Senin, 18 Desember 2017

Kampung Berseri Astra Memberikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Menciptakan Generasi Penerus Bangsa

Kampung Berseri Astra (KBA)


Dunia anak dijaman generasi millenials lebih banyak bergantung pada gadget. Sudah sangat jarang bermain bersama dengan anak seusianya dengan melakukan permainan tradisional. Melalui kondisi individualis anak pengaruh gadget PT. Astra International Tbk membentuk program Kampung Berseri Astra (KBA).


PT Astra International Tbk memiliki fokus Corporate Social Responsibility (CSR) dalam empat pilar. Adapun 4 pilar tersebut adalah Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif.


Kampung Berseri Astra (KBA) adalah salah satu CSR Astra yang bertujuan untuk menciptakan generasi penerus bangsa anak-anak, warga, lingkungan dan ekonomi masyarakatnya ikut berseri. Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) adalah salah satu program Astra untuk mensejahterakan generasi penerus bangsa.


Kampung Berseri Astra (KBA) sangat bagus menjadi role model bagi pengembangan kampung lainnya di Indonesia. Supaya kampung-kampung yang jauh dari ibukota semakin maju dan tidak ketinggalan informasi dan ilmu pengetahuan. Salah satu contoh Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ciganjur Berseri yang menjadi bagian dari Kampung Berseri Astra (KBA).



Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Ciganjur


Pada pilar Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra telah membina 65 Kampung Berseri Astra dan donasi kacamata sebanyak lebih dari 15.600 pasang untuk anak-anak di pulau terdepan Indonesia. Pada pilar Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra telah membina 15.859 sekolah baik secara hardware, brainware dan software, juga memberi donasi 12.000 pasang sepatu dan 3.000 tas untuk anak-anak di pulau terdepan Indonesia.


Sebagai orangtua, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) sangat penting. Hal ini dibuktikan semakin langkanya permainan tradisional anak-anak yang hampir punah. Generasi saat ini sudah sibuk sendiri dengan menggunakan gadget. Mengakibatkan kurang keterbukaan dan kurang kreatifitas dalam mengekspresikan kemampuan. Bisa dikatakan krisis percaya diri dalam menampilkan apapun.


Setiap orangtua pasti sudah memahami kelebihan dan kekurangan anak masing-masing. Seorang anak pasti memiliki talenta dalam berbagai bidang bisa musik, menari, pelajaran bahkan bisa menjadi seorang atlit. PT. Astra Indonesia Tbk memberikan peluang kreatifitas dan mendukung dalam pengembangan anak.


60 Tahun PT. Astra International, Tbk




Kampung Berseri Astra

Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan program tanggung jawab sosial Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program tanggung jawab sosial Astra, yakni Kesehatan (Astra untuk Indonesia Sehat), Pendidikan (Astra untuk Indonesia Cerdas), Lingkungan (Astra untuk Indonesia Hijau), dan Kewirausahaan (Astra untuk Indonesia Kreatif).


Melalui program KBA ini, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang berseri (bersih, sehat, cerdas, dan produktif), sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Saat ini, Astra telah membina 64 KBA di 27 provinsi seluruh Indonesia.


Pada prinsipnya, di mana pun instalasi Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”.


Dalam 60 tahun usia Astra tidak akan pernah berhenti dalam menebarkan inspirasi membentuk masyarakat yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif. Dengan adanya apresiasi ini, KBA yang sudah rutin menjalankan programnya setiap tahun diharapkan semakin terdorong dan semangat mempercantik serta membawa kampungnya menuju kemandirian.

12 komentar:

  1. yap, astra banyak meberikan manfaat juga melalui program csr nya

    BalasHapus
  2. Program CSR ASTRA benar-benar menyentuh segala bidang...membawa manfaat untuk masyarakat banyak...

    BalasHapus
  3. Ga terasa ya astra sudah 60 thn semoga tetap bisa memberi manfaat untuk masyarakat Indonesia

    BalasHapus
  4. aku tuh dari dlu suka aja sama yg namanya astra mungkin karna orgtua selalu sebut astra yg terbaik bisa jadi ya. Dan ternyata sudah lama ya seumuran sama nenek.

    BalasHapus
  5. Program CSR nya sangat menginspirasi. Karena mencakup 4 pilar program tanggung jawab sosial disegala bidang

    BalasHapus
  6. Kalau semua perusahaan punya CSR begini, bisa makin maju dan cantik deh Indonesia.

    BalasHapus
  7. Astra bukan hanya memikirkan kemajuan utk perkembangan bisnisnya saja tp tetap peduli dan concern dg peningkatan kesejahteraan masyarakat luas melalui program program CSR nya.

    BalasHapus
  8. Keren sekali ya program CSR dari Astra, sangat mempedulikan kesejahteraan masyarakat luas.

    BalasHapus
  9. Program csr yang keren dan patut diapresiasi. Nggak nyangka usia astra udh 60 tahun ya kak

    BalasHapus
  10. Aku suka lho dengan CSR program Astra dan perusahaan lain yang membuat taman ramah anak. Semoga makin banyak yaa

    BalasHapus
  11. Astra sudah berpengalaman di bidangnya selama 60 tahun, dan pastinya program CSR sangat matang untuk kedepanya

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah, seneng deh lihat byk perusahaan yg sudah mau menjalankan csrnya ke lingkungan sekitar. Dan program mereka jg bagud bagus

    BalasHapus

Libur Lebaran Di Jakarta Fair Kemayoran Lebih Menyenangkan Dan Menghibur

Libur panjang pun sudah tiba, waktunya jalan-jalan. Selama libur lebaran Jakarta Fair Kemayoran akan tetap dibuka untuk umum. Kali ini Jaka...