Jumat, 22 September 2017

Batik Keris Citra Budaya Seni Fashion Modern

Indonesia kaya raya akan budaya, suku, seni, pulau dan keanekaragaman ekosistem. Berangkat dari keanekaragaman ini Indonesia menunjukkan bahwa semua budaya harus dijaga, dirawat, dilestarikan dan dikembangkan. Indonesia menyimpan banyak sekali keindahan alam yang menarik perhatian wisatawan dalam negeri bahkan manca negara.

Batik Sejarah Budaya Seni Indonesia

Batik pada hakekatnya adalah karya seni yang banyak memanfaatkan unsur menggambar ornamen pada kain dengan proses tutup celup. Sejarah sebagai landasan saksi hidup budaya Indonesia yang sudah mendunia adalah BATIK. Seiring dengan berkembangnya Batik pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

Seiring dengan perkembangan jaman Batik berinovasi ke arah modernisasi. Masyarakat Indonesia semakin kreatif dan aktif mengembangkan sampai ke ranah bisnis yang menjanjikan. Kini batik tidak hanya dipakai oleh para leluhur jaman dahulu. Batik Modern saat ini sudah banyak dikembangkan dalam bentuk formal, informal dan santai bahkan sebagai seragam dalam berbagai instansi maupun sekolah.

Kantor Pusat Batik Keris

Seperti saat ini yang kita kenal dengan Batik Keris yang sudah berkembang sampai keluar negeri. Batik Keris merupakan perusahaan batik yang didirikan didaerah Sukoharjo, tepatnya di Kelurahan Cemani pada tahun 1946 oleh Kasoem Tjokrosaputra. Perusahaan ini berkembang menghasilkan berbagai macam produk tekstil, seperti baju, produk kerajinan tangan dan Keris Mart (kuliner khas Indonesia). 

Batik Keris sampai dengan saat ini sudah berkembang dari generasi ke generasi lebih dari 90 tahun. Dimulai dari produk Batik rumahan (home industri) menjadi pabrik garment yang besar dan memiliki toko-toko di seluruh Nusantara. Batik Keris sudah beroperasi sejak tahun 1920 dan memiliki lebih dari 27 outlet di seluruh Indonesia.

Salah satu outlet Batik Keris

Jenis batik di Indonesia dapat dibedakan berdasarkan cara pembuatannya dan motifnya.
1.Jenis Batik berdasarkan Pembuatannya
a. Batik Tulis
Batik tulis merupakan jenis batik spesial dan mahal dibanding batik yang lain, karena didalam pembuatan batik ini sangat diperlukan keahlian serta pengalaman, ketelitian, kesabaran, dan juga waktu yang lama untuk menyelesaikan sebuah batik tulis. 
b. Batik Cetak
Batik cetak atau disebut juga dengan batik cap, merupakan proses pembatikan yang menggunakan cap atau alat cetak atau stempel yang terbuat dari tembaga dan pada cap tersebut telah terpola batik. 
c. Batik Printing
Batik printing disebut juga dengan batik sablon, karena proses pembatikan jenis batik ini sangant mirip dengan proses penyablonan. Motif batik telah di buat dan desain diprint diatas alat offset/sablon batik khusus pewarnaan.

Jenis Batik Tulis 


2. Jenis Batik berdasarkan Motif
a. Batik Jlamprang
Motif batik jlamprang banyak diproduksi di Pekalongan. Sebagian besar berbentuk geometris dan kadang berbentuk bintang atau mata angin. 
b. Batik Terang Bulan
Umumnya, desain batik ini hanya ada di bagian bawah, baik itu berupa lung-lungan atau berupa ornamen pasung, sementara bagian atasnya kosong atau berupa titik-titik. Batik terang bulan ini disebut juga batik gendong.
c. Batik Cap Kombinasi Tulis
Proses pembentukan motif batik ini menggunakan batik cap dan batik tulis murni. 
d. Batik Tiga Negeri Pekalongan
Batik ini memiliki beberapa warna dalam satu kain, yaitu merah, biru dan soga yang semua dibuat di Pekalongan. Kerumitan yang tinggi inilah yang menjadikan Batik Tiga Negeri sebuah masterpeice Batik Nusantara.
e. Batik Sogan Pekalongan
Batik sogan pekalongan latar putih diberi coletan (teknik pewarnaan batik) dan batik ditandai penuh atau berupa titik halus, baru setelah itu disoga (diberi warna cokelat). 

