Sabtu, 15 Juli 2017

Resolusi Tengah Tahun Bisnis Terwujud dengan Optimis dan Positif

Memasuki awal tahun kita pasti memiliki resolusi untuk membuat rencana satu tahun ke depan. Terkadang selain resolusi tahun ke depan kita pasti akan meninjau kembali resolusi yang belum tercapai di tahun sebelumnya dan mewujudkannya di tahun akan datang. Kali ini saya akan berbagi tentang Resolusi Tengah Tahun dan bagaimana cara mewujudkannya.
Nah, terkadang dalam pertengahan tahun kita bisa merubah resolusi dengan alasan tertentu dan dalam keadaan waktu terdesak. Hal ini terjadi bukan semata-mata jadi penghalang pada resolusi lain yang akan kita capai. Resolusi yang akan saya capai dalam pertengahan tahun ini adalah bisnis beras. Dalam mencapai resolusi tersebut saya sudah mulai menjalankan beberapa step dan sedikit-demi sedikit hasilnya sudah mulai berdampak.





Resolusi berbisnis beras adalah bisa dikatakan resolusi kilat buat saya karena tanpa direncanakan dari awal tahun 2017. Berbisnis beras ini adalah sebagai sampingan saya dan suami dikala nanti bisa dikembangkan perlahan-lahan. Dalam resolusi bisnis beras ini tentu saya dan suami memiliki target, planning dan place marketnya yang akan kami maintenance dan follow up setiap waktu.
Nah, bagaimana saya dan suami mewujudkan Resolusi Tengah Tahun dan apa yang membuat kami sangat tertarik pada resolusi tersebut?. Berikut step-step dalam mewujudkan resolusi tengah tahun tersebut.

1. Perencanaan
Dalam membuat resolusi terlebih dahulu kita memikirkan perencanaan yang matang dalam resolusi tersebut. Karena kalau kita tidak membuat perencanaan pada resolusi tersebut tidak akan ada kata tercapai/terwujud dalam resolusi yang ada hanya angan-angan belaka. Sangat disayangkan jika resolusi bagus tidak dapat kita kelola karena gagal dalam perencanaan. Seperti resolusi saya bisnis beras sudah jelas perencanaannya dalam berbisnis berarti ada beberapa pihak yang akan terlibat.

2. Pembagian peran dalam bisnis
Supaya resolusi bisnis berjalan dengan baik kita harus mengatur pembagian peran supaya lebih terarah sesuai dengan kompetensi. Saya dan suami membagi peran dalam bisnis kami, misalnya saya mengelola keuangannya dan suami mengelola customer, anak buah dan penyupply bisnis kami.

3. Target
Jika kita sudah membuat perencanaan yang mantap dan pembagian peran, kita harus memiliki target pencapaian dalam resolusi. Target ini bisa banyak dalam pengertiannya baik itu target bisnis ke depannya dan target penjualan beras per setiap minggu dan per bulannya. Melalui target ini kita akan tahu cost keuntungan dan statistik kemajuan bisnis tersebut.

4. Place Market
Dalam pencapaian sebuah bisnis ditentukan dengan place market seperti customer yang sudah mempercayakan berbisnis dengan kita. Seperti bisnis saya dan suami sebagai place market kami adalah restoran, warung makan dalam skala besar, lapo (sebutan tempat makan khas batak) dan rumah sakit. Place market tersebut akan selalu kontinyu berhubungan dengan kami sudah memiliki jadwal pengiriman beras berapa kali seminggu atau sebulan.

5. Kualitas bukan kuantitas
Nah, ini sangat penting dalam resolusi supaya tetap berjalan lancar kita harus menjaga yang namanya kualitas. Perlu diingat Kualitas bukan Kuantitas kita harus memberikan yang terbaik pada place market sesuai dengan resolusi dan perencanaan.

6. Maintenance
Setiap bulan kita perlu melakukan maintenance kepada place market kita supaya tetap terjalin kerjasama yang baik dan signifikan terus menerus. Kita harus mendengarkan keluh kesah dan kabar baik dari place market kita untuk tetap membangun hubungan yang baik karena tidak ada manusia yang sempurna tetapi kita tetap selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik.



Nah, membuat resolusi memang gampang-gampang susah apalagi dalam menjalankan dan mewujudkannya pasti ada yang namanya gesekan positif dan negatif. Tetapi kita sebagai pemilik resolusi harus tetap berpikiran positif supaya resolusi tersebut tercapai dengan maksimal. Ini resolusi saya dan suami dalam pertengahan tahun ini dan sudah berjalan dengan baik. Sedikit banyak yang dicapai tetap di syukuri atas pemberian Tuhan yang penting resolusi terwujud dengan baik.

Posting Komentar

Pentingnya Hidup Sehat Berkualitas Dengan Air Purifier Panasonic Ciptakan Udara Bersih Bagi Kesehatan Keluarga

Hidup hiruk pikuk dikota metropolitan yang super macet dan tingkat polusi udaranya tinggi. Membuat keseharian beraktivitas aku semakin ti...