Selasa, 14 November 2017

Kenali Gizi Pada Anak Obesitas Bersama Masako

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.
Perumpamaan ini sudah sering kita dengar. Salah satu faktor tubuh sehat dan jiwa sehat adalah mengkonsumsi makanan bergizi.

Bicara soal tubuh yang sehat dan makanan bergizi sudah menjadi tugas utama ibu rumah tangga. Kenapa saya katakan demikian?. Hmmm kita para #MomsJamanNow pasti pernah merasakan senyum bahagia saat keluarga sehat. Tidak menutup kemungkinan panik dan standby 24 jam saat ada anggota keluarga sedang sakit.

Penulis : Tika Samosir di PT. AJINOMOTO


Beberapa waktu lalu saya mengikuti sebuah acara yang sangat bagus. Tepatnya tanggal 08 November 2017 lalu, PT. Ajinomoto mengundang saya dan Mom Blogger #MomsJamanNow untuk mengunjungi Dapur Umami yang diprakarsai oleh Masako. Acara tersebut memberikan impact besar buat saya dan keluarga karena temanya sangat bagus yaitu “Lezat Bernutrisi Bersama Masako untuk Anak Obesitas”. Mau tahu apa saja yang saya dapat di Dapur Umami, Yuks baca selanjutnya ya Moms.


Semua warga Indoneisa khususnya para Moms pasti tahulah yang namanya Masako alias MSG alias Micin alias Vetsin. Dari berbagai akses media kita bisa mengetahui turunan dari vetsin ini. Terutama di televisi iklan produknya sudah biasa kita pertontonkan.


PT. AJINOMOTO Center


Seringkali kita mendengar ejekan, semacam candaan maupun ledekan dengan kata-kata :
"Makan micin banyak-banyak biar pintar" 
"Kebanyakan makan mecin seh jadi kelewat pintar" 
"Keluarga Micin" dan "Generasi Micin".


Terkadang kesal dan tertawa mendengar kata-kata itu meskipun tujuannya bukan buat saya. Padahal orang yang melontarkan kata tersebut juga sudah mengkonsumsi MSG. 

Nah, kali ini saya akan berbagi informasi tentang MSG yang di edukasi oleh Masako. Tentang Apa itu Masako?. Apa itu MSG dan Glutamat?. Apa fungsi dan dosis MSG?. Gimana tubuh kita merespon MSG?

Kalau boleh jujur, saya sebenarnya tipikal orang yang gampang teler kalau memakan makanan terindikasi pure MSG. Indikasinya buat saya gampang mengantuk, rasa haus meningkat dan bawaannya pusing. Nah, kenapa bisa terjadi demikian?. Mungkin daya tahan tubuh seseorang berbeda menerima indikasi dari vetsin.


Dapur Umami PT. AJINAMOTO


Masako Bumbu Penyedap Rasa

Masako adalah Ratu di Dapur Umami. Kenapa saya katakan demikian?. Karena Masako adalah ekstrak daging ayam atau sapi yang dibuat dengan perpaduan tepat antara daging segar berkualitas, bumbu, dan rempah pilihan. Sehingga praktis dapat digunakan untuk menyempurnakan kelezatan masakan sehari-hari  dengan rasa dan aroma daging asli sama seperti kaldu buatan di rumah.

Bentuk dari Masako sendiri adalah berupa bubuk atau granule atau powder rasa ayam dan rasa sapi yang dikemas di dalam plastik berlaminasi agar terjaga kualitasnya dan keawetannya sampai ke dapur para Moms seluruh Indonesia.

Ibu Eurli Asria selaku Section Brand Manager Masako menjelaskan tentang produk dan proses pembuatan Masako. Masako bumbu kaldu, bumbu kaldu penyedap dan bumbu pelezat serbaguna.


Ibu Earli Asria selaku Section Brand Manager Masako



Masako dibuat dari daging ayam dan sapi asli yang langsung didatangkan dari para peternak. Pabrik Masako sendiri ada di daerah Mojokerto Jawa Timur. Daging ayam yang digunakan adalah ayam yang berusia 40-45 hari.  