Para Pengrajin Batik Tulis

Bahan dasar yang digunakan yaitu : Primissima, Prima, mori biru, Tayon, Georgette, Flanel, Nylon, Sifon, Sutera dan bahan-bahan dari hasil tenun lainnya. Bahan dasar Batik Keris mampu menghasilkan produk yang menawan mulai dari busana Batik Keris untuk anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Selain itu juga terdapat kerajinan khas nusantara, tas untuk wanita, dekorasi rumah, sampai dengan koleksi aroma therapy.

Logo Batik Keris

Batik Keris telah mempersiapkan sarana pemasaran berupa : toko cabang, agen dan para pelanggan yang berkedudukan dikota-kota besar di seluruh Indonesia. Pemasaran di luar yang terbesar adalah USA (tekstil) dan MEE maupun di Timur Tengah serta beberapa negara di Asia lainnya. Di dalam negeri sendiri toko resmi Batik Keris tersebar di beberapa kota besar diantaranya : Bali, Balikpapan, Bandung, Banjarmasin, Bekasi, Bogor, Cirebon, Depok, Jakarta, Jambi, Lombok, Magelang, Makassar, Malang, Manado, Medan, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Solo, Surabaya, Tangerang, dan Yogyakarta

Batik Keris selalu merilis koleksi-koleksi terbarunya sesuai dengan session (moment) perayaan di Indonesia demi menciptakan karya seni sebagai wujud dari melestarikan budaya bangsa. Pertumbuhan dan perkembangan dilalui tahap demi tahap hingga menjadi perusahaan “terbatas” pada tahun 1970 dengan tetap mempertahankan kualitas dan warisan budaya nusantara Indonesia. Batik Keris sangat menekankan "kualitas". 

Kehangatan Batik Keris dalam Keluarga

Adapun filosofi perusahaan adalah "melestarikan budaya nusantara". Sesuai dengan visinya "Batik Keris" sebagai pusat kerajinan nusantara, mempunyai tujuan melestarikan budaya nusantara melalui design dan produk-produk (collection dan craft) budaya nusantara. 

Batik Keris juga berinovasi menciptakan produk–produk modern tanpa meninggalkan ciri khas Batik yang unik. Diantaranya koleksi sutera, primisima, polyester, dll, dengan model yang up to date untuk pria, wanita, teenager dan anak. Dengan berkembangnya Batik Keris memproduksi handycraft dan souvenir seperti kayu, keramik, rotan, produksi kerajinan tas, kerajinan untuk perlengkapan griya, maka dikembangkan dengan brand “ Keris Griya “ silahkan kunjungi untuk lebih tahu berbagai macam jenis Batik Keris.

Batik Keris melestarikan dengan cara mempopulerkannya di tengah masyarakat sesuai zamannya. Modifikasi sangatlah penting  agar budaya tersebut dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Keindahan alam serta budaya atau adat setiap daerah, menjadi sumber inspirasi Batik Keris menciptakan motif dan warna bagi koleksi fashion batik dan produk-produk kerajinan menjadi Batik Modern. Batik Keris menerima penghargaan dari Netizen Brand Choice Award Netizen 2017 untuk kategori "Most Popular Batik" dan "Netizen Batik Choice" sebagai bukti melestarikan budaya Indonesia.


