuh berubah jadi panas.
4. Menyusui anak dalam keadaan bersih.
5. Bermain bersama anak untuk memaksimalkan fungsi otak kanan dan kiri terlebih ke sensorik motorik anak.
6. Peluk dan hibur anak karena hanya kasih sayang serta pelukan Moms yang menenangkan anak.



Perasaan seorang  Ibu pasti akan panik jika si Kecil mengalami masalah pencernaan. Sebagai Ibu yang bijak, cerdas dan teliti terlebih dahulu melakukan 3 hal berikut saat si Kecil mengalami masalah pencernaan.
1. Eksplorasi penyebab masalah pencernaan pada anak
2. Catat makanan yang dikonsumsi dalam 3x24 jam terakhir
3. Diskusi dengan Dokter Anak

Sebelum bertindak Moms harus memahami betul keadaan anak sebelum dan sesudah terjadinya gangguan pencernaan. karena si kecil belum bisa mendiskripsikan apa sebenarnya yang dirasakan dan terjadi apa penyebabnya ya Moms.


Kenali Alergi si kecil lewat test Alergi Susu Sapi
Oleh M. Nuh Nasution team Ahli Enfa A+



Alergi susu sapi adalah kondisi dimana sistem imun anak tidak memiliki respon yang tidak normal terhadap kandungan protein dalam susu sapi. Sistem kekebalan tubuh anak menganggap protein yang ada dalam susu tersebut adalah racun zat yang berbahaya yang mengakibatkan gejala-gejala alergi. Biasanya anak yang mengidap alergi susu sapi reaksinya akan muncul 30-45 menit setelah minum susu. Gejalanya berupa bintik merah dan gatal pada anak kemudian reaksi setelahnya terjadi akan gumoh, kolik, konstipasi diare sampai gangguan buang besar. Kebanyakan dari Moms belum terlalu paham apakah penyebabnya dan sering  di salah artikansebagai Alergi. Gejala alergi terjadi pada 3 area yaitu kulit mencapai 50-70%, saluran pencernaan sekitar 50-60% dan pernafasan lebih kecil sekitar 20-30%.

Menjaga asupan gizi anak yang cukup perlu diperhatikan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang 4 sehat 5 sempurna dengan tambahan susu. Sebagai seorang ibu yang biijak dan concern pada anak memilih susu pertumbuhan yang tepat untuk anak terutama pada kesehatan sistem pencernaannya. Pilih susu yang memiliki kandungan zat gizi makro dan mikro untuk memenuhi asupan gizi tumbuh kembang anak terutama perkembangan otak.



Penelitian Ahli Enfa A+ susu anak mengatakan bahwa kandungan yang terdapat dalam Enfagrow A+ Gentle Care sangat rekomendasi untuk menetralkan gejala alergi pada si kecil. Enfagrow A+ Gentle Care terdapat kandungan Kadar laktosa yang lebih rendah sehingga cocok untu perut si kecil yang peka. Formula Enfagrow A+ Gentle Care mudah dicerna dengan protein halus (Partially Hydrolyzed Protein/PHP). Nah, Sangat membantu sekali Moms TalkShow dari Enfagrow A+ Gentle Care memiliki kandungan yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang otak si kecil. Sudah pasti Moms selalu memberikan yang terbaik buat perkembangan si kecil. Untuk lebih jelasnya apa itu alergi pada anak kunjungi www.enfaclub.com ya Moms. Jaga pencernaannya dan dukung cerdasnya



SEO Checklist untuk Blogger
Oleh Parjono Sudiono

Sebagai seorang Moms Blogger tentu pasti tahu dong apa yang akan dicapai sebagai blogger. Bukan hanya sekedar ikut trend dan mendapatkan hadiah. Sudah pasti tujuannya untuk pengembangan diri mendapatkan ilmu media sharing dan edukasi lebih banyak, promosi produk (keperluan bisnis) dan hobby menulis membagikan hal-hal positif melalui tulisan. Tetapi dalam dunia perbloggeran kita pasti sharing informasi yang sangat bermanfaat bagi pembaca website. Perlu yang namanya website terindex dalam mesin pencari, traffik yang tinggi, memiliki kata kunci yang paling dicari pembaca dan blog teroptimasi gengan baik untuk menemukan tulisan kita.



Website kita butuh yang namanya SEO (Search Engine Optimation) optimasi yang dilakukan sehingga dapat menampilkan website kita dalam peringkat teratas dalam pencarian organik (bukan iklan). Ada 4 pilar SEO yang sangat penting dalam website kita yaitu :

1. Index membantu memberikan informasi yang tepat kepada mesin pencari seperti :
Robots.com digunakan untuk menghindari mesin pencari mengcrawl halaman-halaman yang tidak sesuai. Contoh halaman admin, halaman template blog dan lain-lain.
Sitemap digunakan untuk memudahkan mesin pencari melihat struktur website dengan mudah HTML sitemap biasanya diletakkan di bagian bawah website dan XML sitemap diletakkan dibagian root folder yang kemudian disubmit dalam google search console.
Struktur URL biasanya akan  muncul dari hasil pencarian selalu gunakan kata dalam URL Gunakan “/” untuk pembeda folder update tulisan bersifat unik, selalu membuat direktori dengan sederhana dan fokus hanya untuk satu kata kunci keunikan dari website kita.

