Minggu, 03 September 2017

#Astra60Medan : Kota Medan menjadi Inspirasi Tertib Berlalu Lintas

Kota Medan merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia yang terkenal dengan suku Batak dengan tempat wisata yang tidak kalah eksotisnya. Kota Medan sebagai salah satu kota metropolitan dan sangat terkenal dengan keriweuhan transportasi dikarenakan padat penduduknya. Soal macet hmmm jangan ditanya rutinitas pagi sampai rutinitas malam bakalan meramaikan jalanan sampai larut malam. Penataan tertib lalu lintas akan sangat membantu masyarakat untuk melanjutkan kelangsungan aktifitas sehari-hari. 


Kemacetan dan tidak beraturan dipagi hari


"Dari semua kalangan akan merasa bahagia dan senang apabila tertib lalu lintas tertata dengan rapi dan tidak mengakibatkan macet dimana-mana yang mengganggu stabilitas pertumbuhan ekonomi masyarakat. Masyarakat dalam satu kota akan bangga apabila mendengar dan mengetahui tempat tinggalnya salah satu kota yang terkenal dengan tata tertib lalu lintasnya."

Kamacetan yang terjadi di Kota Medan disebabkan masih minimnya ketaatan dan kepatuhan pengendara, masyarakat dan pelaku pengguna jalan serta kurangnya fasilitasi pnedukung lainnya. Semakin banyaknya pertambahan angkutan umum (angkot dan betor), mobil pribadi, mobil online, ojek online dan truk-truk besar yang beroperasi tidak sesuai dengan jamnya. Keadaan tersebut menarik perhatian masyarakat, pemerintah kota khususnya pihak kepolisian yang menjalankan tugasnya menertibkan lalu lintas. Oleh sebab itu, melalui Campaign Blog #Astra60Medan Astra Medan saya mau menyampaikan aspirasi tertib lalu lintas kepada Pemerintah supaya Transportasi dan Tertib Lalu Lintas
bersinergi di Kota Medan.


60 tahun ASTRA


Mengetahui jam-jam padatnya lalu lintas
Tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu jam-jam padatnya lalu lintas yaitu pagi hari dimana orang kantoran dan anak-anak sekolah dalam waktu berbarengan keberangkatannya dan sore hari orang pulang kantoran dibarengi dengan sebagian bubaran pajak (pasar). Dari rutinitas ini kita bisa melihat kemacetan penuh dimana-mana mengakibatkan keterlambatan sekolah maupun bekerja. 

Mengatur volume kendaraan yang kian semakin banyak
Sesuai dengan hukum ekonomi permintaan akan semakin tinggi sesuai dengan kebutuhan. Artinya disini semakin banyak yang memiliki kendaraan pribadi yang mengakitkan pertambahan volume kendaraan di jalanan yang mengakibatkan kemacetan parah. Sangat diperlukan solusi dengan system mengatur volume kepadatan kendaraan supaya masyrakat dapat menggunakan transportasi umum sehingga mengurangi angka kemacetan.


CCTV di jalan raya


Membutuhkan transportasi umum yang aman dan layak digunakan
Masyarakat belakangan ini sangat minim menggunakan trasportasi umum diakibatkan ketidaknyamanannya seperti preman yang menyeramkan, pengamen dan terlalu lamanya angkutan umum ngitem (menunggu penumpang). Apabila transportasi umum sudah terstruktur dengan baik masyarakat akan sadar akan mengurangi angka kemacetan. Oleh sebab itu, Pemerintah harus menciptakan layanan trasportasi umum yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

Kesadaran dalam tata tertib berlalu lintas
Kita sebagai masyarakat harus sadar akan hak dan kewajiban pengguna kendaraan pribadi maupun umum mematuhi peraturan lalu lintas. Pemerintah harus turut campur tangan memberikan infrastruktur yag terbaik dalam transportasi umum dan lalu lintas. Apabila semuanya sudah sepakat dan paham dengan peraturan kemacetan tidak akan terjadi dan semua pengguna jalan akan merasa bahagia.


