Rabu, 22 November 2017

10 Peralatan Pribadi Wajib dibawa saat Menaiki Gunung

Hello Readers,

Mendaki Gunung???
Why Not...


Keindahan alam Indonesia memang sudah diakui secara global. Buktinya, jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia selalu meningkat tiap bulannya. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Indonesia mencapai 1,35 juta orang pada Juli 2017. 

Beda halnya dengan hobby yang suka mendaki atau naik gunung. Pasti akan melakukan rencana pendakian lebih matang. Terlebih dalam peralatan yang harus dibawa. Tidak hanya warga lokal Indonesia yang senang menaiki gunung ternyata wisatawan juga gemar menaiki gunung. 

Keindahan Gunung Indonesia


Dalam melakukan pendakian gunung wajib memperhatikan peralatan pendakian gunung yang lengkap dan tepat guna. Memang kebutuhan saat mendaki sangat banyak tetapi kita harus melihat kapasitas tenaga yang membawa. Persiapkanlah sesuaikan dengan kebutuhan dan membawa secukupnya. 

Sangat simpel peralatan yang akan kita persiapkan dalam mendaki tidak perlu membeli semuanya serba baru. Berikut 10 peralatan pendakian yang wajib di bawa. 

1. Tas Gunung.
Tas gunung tentunya peralatan paling utama yang harus kita persiapkan dalam melakukan pendakian. Tentu dengan tas gunung yang sesuai dengan kuantitas dan kualitas. Terdapat kantong-kantong yang banyak dan perekat-perekat supaya kita nyaman menyandang. Pilihlah tas yang sesuai dan senyamannya supaya saat mendaki aman dan tidak membuat kita risih. Untuk tas wanita beli di Tokopedia bisa didapat sesuai keinginan.

Tas ransel mendaki gunung by tokopedia


2. Jaket dan Celana Gunung.
Jaket dan celana adalah hal wajib yang harus dibawa oleh pendaki. Kenapa demikian?. Karena area medan yang akan dihadapi adalah pepohonan, semak-semak berduri dan melindungi tubuh dari angin serta suhu dingin. Persiapkan jaket dan celana yang nyaman dipakai dan memiliki kantong untuk penyimpanan barang kecil. Bawalah beberapa pakaian outdoor dan celana outdoor seperti kaos, kemeja flannel, kemeja rimba, topi, celana pendek, celana panjang. Untuk pakaian wanita dapat menyesuaikan dengan kegiatan yang akan dilakukan. Untuk lebih mudah mendapatkan pakaian wanita di Tokopedia juga tersedia berbagai macam model sampai model kebaya modern.

Jaket mendaki gunung by tokopedia


Celana mendaki gunung by tokopedia


3. Sepatu Gunung, Sandal Gunung dan Kaos Kaki.
Sepatu gunung dan sandal gunung merupakan kewajiban yang harus dipersiapkan dan harus dipakai oleh pendaki. Pilihlah sepatu gunung didesain khusus untuk menerjang medan becek, lumpur, basah, berdebu dan didesain khusus pula untuk trek menanjak. Sama halnya seperti sepatu agak lebih tinggi sedikit menutupi mata kaki yang memang digunakan untuk outdoor. Sandal gunung didesain manfaatnya sama seperti sepatu gunung hanya saja tidak menutupi kaki saja. Usahakan sandalnya yang memiliki tali atau pengerat dan bahannya tidak licin supaya saat mendaki tidak mengalami kendala.

Sepatu mendaki gunung by tokopedia

Sandal mendaki gunung by tokopedia


4. Sleeping Bag.
Sleeping bag alias kantong tidur perlengkapan yang sanagt wajib dibawa bagi pendaki. Pasti kebayang dong kita tidak membawa sleeping bag tidurnya gak nyaman banget. Sleeping bag sangat banyak gunanya saat malam hari bisa melindungi tubuh kita dari serangga atau binatang gunung.

Sleeping Bag mendaki gunung


5. Masker, Kupluk, Sarung tangan, Gaiter, Syal dan Kacamata. 
Masker digunakan untuk menjaga hidung dan mulut dari debu atau asap belerang. Gunakanlah masker multifunsi yang bisa menjadi kupluk, dan penutup leher. Kupluk digunakan untuk melindungi kepala dari area sekitar. Jaman sekarang sudah banyak dijual masker sekalian kupluk dan banyak pilihan. Sarung tangan sangat wajib dibawa, karena telapak tangan dan telapak kaki bagian tubuh paling sensitif. Gunakan sarung tangan yang tebal, karena pada suhu dingin telapak tangan kita terjaga suhunya. Gaiter adalah penghalang pasir agar tidak masuk ke sepatu. Kacamata gunanya untuk menjaga mata dari debu saat melakukan pendakian.