2. Content membuat pembaca mendapatkan konten yang menarik dan relevan.
Pentingnya kata kunci searching yang menampilkan meta title tulisan memudahkan dalam pencarian karena keunikan dari judul tulisan kita di dalam blog. Deskripsi dalam tulisan juga sangat diperlukan mesin pencari yang mampu memberikan pengaruh yang kuat supaya pembaca memilih tulisan kita yang setiap header berkesinambungan dengan penjelasan pendukung. Ternyata penamaan foto dalam tulisan sangat penting karena pada saat pembaca melakukan mesin pencari foto tersebut akan mengarah pada tulisan blog kita.

3. Authority website menjadi blog yang terpercaya.
Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan pembaca dalam tulisan. Lebih baik menyertakan link sumber yang valid baik itu berupa website dan media sosial. Nah, untuk link dalam tulisan harus relevan, menarik bermanfaat dan original konten serta kualitas website yang akan kita share.

4. Experience interaksi antara pembaca dan penulis engagement yang tinggi.
Kecepatan website sangat diperlukan oleh pembaca istilah kata jangan sampai lambat loading membuat pembaca boring akibat kelamaan sehingga meninggalkan website kita. Hal ini tentu menguragi viewer blog maka perlu pengurangan animasi, konten-konten berat dan usahakn doamin berbayar. Optimasi pada peragkat mobile kecepatan website jangan blok dengan CMS, JavaScript dan foto yang besar, site design untuk perangkat mobile atau responsif dan gunakan user interface yang berahabat dengan pembaca.



Ternyata hanya menulis di website saja tidak cukup ya Moms, kita tetap memperhatikan yang namanya SEO yang relevan dengan tulisan. Oleh sebab itu mari kita membagikan informasi yang valid kepada pembaca supaya apa yang telah kita tuliskan menjadi sebuah solusi yang dituhkan oleh pembaca. Karena menulis bukan hanya sekedar hobby tetapi sharing dan membantu pembaca.



Terima Kasih
Tika Samosir
Blog : www.sartiksamosir.com
Email : tikasamosir07@gmail.com
IG : @tikasamosir07
Twitter : @Tika54
No.Hp : 085886386569




8 komentar:

  1. penting banget ya tes alergi susu sapi. tapi asyiknya bisa dilakukan di rumah pakai gadjet aja.

    BalasHapus
  2. Sangat berguna jika punya anak nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mas Andrew,

      Ilmunya disiapkan sejak dini ya Mas, untuk prakteknya nanti ketika sudah punya bayi.
      Semoga bermanfaat informasinya ya Mas.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  3. Dear Mba Naura,

    Betul Mba sangat penting test alergi, karena kita tidak tahu apa sebenarnya yang dirasakan oleh anak dimasa bayi. Semoga bermanfaat informasinya ya Mba.


    Terima kasih,
    Tika Samosir

    BalasHapus
  4. Halo Eda! Daku juga hadir di sana waktu itu. Baru lihat penjelasannya, ternyata pengganti ASI itu susah2 mudah ya. Buat mamak2 mesti siapin tips2 biar ASI lancar dan juga info yg dipercaya, susu formula apa yg terhitung aman buat usus baby (yg ternyata lg masa penyempurnaan itu)

    Saya nyimak bapak yg cerita anaknya tambah kurus karena ibunya bertahan harus bisa kasih ASI (padahal stoknya nggak cukup ya dia bilang?), sempat jadi bingung. Ternyata ngga harus eksklusif2 amat juga boleh daripada BB anaknya turun. :D

    BalasHapus
  5. Ilmu SEOnya keren banget. Mungkin kapan2 dibikin sesi khusus kali ya, soalnya msh bnyk yg pengen ditanyain hehe

    BalasHapus
  6. wah, bagus nih mbak, buat pengalaman juga bagi para mahmud hehe

    BalasHapus
  7. Dulu adekku bukan alergi susu sapi, cuma kurang cocok sama beberapa produk. Hehehe inget banget waktu aku tk dia sering poop menci2 karena salah gak cocok di suatu produk.

    Ohiya mba Tika, itu yg SEO itu makasih infonya, pengen ngerapihin blog lg cuma lg ada kendala huftt, semoga dapat ku laksanakan segera hehehe

    BalasHapus

Libur Lebaran Di Jakarta Fair Kemayoran Lebih Menyenangkan Dan Menghibur

Libur panjang pun sudah tiba, waktunya jalan-jalan. Selama libur lebaran Jakarta Fair Kemayoran akan tetap dibuka untuk umum. Kali ini Jaka...