Jumat, 08 September 2017

Kecintaan Saya Berinteraksi dengan Blog membuat Happy

Hello Readers... 


Foto by Google
Dunia blogging atau sering disebut dengan dunia menulis yang sangat banyak memberikan informasi. Saya akan sharing akan kecintaan saya dalam menulis dan alasan saya kenapa harus menulis. Perkenalkan nama saya Sartika Samosir tapi paling sering dipanggil keluarga, teman, sahabat, tetangga dan dikantor pun memanggil nick name TIKA supaya lebih simpel. Dulu waktu duduk dibangku SMA saya sudah banyak menulis cerpen (cerita pendek) bertema masa muda, teman-teman disekolah yang musim dengan cinta monyet dan pengalaman sehari-hari.


Menulis saya lakukan dikelas ketika guru berhalangan hadir atau disaat perasaan gundah gulana. Buku tulis lembaran terakhir dan pulpen menjadi bahan saya untuk menulis karena belum tahu platform atau apalah namanya untuk menuliskan curahan hati setiap hari. Ya betul namanya semacam diary "Diary Tika" saya menyebutnya. Semua tulisan tersimpan pada Diary Tika yang saat ini entah dimana keberadaannya. Mungkin kalau dibaca saat ini semua ceritanya lucu-lucu dan akan membuat tersenyum flashback kemasa-masa abu-abu putih.

Kompasiana


Singkat cerita saya merantau ke Bandung tepatnya kuliah di STT Telkom yang di Bojongsoang dan lupa membawa Diary Tika hijrah. Memasuki kuliah jurusan Teknik Informatika pada semester 3 atau 4 saya agak-agak lupa ada tugas kuliah membuat tulisan di blog. Pertama-tama sangat bingung apa itu blog dan bagaimana menulisnya dan apa yang akan ditulis. Pertama sekali tempat saya menulis adalah KOMPASIANA bergabung sejak 14 Juni 2010 dan menulis tentang teknologi dan beberapa tugas kuliah buat persyaratan ujian mid semester. Selesai tugas kuliah saya jadi vakum menulis hanya sebagai pembaca setia saja dikarenakan saya memiliki usaha penjualan di website e-commerce Ulos Batak.


Beberapa tahun belakangan ini saya kembali lagi memulai menulis setelah website e-commerce Ulos Batak sudah suspended karena kesibukan bekerja dikantoran dunia programmer. Saya mulai lagi menulis platform blogspot sudah TLD www.sartikasamosir.com dan satu lagi platform gratis www.mariberkarya2016.wordpress.com aktif sampai saat ini. Alasan kecintaan pertama dalam menulis di blog sebagai reminder buat saya pribadi dan keturunan saya nantinya banyak kenangan yang ditinggalkan dalam tulisan bisa menkadi rekam jejak perjalanan dalam dunia blogging.

Empat alasan saya menulis www.sartikasamosir.com


Dalam menulis lomba blog saya baru dua kali menang lomba yaitu CNI dan Mayapada Hospital beserta menang doorprice dan kuis. Pertama sekali saya menang lomba rasanya luar biasa dan merasa tulisan itu masih jauh dari sempurna kelayakannya perlu belajar lebih banyak lagi. Saya selalu punya cara teknik sendiri dalam menulis baik itu dari segi acara dan taggapan peserta dalam acara tersebut. Sama halnya header dari blog saya www.sartikasamosir.com "Mendengar, Melihat, Menulis dan Menginspirasi". Sebagai penulis harus memamahi salah satu dari brand header blog saya.

www.mariberkarya2016.wordpress.com


Mendengar
Penulis harus banyak mendengar informasi dari berbagai sumber supaya informasi yang didapat tidak simpang siur. Mendengarkan narasumber berbicara menyampaikan maksud dan tujuan serta peningkatannya dibuat acara tersebut adalah poin utama. Dengan banyak mendengar, menyaring dan menyimpulkan informasi dituangkan dalam tulisan kita sebagai penulis menyampaikan informasi itu dengan tepat.