Truk melintas rutinitas pagi saat macet


Membuat jadwal tertentu untuk truk-truk dan mobil barang 
Pemerintah harus lebih tegas dalam membuat jadwal tertentu untuk truk dan mobil pembawa barang. Karena jika semua kendaraan berbarengan dalam lalu lintas di pagi hari maupun sore hari kita bisa melihat kemacetan parah yang tidak akan ada habisnya. Bisa kebayang apabila sebuah truk berkendala atau bermasalah dijalan raya akan menambah resiko berat bagi pengguna jalan lainnya. Oleh sebab itu, Pemerintah harus menentukan jadwalnya supaya anak sekolah dan para karyawan/pekerja tidak memakan waktu banyak dalam perjalanan ke sekolah maupun ke kantor. Jika melihat kemacetan parah mood akan berubah yang mengakibatkan anak-anak mengatuk disekolah dan karyawan tidak konsentrasi dikator.

Kerjasama antara Pemerintah, pihak Kepolisian dan Masyarakat
Untuk mencapai sebuah keinginan bersama diperlukan adanya kerjasama. Pemerintah harus berintegrasi dengan pihak kepolisian untuk membuat startup-startup terbaru dalam pengaturan lalu lintas. Masyarakat harus bisa bersinergi saling membantu dan mendukung untuk mewujudkan tertib lalu lintas yang aman dan nyaman. Pihak kepolisian lalu lintas harus siap siaga membantu masyarakat khususnya di jalan raya supaya bisa berjalan dengan lancar dan tertib. Kota Medan saat ini sudah membangun kota tertib berlalu lintas terpasangnya sarana beberapa CCTV sehingga dapat memantau pengguna jalan. Selain itu pada titik-titik jalan raya tertentu terdapat Polisi siap siaga membantu kelancaran berlalu lintas.


Medan mendapat penghargaan tertib lalu lintas


Mengadakan workshop penyuluhan "Medan Kota Tertib Lalu Lintas" diberbagai instansi
Semua rencana dan infrastruktur memiliki proses waktu yang akan disepakati bersama. Supaya semua lapisan masyarakat mengetahui tata terlib berlalu lintas yang benar perlu diadakan workshop penyuluhan diberbagai instansi yang didukung dan dihadiri oleh semua masyarakat dan pihak terkait. Terciptalah sinergi Medan menjadi kota tertib berlalu lintas, apabila kedapatan melakukan pelanggaran wajib menerima sanksi yang berlaku. Baru-baru ini bulan Januari 2017 Kota Medan mendapatkan penghargaan bidang penataan transportasi dan lalu lintas.

Diskusi berbagai solusi kemacetan


Bertepatan 60 Tahun Astra, Astra mengajak dan menginspirasi kita semua khususnya masyarakat Kota Medan untuk membangun dan menciptakan kota tertib berlalu lintas. Menjadikan Kota Medan sebagai wujud inspirasi bagi Indonesia dan kota lain agar tetap tertib berlalu lintas. Astra akan mendukung penuh campaign ini sebagai salah satu wujud pencapaian CSR (Corporate Social Responsibility) yang diselenggarakan diseluruh Indonesia.

Astra memiliki 4 pilar yang merupakan CSR untuk memajukan Indonesia yaitu dalam bidang pendidikan, bidang lingkungan, bidang kesehatan dan bidang kewirausahaan. Melalui CSR Astra program baru yang akan diterapkan adalah Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas sebagai salah satu bentuk tanggung jawab jiwa sosial Astra sebagai produsen mobil dan motor terbesar di Indonesia yang turut berperan aktif mengkampanyekan Tertib Berlalu Lintas.


Logo Inspirasi ASTRA #60tahunASTRA


Adapun tanggung jawab Astra dalam melakukan campaign tertib berlalu lintas ini disebabkan karena Astra menyadari semakin tingginya tingkat kecelakaan dan kurang tanggapnya masyarakat akan peraturan berlalu lintas, seperti ugal-ugalan terlalu mengikuti emosi berkendara saat dijalanan. Oleh sebab itu, Astra mencanangkan program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas rasa peduli terhadap pengguna jalan dan mengurangi peningkatan kecelakaan di negara ini. 

Mari kita bersama mewujudkan campaign ini untuk kesejahteraan masyarakat dan mendukung penuh program Astra #Inspirasi60tahunAstra #Astra60Medan untuk Kota Medan dan Indonesia.