Daging Ayam setiap harinya dikirim dari supplier daging RPH yang sudah mendapatkan sertifikat HALAL. Daging sapi yang digunakan adalah bagian paha atas yang mengandung lemak sangat rendah supaya rasa kaldu tidak berminyak. BUMBU REMPAH diseleksi sendiri di pabrik oleh petugas produksi langsung dipisahkan dengan bahan yang kualitasnya kurang baik.


Masako Bumbu Penyedap Rasa


Keunggulan Masako

1. Terbuat dari bahan alami dan lengkap, Terbuat dari daging ayam & sapi segar dipadukan dengan bumbu rempah pilihan menghasilkan masakan dengan rasa dan aroma yang enak ekstrak daging lebih banyak dan sebagai pengganti garam
2. Praktis, memiliki rasa aroma, dan warna seperti kaldu buatan di rumah
3. Ekonomis, harga terjangkau dan isi lebih banyak
4. Menu, bisa digunakan untuk berbagai menu masakan, baik menu berkuah, tumisan dan gorengan
5. Masako adalah bumbu kaldu No. 1 di Indonesia

Pasti penasarankan Moms bagaimana proses pembuatan Masako secara LIVE. Yuk lihat videonya Masako disini. Selain video proses pembuatan Masako, ada juga fanpage Facebook Asli Masako berbagai informasi terupdate ada disana.

Melalui pemaparan Ibu Eurli Asria, kita para Moms jadi paham ya masako itu apa dan keunggulan masako. Untuk packaging dan hygiene masako sangat aman dan berkualitas.


MSG dan Glutamat

Mononatrium Glutamat atau Monosodium Glutamat juga dikenal sebagai Sodium Glutamat atau MSG. MSG merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami.



Asam Glutamat yang kita konsumsi setiap hari


Bagi tubuh manusia, glutamat berperan penting dalam berbagai proses metabolisme. Glutamat berperan sebagai building block dari protein atau bisa dibilang bahan baku pembentukan protein. Protein berfungsi sebagai bahan pembangun tubuh, membentuk sel baru, mengganti sel-sel yang rusak dan sebagainya. 

Secara tidak sadar glutamat sudah menjadi bahan makanan kita sehari-hari. Yang terkandung dari tomat, ikan, daging merah, ayam, jamur, brokoli, keju dan susu (termasuk ASI) yang terkandung asam amino. Berarti aman dikonsumsi dalam takaran sewajarnya dan sesuai dengan anjuran BPOM RI.


Fungsi dan Dosis MSG

Bapak Harris selaku PR Manager PT. Ajinomoto menjelaskan keamanan MSG bagi tubuh kita. MSG sudah menjadi hal umum publik digunakan sebagai penyedap makanan mulai makanan kering maupun basah. MSG memberikan rasa "gurih" yang dihasilkan MSG itu ternyata bukan berasal dari “tipe” seperti manis, asam, asin, pahit dan  ternyata rasa gurih ini menciptakan rasa “umami” ditemukan oleh Dr. Kikunae Ikeda pada tahun 1908 di Jepang. 

Komposisi MSG itu terdiri dari:
78% Asam Glutamat
12% Natrium
10% Air
MSG aman digunakan SECUKUPNYA atau 0,2-0,8% dari volume makanan yang dikonsumsi. Vetsin Ajinomoto dibuat dari hasil fermentasi tetes tebu alami yang dilakukan oleh bakteri hidup.


Bagaimana tubuh kita merespon MSG?

Bapak Harris selaku PR Manager PT. Ajinomoto 

Sodium/natrium (Na) dan Glutamat dua bahan Na alami jadi ion yang terlibat dalam berbagai macam proses di tubuh dan glutamat alami yang dikonsumsi akan dimetabolisme oleh sel-sel usus halus dan menjadi energi untuk menjalankan pencernaan di usus halus. Sisanya akan berguna untuk membentuk protein menjadi prekursor untuk menghasilkan senyawa-senyawa lain, seperti glutathione, arginine, dan proline. 