Mendengar by Google


Melihat
Penulis harus banyak menyaksikan dengan mata kepala sendiri supaya informasi yang disampaikan kepada pembaca terbukti benar adanya. Dengan melihat sebuah kejadian, acara, fenomena dan produk mengolahnya dalam sebuah tulisan membuat pembaca akan sering mampir melihat informasi tersebut. Pembaca akan banyak berinteraksi dalam tulisan kita istilahnya "kepo" mau tahu banyak informasinya. Dengan cara berinteraksi di blog pembaca akan selalu update tentang blog kita, bisa menjadi penggemar setia tulisan kita (hehehe) yang selalu menunggu kehadiran tulisan baru.

Melihat by Google


Menulis
Nah, ini yang sangat penting sebagai penulis ibarat kata seperti "tidak nyaman tidur malam jika tidak curhat kepada blog". Dimana ada waktu luang seorang penulis harus menyempatkan menulis terkecuali memang sangat sibuk atau ada hal yang sangat urgent. Karena menulis itu lahir dari hati nurani bukan sebagai ajang ikut-ikutan dan merasa seorang penulis "blogger". Menulislah tanpa harus mengharapkan sesuatu imbalan apa-apa seperti hadiah, fee dan semacamnya. Tetapi tetaplah mendengar, melihat dan menulis membagikan informasi itu supaya semua orang khususnya pembaca dapat manfaatnya.

Menulis by Google


Menginspirasi
Mendengar informasi, melihat kejadian, menuliskan dalam blog serta menginspirasi pembaca atas tulisan kita sungguh kebahagian tak ternilai. Mari kita bayangkan betapa bahagianya jika pembaca terinspirasi melalui tulisan kita. Dari hal ini bisa diketahui sebegitu bagus atau enaknya tulisan kita dibaca dan informasi sampai kepada pembaca. Jadilah kita sebagai penulis yang dapat menginspirasi orang lain melalui karya tulisan.

Menginspirasi by Google

Begitupun dalam mengikuti lomba blog kita harus paham betul apa yang diharapkan oleh agency dan pembaca. Pembaca harus bisa merasakan saat membaca tulisan kita sedang diceritakan secara langsung. Sebagai seorang blogger kita harus aktif di sosial media karena bisa share tulisan melalui dan menjalin interaksi lebih dekat dengan pembaca.

Nah, empat hal ini yang selalu menjadi pedoman saya dalam menulis. Terdapat bobot bibit bebet dalam tulisan tidak hanya sekedar informasi. Harus mengusahakan pembaca enjoy happy membaca tulisan kita yang berdampak inspiring. Tetap semangat berkarya, menulis dan menebarkan informasi terpercaya.
SALAM BLOGGER.


9 komentar:

  1. Keep blogging dan terus menginspirasi ya Mba :)

    BalasHapus
  2. Semangat trus nulis Walau Kesibukan mendera.

    BalasHapus
  3. Menulis juga bisa dijadikan terapi kejiwaan lho. Untuk mengatasi trauma dan stress. Keren yak

    BalasHapus
  4. Diary ku dong masih ada sampe sekarang... Hihihi lucu kalo baca baca lagi... Ternyata dulu tuh saya begini... Begitu... Tapi justru disitulah serunya ya... :)

    BalasHapus
  5. Menginspirasi sekali perjalanan menulis tika selama ini, tetap semangatt ya tika

    BalasHapus
  6. Menginspirasi sekali perjalanan menulis tika selama ini, tetap semangatt ya tika

    BalasHapus
  7. Mba tika sangat menginspirasi euy, nyesel nih telat baca artikelnya. Jadi semangat menulis saya.
    Saya juga menulis dengan tujuan menghilangkan kepenatan dan hobby.

    BalasHapus
  8. Header ya keren mbak Tika...semoga terus menginspirasi ya mbak...

    BalasHapus
  9. Smoga kita bisa menjadi blogger yang menginspirasi yaa mak

    BalasHapus

Nikmati Sushi Enak, Lezat, Fresh, Sehat Dan Halal Hanya Di Baiza Sushi

Hello Readers... Siapa yang suka makan sushi?. Wah, langsung banyak penggemarnya ya. Makanan sushi sudah tidak asing lagi di l...