18 komentar:

  1. Ini bermanfaat sekali acaranya mbak, saya setuju sekali dengan poin kesadaran dalam tata tertib berlalu lintas. Bagaimanapun canggihnya suatu peraturan dibuat jika kesadaran penggunanya sangat rendah, tidak akan tercapai juga. Soalnya makin kesini pengendara kesedarannya sangat turun, kita lihat saja dnegan tingginya angka kecelakaan :(

    BalasHapus
  2. Di Jakarta ko gak ada yah, khan tingkat kecelakaannya besar tuh

    BalasHapus
  3. Medaaaaan... Sudah lama ga kembali ke kota ini 😆😆 rindu juga, tapi memang sih, kemacetannya luar biasa.

    Betewe aku setuju dengan artikelnya, semuanya harus ada aturannya ya mba, terutama masalah macet.

    BalasHapus
  4. kemacetan di kota-kota besar memang menjadi susah diselesaikan. Tapi kalau kebijakan di atas diterapkan. Mudah-mudahan gak ada lagi yang namanya macet.

    BalasHapus
  5. Wah kalau di kota saya juga ada kampung astra yg jadi kontribusi astra. Gutlak buat kelancaran jalan raya di Medan :)

    BalasHapus
  6. Saya pikir kemacetan hanya di jakarta & surabaya

    BalasHapus
  7. semoga saja astra mampu memberikan kontribusi supaya mengurangi tingkat kemacatan di medan ya mba

    BalasHapus
  8. kemacetan medan hampir mirip kayak di palembang ya..

    deddyhuang.com

    BalasHapus
  9. Semoga ke depannya Medan bisa memiliki lalu lintas yang lebih baik..
    Skrg aja udah keren, udh ada jalan tol.

    www.mutmuthea.com

    BalasHapus
  10. Semoga peranan Astra di kota medan akan banyak memmberikan perubahan. Harapannya, medan akan tumbuh menjadi kota metropolis yang tertib, aman dan menyenangkan. Salut untuk Astra di Medan...

    BalasHapus
  11. Ternyata kesadaran berlalu lintas di kota Medan enggak terlalu jauh dengan di Jakarta ya. Semoga program Indonesia Ayo Berlalu Lintas-nya Astra ini bisa membuat banyak masyarakat semakin taat saat berkendara dan bisa membuat kemacetan berkurang. Programnya kaya simple tapi penting banget, plus enggak mudah mengubah kebiasaan masyarakat.

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah ke Medan tapi dengar cerita dari teman yang di sana memang lalu lintasnya ruwet dan ga ada yang mau mengalah. Semoga kampanye ini berhasil yaa

    BalasHapus
  13. Bagus sekali kampanye Astra di kota medan ini. Point-pointnya berarti dalam menyikapi keadaan lalu lintas yang makin hari makin kusut

    BalasHapus
  14. dulu kantorku pernah menjalin kerjasama u program csr astra tika, salah satunya di jakarta utara..

    aku sih kagum ya sama perusahaan tempatmu bekerja ini.. bener bener keren.. dulu sering mampir ke kantor yg di jakut.. aiih jd mengenang masa lalu ini baca post blogmu..

    btw selamat dirgahayu yg ke 60 ya

    BalasHapus
  15. Seram kalau bareng truk atau trailer .emang perlu jam khusus buat angkutan berat.

    BalasHapus
  16. Keren ya Astra kontribusinya ke masyarakat. Semoga kota2 besar lainnya juga bebas macet.

    BalasHapus
  17. Semoga kampanyr ini berhasil ya. Kadang udah diupayakan berbagai cara oleh pemerintah atau pihak ketiga, tapi kalau masyarakatnya yg model "bebal" agak susah juga. Akhirnya balik lagi ga tertib, miris. Kudu konsisten dan kontinyu bikin kampanye seperti ini, ga cuma slogan aja

    BalasHapus
  18. what? Medan jadi inspirasi tertib berlalu-lintas? *kucek2 mata saking gak percayanya* hehehe.. akan salut bgt sih aku klo ini bener2 terwujud ya eda Tika, soalnya kita tau lah gmn tabiat dan kebiasaan mayoritas orang Batak di jalan raya *,* pastinya aku dukung bgt nih kampanye positif kayak gini. semoga berhasil dan konsisten yaaa

    BalasHapus

Libur Lebaran Di Jakarta Fair Kemayoran Lebih Menyenangkan Dan Menghibur

Libur panjang pun sudah tiba, waktunya jalan-jalan. Selama libur lebaran Jakarta Fair Kemayoran akan tetap dibuka untuk umum. Kali ini Jaka...