Koleksi-koleksi Batik Keris


Informasi
Retur Barang
Pembelian koleksi-koleksi Batik Keris pun bisa dilakukan dengan online tinggal duduk manis dirumah batik kesukaan sampai sesuai dengan keinginan. Batik Keris melayani pemesanan dari seluruh Indonesia. Batik Keris memberikan pelayanan retur apabila batik tidak sesuai dengan pesanan, cacat produksi atau keterlambatan produksi pesanan. Batik Keris akan mengganti sepenuhnya sesuai dengan pesanan atau bisa mengganti dengan produk lain.

Pembayaran
  • Metode Pembayaran bisa menggunakan sistem transfer dengan melayani berlogo MasterCard, Visa, JCB dan American Express.
  • Cek Resi Pengiriman dengan nomor pengiriman hanya menggunakan jasa layanan JNE.
  • Konfirmasi Pembayaran sesuai dengan ID pesanan, tanggal pembayaran, nama pembayar dan nomor rekening.
Sangat mudah dan gampang bagi yang tinggal jauh dari perkotaan untuk mendapatkan koleksi batik modern dari Batik Keris dalam berbagai kebutuhan. Sehingga batik semakin dilestarikan oleh seluruh masyarakat.


Koleksi Kids Batik Keris

14 komentar:

  1. Batik Keris nih sudah melegenda banget deh namanya sejak aku masih kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Kaka Farida,

      Iya sudah lama banget bisa dibilang dari jaman masa penjajahan Indonesia belum merdeka ya Kaka.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  2. sering lihat Batik Keris tapi ga pernah tahu sejarahnya seperti ini, terimakasih infonya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Mas Gadget,

      Padahal salah satu budaya Indonesia ya.
      Semoga bermanfaat ya informasinya ya Mas.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  3. Batik keris memang cakep, motifnya elegan membuat siapa saja yang menggunakan batik keris terlihat anggun

    BalasHapus
  4. Batik memang selalu mempesona ya mba Tika, saya juga sangat suka dengan batik.
    Tetapi perawatan batik yg lumayan rumit membuat saya lebih memilih batik cap untuk dipakai.

    BalasHapus
  5. Batik Keris merupakan salah satu produk kebanggaan negeri ini ya, sudah lama bgt nih Batik Keris dikenal sebagai salah satu oleh oleh favorit wisman yg berkunjung ke Indonesia.

    BalasHapus
  6. Dulu kalau sudah pakai bati Keris berarti horang kaya, eh baru tahu sejarahnya abis baca artikel ini, thanks yah..

    BalasHapus
  7. Batik keris mengangkat nama batik di tingkat nasional dan internasional. Apalagi batik keris berinovasi mengeluarkan produk baru tanpa meninggalkan ciri khas batik indonesia, keren..:p

    BalasHapus
  8. Batik Keris udah terkenal sejak dulu bahkan sebelum dicanangkan hari Batik. Modelnya bagusss dan mengikuti perkembangan zaman

    BalasHapus
  9. Aku pernah nyoba mbatik pake canting gitu, tapi ternyata agak susah ya dan tintanya beleberan. Hihihi...tapi asik sih.

    BalasHapus
  10. Aku pernah mbatik pake canting kayak gitu, tp ternyata susah ya, tangannya masih kaku jd tintanya beleberan. Hihihi... Tp asik sih.

    BalasHapus
  11. brand yang sudah saya kenal dari dulu, menjual baju-baju batik dengan kualitas yang bagus

    BalasHapus
  12. Saya pernah mampir ke outletnya
    Sungguh indah dan keren2 banget motif batik juga desain pakaian jadinya
    Tp..harganya lumayan ya..

    BalasHapus

Libur Lebaran Di Jakarta Fair Kemayoran Lebih Menyenangkan Dan Menghibur

Libur panjang pun sudah tiba, waktunya jalan-jalan. Selama libur lebaran Jakarta Fair Kemayoran akan tetap dibuka untuk umum. Kali ini Jaka...