Prekursor adalah zat atau bahan pemula untuk memulai proses biosintesis. Kalau kelebihan Na atau Glutamat di dalam tubuh bagaimana?. Tubuh kita sering kok mengeluarkan kelebihan glutamat melalui urine dan keringat. Walaupun merupakan asam amino non esensial, tubuh cukup cepat menggantikan glutamat.



Apakah MSG aman dikonsumsi?

Yes, Question point number one for Masako. Yes, MSG aman dikonsumsi  tapi tetap dalam batas kewajaran dan sesuai takaran keamanan. Seperti hukum alam jika sesuatu hal digunakan dalam jumlah berlebihan akan berakibat buruk.

Perlu diperhatikan sebelum menggunakan Masako bisa dilihat igrediance dan sajian penggunaannya ya Moms. 



Strategi Penangan Gizi Anak Obesitas

Selain membahas Masako dan MSG para Moms juga mendapat ilmu yang sangat penting tentang Penanganan Gizi Anak Obesitas.

DR. Rita Ramyulis DCN, M. Kes selaku Pengurus Dewan Persatuan Ahli Gizi Indonesia dari Menteri Kesehatan adalah seorang dokter yang concern terhadap obesitas yang terjadi di Indonesia. DR. Rita kali ini akan membahas masalah Anak Obesitas.


DR. Rita Ramyulis DCN, M. Kes selaku Pengurus Dewan Persatuan Ahli Gizi Indonesia


*****


Obesitas yang berakibat tidak Sehat

Obesitas adalah kelebihan berat badan yang dialami oleh anak dapat disebabkan karena faktor gaya hidup yang tidak teratur dan terontrol serta faktor keturunan. 

Obesitas hyperplasia penimbunan lemak dengan sel ukurannya kecil-kecil dengan peningkatan jumlah yang banyak.

Obesitas hipertrofi penimbunan lemak dengan jumlah sel normal tetapi ukurannya besar-besar dengan peningkatan jumlah volume jaringan banyak.

Resiko obesitas pada anak akan lebih tinggi dialami oleh anak daripada orang tua yang mengalami obesitas. 

Dalam menangani obesitas tidaklah mudah. Menahan kondisi saat ini saja sudah bagus. Karena kita punya persepsi positif dalam kondisi gemuk itu.

Pasti secara spontan melihat anak yang gemuk kita pasti langsung cubit sembari berkata "Aduh lucunya, menggemaskan". Hmmm, tetapi jaman sekarang bukan lucu dan menggemaskan lagi Moms, tetapi sungguh prihatin akan kesehatannya diakibatkan penimbunan lemak dan perubahan metabolik dalam tubuhnya.

Selain dari faktor keturunan, faktor yang akan berperan dan membahayakan obesitas pada anak adalah pola makan. Pada anak yang mengalami obesitas tidak akan kesulitan soal makan, dia akan terus nafsu makan sehingga sulit mengontrol rasa lapar di dalam dirinya. Pola makan yang berlebihan dan pilihan makanan yang tidak tepat akan meningkatkan resiko obesitas.

Seperti kita ketahui prinsip berat badan ideal adalah seimbang antara gizi yang masuk dan aktifitas yang dilakukan. Bagaimana menyajikan makanan gizi seimbang?. Tentu dengan memenuhi gizi seimbang makanan terdapat serat, protein, karbohidrat, lemak dan mineral. 

Sisi negatif dari obesitas pada anak-anak :
1. Akan susah mengurangi lemak pada saat anak sudah dewasa.
2. Malas gerak dan malas beraktifitas.
3. Sel akan bertambah banyak

Cara mengatasi dan membatasi lemak bereplikasi pada anak adalah :
1. Mengontrol gaya hidup anak khususnya pola makan.
2. Mengajak anak untuk beraktifitas (supaya tidak malas gerak).
3. Jika sudah akut lemaknya, maka harus di sedot lemat.