Masker dan kupluk mendaki gunung by tokopedia

Sarung tangan mendaki gunung by tokopedia


6. Senter atau Headlamp, Matras Gunung dan Tongkat Gunung/ trekking pole. 
Senter tentunya berguna saat malam hari sebagai alat penerangan saat kebelet kebelakang. Headlamp adalah lampu yang dipasang di kepala sehingga saat mendaki kita tidak perlu memegang senter atau penerang semacamnya. Headlamp juga tahan lama dan digunakan pula untuk digantung di dalam tenda sebagai penerangan. Matras gunung kegunaannya untuk landasan kita duduk atau landasan untuk tidur. Tongkat gunung sangat banyak gunanya sebagai pegangan tangan dan menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan. Bisa menjadi alat menghalau binatang buas di gunung untuk melindungi diri.

Headlamp mendaki gunung


7. Peralatan Mandi.
Karena perjalanan selama mendaki gunung tidak cukup sehari. Membersihkan diri juga di wajibkan supaya kita nyaman saat mendaki. Adapun peralatan mandi seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampo dan lain-lain.

8. Peralatan Makan.
Bawalah peralatan makan yang gampang digunakan bahannya terbuat dari plastik. Adapun peralatan makan seperti piring, mangkuk makan, sendok, gelas dan lain-lain.

9. Peralatan Navigasi.
Nah, ini juga sangat penting sebagai penunjuk arah jalan. Karena kalau sudah mendaki kita pasti susah menentukan kemana arah puncak gunung. Adapun peralatan navigasi seperti kompas, pengukur ketinggian, kamera saku dan lain-lain.

Alat navigasi mendaki gunung 


10. P3K.
P3K berupa obat-obatan pribadi yang mudah dibawa. Karena medan cuaca di gunung tidak bisa ditebak kadang panas terik, lembab dan sedikit gerimis. Bawalah perlengkapan P3K seperti kapas, tisu basah, tisu kering, betadine, alkohol (untuk mmembersihkan luka), obat diare (Norit), parasetamol, obat alergi (CTM), minyak angin atau minyak kayu putih dan sunblock.

P3K mendaki gunung 


Nah, bagaimana apakah kamu sudah siap mendaki gunung?. Semua peralatan perlengkapan mendaki sudah lengkap tentunya ya. Dalam mendaki gunung juga kita harus tahu perkiraan cuaca supaya bisa berjaga-jaga. Kalau kondisinya sedang musim hujan sebagai tambahan membawa jas hujan gunanya untuk jaga-jaga jika hujan turun dan sebagai pelapis kedua menjaga tubuh dari terpaan angin dan suhu dingin.

8 komentar:

  1. wuihh.. emangnya eda tika yg manis manja ini suka naik gunung ya? hihihi

    BalasHapus
  2. Suamiku punya nih sepatu gunung ky gini waktu ngampus kan dia aktif nanjak

    BalasHapus
  3. Gak perlu jauh jauh untuk beli peralatan, cukup tokopedia ya. Mpo baru punya senter

    BalasHapus
  4. Sepatu OK banget dan Keren. Tapi buat awe we ada gak.
    Naik gunung perlu persiapan matang

    BalasHapus
  5. Saya pernah naik gunung tapi gak tinggi2 amat hehe.. mendaki gunung emang perlu banyak persiapan terutama fisik ya.

    BalasHapus
  6. Wah lengkap yah di tokopedia

    BalasHapus
  7. Wuiiih lengkap bgt perlengkapan mendaki.gunungnya. Klo aku mah cm.modal ransel doang utk pergi.travelling kemana mana. Termasuk ke bbrp gunung di tanah air wkwkwk.

    BalasHapus
  8. lengkap banget panduannya bun, tapi memang harus begini sih, supaya nyaman dan aman trackingnya. aku punya beberapa perlengkapannya. terakhir 2016 ke gunung salak

    BalasHapus

Mobil Bekas Jaminan BuyBack Guarantee Hanya di Mobil88 Jual Cerdas Beli Berkualitas

Akhir tahun adalah sangat dinanti-nanti karyawan/karyawati seperti saya. Karena akan ada gajian, bonus, komisi dan tunjangan hari raya ...