Minggu, 13 Agustus 2017

BeKraf Creative Labs dan Cikini Fashion Fastival Bersinergi Mengembangkan Industri Fashion Indonesia

Sebuah kehormatan dan kebahagian tidak ternilai dapat menghadiri press conference Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf) bersama Institut Kesenian Jakarta (IKJ) menggelar Cikini Fashion Festival (CiFFest). Cikini Fashion Festival (CiFFest) diagendakan untuk mensosialisasikan perkembangan dan pencapaian dalam keseluruhan aspek ekosistem dalam industri fashion Indonesia. CiFFest merupakan rangkaian dari BeKraf Creative Lab's (BCL) yang akan melahirkan dan mengembangkan industri fashion Indonesia.



Industri fashion tidak ada punahnya, kenapa demikian?. Karena industri fashion selalu berkembang dari masa ke masa dan selalu berinovasi menciptakan karya terbaik dengan menggoreskannya dalam kreatifitas anak bangsa. Adapun acara press conference 06 Agustus 2017 bertempat di Teater Jakarta Cikini yang akan menghadirkan Cikini fashion Festival (CiFFest) industri fashion ekonomi kreatif Indonesia.



Saat ini BeKraf sudah menyusun untuk menambah subsektor berupa grand of strategy dan rootmap dalam dunia fashion dan animasi. Setelah menyusun grand of strategy dan rootmap dibuatkan sosialisasi dengan nama BCL. Menurut Bapak Abdur Rohim Boy Berawi selaku Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif mengatakan “BCl merupakan suatu event yang berkaitan dengan riset dan program pengembangan kapasitas diri yang merupakan hasil kerja sama antara badan ekonomi kreatif bersama-sama dengan pihak Institut Kesenian Jakarta (IKJ). BeKraf diharapkan bisa menjadi barometer untuk masyarakat Indonesia bisa melihat perkembangan terkini dari industri fashion dan bisa menjadi ajang dari pelaku-pelaku kreatif untuk meningkatkan kapasitas diri supaya memiliki daya saing untuk dapat menembus pasaran baik nasional maupun internasional”.




Secara garis besar BCL merupakan pengupayaan Bekraf untuk melakukan pemberdayaan dan pengembangan pusat penelitian unggulan yang sudah bekerjasama dengan partner dan universitas. Pada tahun 2015-2016 BeKraf sudah melakukan kerjasama dengan 6 universitas membentuk puslitbang unggulan salah satunya dengan pihak IKJ pada fashion subsektor film animasi. Pada tahun 2016 menyelesaiakan kerjasama pertama pada penyusunan grand strategi yaitu pengembangan industri fashion di Indonesia. Pada tahun 2017 merupakan tahun implementasi yaitu penyelenggaraan event pengembangan kapasitas diri ada horison edukasi akses pemodalan infrastruktur. 




Salah satu strategi dan step didalam implementasi grand strategi untuk memperbaiki ekosistem industri fashion yaitu penyelenggaraan rangkaian BeKraf Creative Labs dalam event CiFFest yang dikhususkan untuk program subsektor fashion. Sangat besar sekali dampak CiFFest untuk meningkatkan dunia industri fashion indonesia. Menurut Ibu Susan HR. Tobing selaku Wakil Rektor IV Institut Kesenian Jakarta mengatakan bahwa CiFFest akan berkelanjutan tahun-tahun kedepan. Diharapkan kepada temu pelaku ekosistem fashion menghasilkan strategi efektif menghasilkan rootmap fashion yang meningkatkan jejaring kerjasama dan produktifitas ekonomi kreatif fashion khususnya di Indonesia.



Tujuan dari BeKraf Creative Lab’s yaitu untuk mensosialisasikan grand of strategy BeKraf dan mensosialisasikan IKJ turut membentuk pengembangan fashion Indonesia. Pada aspek rangkaian ekosistem dalam fashion tentu menjamin kolaborasi para pelaku ekonomi kreatif fashion secara akademisi, industri, pemerintah dan komunitas. BeKraf meningkatkan kompetensi para pelaku ekonomi fashion dengan beragam kegiatan berupa workshop, seminar dan master class. Merumuskan merekomendasikan program-program prioritas pengembangan ekonomi kreatif fashion indonesia tentunya IKJ terus akan mendorong kepada Pemerintah khususnya BeKraf untuk bisa merealisasikan perkembangan industri fashion melalui institusi pendidikan.




Indah Tjahjawulan selaku Dekan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta mengatakan “Pendidikan perguruan tinggi memperbaharui jenjang untuk memperoleh kesetaraan dalam pendidikan fashion tentang Nomenklatur Pendidikan Tinggi Fashion. Pendidikan fashion menjadi pondasi pada industri fashion bagaimana menyesuaikan kurikulum dalam pendidikan yang dibutuhkan pengembangan riset kedepan untuk fashion. Karena fashion dipakai dalam semua aspek bukan hanya dalam membuat baju. Ajang temu dari semua pelaku industri fashion ekonomi kreatif memutuskan untuk jenjang pendidikan fashion meningkat sampai sarjana”.



Sebagai pelaku fashion harus tetap bersinergi dengan perkembangan industri kreatif ekonomi. Menurut Bapak Wawan Rusiawan selaku Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif mengatakan bahwa “Mengembangkan fashion dengan cara pendekatan ekosistem. Industri fashion saat ini berada pada distributor utama ekonomi kreatif yang berkualitas dan membangun ekosistem fashion melalui Linikreasi. Melalui Linikreasi BeKraf dan perguruan tinggi mengembangkan subsektor-subsektor ekonomi kreatif yang berbasis ekosistem. Tantangannya memadukan antara kreatifitas, tata nilai atau ukur dan trend atau gaya hidup dan nilai tambah bukan hanya sekedar hobby tetapi menciptakan nilai tambah”.



Nah, sangat mengagumkan pengembangan BeKraf Creative Labs yang akan selalu berkesinambungan dengan CiFFest. Setiap tahun kita akan menyaksikan kreatifitas pelaku ekonomi kreatif. Khususnya jenjang pendidikan fashion akan meningkatkan nilai dari sudut pandang, pengaplikasian karya anak bangsa dan implementasi kreatifitas menghasilkan kesetaraan pendidikan dunia fashion.




Liputan Fashion Show

Kesempatan yang sangat bahagia bisa menyaksikan fashion show karya anak bangsa yang menurut saya sudah berstandard internasional. Terdapat karya fashion show yang berkolaborasi dengan bidang seni lain yaitu tari, musik, tata panggung dan videografi. Fashion show dengan nuansa seni pertunjukan yang akan menampilkan 55 rancangan karya 7 designer. Sungguh sangat mengagumkan karya pelaku seni dan fashion dalam pagelaran CiFFest. 




Sebagai bangsa Indonesia merasa bangga dan bersyukur, Indonesia memiliki aset pelaku seni yang sangat kreatif dan mampu bersaing dan berkembang dalam dunia ekonomi kreatif. Melalui fashion show ini pelaku kreatif industri fashion patut diacungkan jempol telah mengcreate karya sebagus ini. Grey Zone Trend Forecasting 2017-2018.




Posting Komentar

Obat ARV Tuntaskan HIV AIDS Dan Menjadi Harapan Baru Bagi ODHA

“Saya seorang ibu rumah tangga memiliki anak dan suami. Saya adalah Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) yang sudah 15  tahun bergelut di dunia ob...