Obesitas pada orang dewasa berbeda sekali dengan obesitas pada anak-anak. Jika orang dewasa banyak bergerak maka lemak akan berubah menjadi kecil. Kita harus memperhatikan obesitas bagi anak. Banyak akibat lainnya jika anak-anak obesitas.

1. Anak lagi masa pertumbuhan. Hormon pertumbuhannya butuh untuk membuat anak tinggi. Tetapi dikarenakan lemaknya banyak sehingga hormonnya tidak bisa bekerja dengan bagus. Sehingga pertumbuhan anak terganggu berakibat sel otak tidak akan banyak.
2. Terjadi penurunan kecerdasan.
3. Penurunan pertumbuhan badan.
4. Berakibat gangguan seksualitasnya misalnya alat kelamin susah berkembang.
5. Bagi perempuan akan mengganggu sistem kesuburan pada tuba pallopi.
6. Anak akan dini mengalami segala penyakit-penyakit seperti gangguan empedu, batu ginjal dan lain sebagainya yang seharusnya muncul di hari tua.

Nah, warning banget ya Moms sisi negatif obesitas pada anak. Kita harus lebih teliti lagi dalam perkembangan anak ya Moms. Karena anak adalah penerus bangsa dan harus kita jaga dan rawat dengan baik.

Wah, ilmunya banyak banget ya Moms dari semua pembicara acara “Lezat Bernutrisi Bersama Masako untuk Anak Obesitas”.  Semakin aware dengan anak kita ya Moms.


Demo Cooking with Chef Yunita Princess


**********



Cooking Challenge

Setelah banyak menimba ilmu, saatnya mereplikasikan Masako dalam masakan. Dapur Umami juga ada demo masak bersama Chef Yunita Princess yang memberikan tips memasak makanan dengan sehat dan bergizi.
Tips Dapur Umami.
1. Memilih sayuran yang segar, hmmm jangan asal membeli dan memasak sayuran ya Moms. Ternyata ada trik untuk mengetahui sayuran bagus untuk dikomsumsi yaitu sayuran segar dan apabila dipatahkan batangnya akan berbunyi dan cara memasak yang benar agar makanan tetap terjaga kandungan gizinya. 
2. Saat memasak sayuran gunakan api besar aduk-aduk kemudian matikan kompor. Sayuran jangan overcook gizinya akan hilang karena proses pemanasan.
3. Untuk memasak daging jika tidak ingin dimasak langsaung, jangan mencuci daging tapi langsung merebusnya kemudian tiriskan barus dimasukkan kedalam lemari es.
4. Gunakanlah masako untuk pelengkap masakan supaya nilai citarasa makanan terjada.

Selain itu juga chef Yunita mendemokan 2 resep makanan yaitu  Brokoli Saus Telur Asin dan Siomay Jamur Masako. Pasti menggunakan masako sebagai pelengkap bumbu masakan.

Resep Demo Cooking
1. Resep Brokoli Saus Telur asin.

Bahan-bahan
130 gr brokoli (yang sudah di rebus)
100 gr kentang kecil rebus
2 butir kuning telur asin
1 buah cabai keriting
¼ bungkus Masako rasa ayam
1 sdt minyak goreng
Cara memasaknya :
Cincang bawang putih dan cabai keriting (sisihkan)
Panaskan minyak goreng, tumis kuning telur asin hingga berbuih, tambahkan cabai, bawang putih aduk rata, kemudian masukkan brokoli, kentang dan masako, aduk rata, angkat sajikan.

2. Resep Siomay Jamur Masako

Bahan-bahan
50 gr dagung ayam cincang
70 gr jamur kancing
20 gr kol
1 btg seledri
1 butir telur
8 buah kulit pangsit
½ bungkus Masako rasa ayam (11 gr)
Bahan pelengkap (parutan wortel)
Cara memasaknya
Potong kecil kol, jamur, daun seledri, sisihkan
Masukkan daging ayam, jamur, daun seledri dan ½ bungkus masako aduk rata dalam 1 wadah
Kemudian ambil 1 kulit pangsit letakkan di telapak tangan isi dengan adonan siomay, bentuk kulit berisi adonan dan rapikan, hiasinya dengan parutan wortel 
Kemudian kukus kedalam panci kukusan yang telah dipanaskan. Kukus hingga matang. Kemudian sajikan.

Cooking Challange Kelompok Bayam


Nah selain demo cooking, semua peserta Mom Blogger juga diikut sertakan untuk Cooking Challenge untuk memasak secara kelompok tiap kelompok dibagi 5 orang. Kelompok saya bernama Kelompok Bayam dapat tantangan masakannya adalah “Bayam Mentega”. 

Adapun bahan-bahannya.
2 ikat daun bayam
100 gr udang segar kupas
2 sdm mentega
3 siung bawang putih cincang halus
¼ sdt merica hitam bubuk.
1 sdt air jeruk lemon
2 sdm air matang
½ bungkus masako rasa ayam

Cara memasaknya.
Panaskan mentega tumis bawang putih hingga cair, masukkan udang, masak hinga warnanya berubah, tambahkan air, air heruk lemon dan merica didihkan stelah masukkan bayam tumis hingga sedikit layu, angkat kemudian sajikan.


**********



PT. AJINOMOTO INDONESIA
JL. Laksda Yos Sudarso, No. 77- 78, Sunter,
RT.3/RW.11, Sunter Jaya, Tanjung Priok,
Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14360
Telepon: (021) 65304455
Facebook : https://www.facebook.com/ASLIMasako/

51 komentar:

  1. Cara gampang main sepak bola untuk anak, mereka havefun dan sekalian olahraga biar gak obesitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mpok Ratne,

      Betul Mpok. Selesai anak makan jangan disuruh tidur tetapi ahrus beraktifitas supaya ada pergerakan dan yang pasti mengantisipasi obesitas.

      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  2. Tanteku (almh) yang dosen gizi pun, bilang pakai msg itu ga papa kok, asal ndak berlebihan. Toh bagus jg untuk mengurangi penggunaan sodium. Dan kalau makanan enak, yg makan jg jd lahap kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Fika,

      Betul sekali Mba yang penting menggunakan MSG dengan takarannya sesuai dengan kebutuhan. Karena segala sesuatu yang berlebihan juga mengakibatkan tidak baik.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  3. Udah lega bgt denger kalo MSG aman dikonsumsi jd ga perlu was was saat menambahkan MSG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Indrifairy,

      Betul Mba karena baik mengurangi penggunaan sodium karena bisa berakibat berbagai penyakit juga. Yang penting menggunakan MSG sesuai takarannya ya Mba.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  4. PR banget nih ya Bu ibu masak masakan yg lezat tapi juga gak bikin anak Andi obesitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Leyla,

      Yang pasti tetap menjaga gizi makanan anak ya Mba supaya tidak terjadi obesitas yang merugikan di saat dia dewasa.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  5. Yang penting jangan berlebihan ya, di rumah sok-sokan ga pakai MSG pas di luar mana bisa kita kontrol .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Ria Bilqis,

      Better jangan terlalu sering juga ya Mba.
      Iya diluar malah kita tidak tahu takarannya seberapa banyak penggunaannya.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  6. Samaaa, aku kalau makan yang makanannya kebanyakan MSG, langsung pusing. Kalau masako, bikin pusing nggak?
    Enak padahal ada masako, masak jadi gampang. Biasanya kalau masakan kurang sedap, nyari penyedap rasa biar maknyus. Kadang kalau nggak ditambahin penyedap rasa, suka kurang sedap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Oviyanti,

      Kalau masako aman mba karena dari olahan daging pilihan dan rempah-rempah pilihan jadi tidak mengandung 100% micin atau vetsin.
      Makanan jadi maknyus ya Mba. Seger kalo pakai yang berkuah.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  7. Udah beberapa kali sih mendengar penjelasan kalo MSG itu sebenarnya aman dikonsumsi asal dalam takaran yang seharusnya, jadi gak berlebihan. Terkadang kalo masak saya juga masih pake masako bumbu masak dan Alhamdulilah masih dalam batas wajar sesuai anjuran. Itu resepnya menggoda banget ya jadi pengen praktekin juga. Makasih sharing infonya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Hida,

      Betul sekali Mba. Segala yang berlebihan juga tidak baik ya Mba.

      Boleh di praktekkan Mba di rumah biar anak-anak semakin lahap makan tetapi tidak obesitas ya.

      Semoga bermanfaat informasinya ya Mba.

      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  8. Wah, aku mau pengakuan nih. Maaf ya, masakan kalian aku yg abisin udangnya. Wwkwkkwkw :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Istiadzah,

      Tapi enak kan Mba olahan udangnya menggunakan bumbu penyedap rasa Masako.
      Pantesan udangnya hilang semua. Kirain hidup kembali Mba. hehehehehe



      Semoga bermanfaat informasinya ya Mba.

      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  9. Iya.. Sebenarnya msg asal dikonsumsi dengan takaran yang pas tidak akan mengganggu kesehatan tubuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Lubena,

      Yes, the great Moms.
      Masakan jadi enak, seger dan gurih ya Mba.


      Semoga bermanfaat informasinya ya Mba.

      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  10. Hei kita satu kelompok di bayam. Udangnya yang ngabisin aku, waya dan yonna. Dirimu swmpat nyobain gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Ade,

      Iya Mba, Aku kelompok Bayam.
      Hiksss udangnya ga sempat aku makan Mba. Habis ke tetangga keliling lihat penampilannya. Tak kirain kita juara...
      heheheheeh


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  11. Wahh.. aman ini konsumsi micin.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Tri,

      Hello Mba,
      Iya betul sekali Mba, tetapi dengan takaran secukupnya ya.
      Semoga bermanfaat ya informasinya Mba.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  12. makasih sharingnya, sesuatu yang berlebihan selalu ada bahayanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Tira,

      Betul sekali Mba yang namanya berlebihan asti tidak baik ya.
      Semoga bermanfaat ya Mba informasinya. :)


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  13. Jadi tambahan ilmu ya mba tentang msg itu apa plus dapat menu tambahan juga untuk keluarga di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Utie,

      Benar Mba, Sharing ilmunya sangat penting dan jadi paham deh tentang MSG yang sebenarnya.

      Semoga informasinya bermanfaat ya Mba.

      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  14. Segala sesuatu jika digunakan dalam jumlah sewajarnya tentu tidak akan membahayakan. Makasih sharingnya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Ladubkanblog,

      Betul sekali Mba, Kalau kita yang memasak sendiri pasti tahu takarannya ya Mba. Bahayanya makanan yang dari luar ya Mba.

      Semoga sharingnya bermanfaat ya Mba.

      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  15. informasi yang sangat berguba bagi para orang tua, merti hati-hatid dalam memberi asupan gizi kepada buah hatinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mas Permana,

      Betul sekali ya Mas. Menciptakan generasi yang sehta dan bergizi tentunya ya.


      Terima kasih,
      Tika Samosir

      Hapus
  16. MSG atau monosodium glutamat atau dengan bahasa kekinian adalah micin, enak sih,, tp ternyata ga baik juga untuk anak yah?

    BalasHapus
  17. Dear Mba Sukma,

    Micin alias Vetsin, sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh tetapi dalam kadar jumlah sesuai aturan BPOM ya Mba.
    Kalau untuk anak dibawah usia 10 tahun mungkin disarankan untuk tidak tetapi kan kita tidak tahu jajanan yang dikonsumsi diluar sana. Lebih waspada adalah hal utama ya Mba.

    Semoga bermanfaat informasinya.

    Terima kasih,
    Tika Samosir

    BalasHapus
  18. Ibu saya sering masak sayur dengan masako, rasanya enak banget sihhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mas Ilman,

      Hello Mas, Iya sayur dibumbui masako rasanya enak dan gurih ya. Tai harus tetap sesuai penggunaan tidak terlalu banya.

      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  19. Wah ini artikel yang sangat bermanfaat sekali.
    wisata terbaru kulonprogo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mas KP Chanel,

      Good information buat keluarga ya Mas.

      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  20. Seru banget ya masak di dapur umami, masak jadi enak dengan masako dan produk2 ajinomoto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Tetty,

      Seru banget Mba, selain memasak tapi kita juga dapat ilmu tentang gizi dan masalah obesitas pada anak.
      Semoga informasinya bermanfaat ya Mba.


      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  21. Lebih cepat tau lebih baik ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mas Andrew,

      Iya betul banget Mas dari sejak dini kita harus tau informasi gizi dan tentang MSG. Supaya kita bisa berbagi informasi buat saudara dan keluarga.

      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  22. Msg asal berada pada kadarnya jadi tetap aman ya mbak? Salam sinizam.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mas Nizam,

      Benar sekali Mas, yang pasti sesuai takaran dan tidak berlebihan pasti tidak berlebihan.

      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  23. hiduo micin! hahahahha.. aku fans micin garis keras dan sebel banget klo hal2 negatif dikaitkan sm micin. huhu. setuju bgt klo sbny apapun yg berlebihan ya tdk baik; micin ya sama aja dgn gula atau garam, klo porsinya gak tepat pasti gak sehat yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Eda Sonya,

      Yesss hidup...
      Biasanya orang yang menggunakan dengan kadar salah yang selalu kontradiktif.
      Micin perlu bagi tubuh karena kandungannya digunakan untuk merangsang pertumbuhan hormon dalam tubuh.

      Semoga informasinya bermanfaat ya Eda.
      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  24. Masako udah terkenal apalagi ada kemasan sachet nya. Makin di cintai emak emak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Miss Dapur,

      Suka banget dengan namanya Miss Dapur.
      Iya betul banget Miss Masako sudah dikenal dikalangan jaman nenenk moyang ya.

      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  25. Ternyata msg bisa menjadi salah satu alternatif mengurangi obesitas yak. baru tahu.. thanks yaa infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Nik Sukacita,

      Hello Mba Nik,
      Betul sekali Mba, Obesitas sangat berbahaya apalagi terjadi pada anak-anak kita. Kalau sudah besar nanti efeknya sangat beresiko.

      Intinya selalu menerapkan pola makan sehat dan teratur.
      Semoga informasinya bermanfaat ya Mba.

      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  26. Ga ada yang namanya generasi Mecin

    MSG itu ga bahaya selama dipakai sesuai aturan dan takaran ya bunsay.


    Baru tahu kalau MSG bisa mengurangi pengaruh obesitas, makasih info nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mba Anisa,

      Iya Mba terkadang diluaran sana banyak istilah bahkan bullyan seperti itu. Padahal semua manusia sudah pasti memakan micin. Micin sebenarnya dibutuhkan tubuh dalam kadar takaran sesuai.

      Tetap menjaga pola makan tentunya ya Mba. Kalau makanan diluar kan kita tidak tahu pemakaian MSG seberapa banyak dan anak pasti sangat lahap doyan makanannya. Inilah penggunaan micin terlalu banyak yang mengakibatkan obesitas pada anak.

      Semoga bermanfaat informasinya ya Mba.
      Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  27. Ulasannya lengkap banget, Mbak 😍

    BalasHapus

10 Keistimewaan Heavenly Blush Greek Yogurt Dalam Hidupku

Tubuh merupakan aset manusia yang sangat penting dijaga. Saya selalu berusaha menjaga pola makan sehat dan seimbang, manfaatnya untuk stami...