Minggu, 11 Maret 2018

Cinta Dan Rasa Selalu Bersinergi Dalam Tulisan

Setiap lagu punya rasa dan cinta. Berbagai makna bisa tersirat dalam sebuah lagu supaya bisa menyentuh hati penikmatnya, akan diingat sepanjang masa. (Apalagi lagu galau mode on banget)

Begitu juga dengan "Menulis Bukan Hanya Sekedar Menulis". Tetapi ada rasa dan cinta yang tergores disana. Kata Mba Dini Fitria yang sudah berhasil mengungkap rasa dan cinta pada bukunya. 


Mba Dini Fitria dengan style senyum sumringah


Menjajaki dunia perbloggeran sejak tahun 2010 dari beberapa platform mengulas tentang reportase, review atau mengikuti lomba blog. Tetapi setelah menginjak usia tiga puluhan ini aku merasa feel untuk menulis mulai memudar. Ibarat kata tulisan aku kurang bumbu penyedap rasa. (istilah keren mecin hehehe)

Beberapa hari lalu aku megulik kembali semua blog. Aku buka satu persatu sembari flashback akan tulisan tersebut. Memang ada yang kurang pada tulisan itu yang membuat pageview menurun drastis. Apakah ini yang dinamakan dengan kiris rasa dan cinta dalam menulis?


Ya betul, Aku butuh siraman cinta untuk membakar rasa lebih bergetar lagi. Beruntung sekali dapat menghadiri workshop "Menulis Dengan Cinta Bersama Dini Fitria - Batch 2" yang diadakan oleh Indonesian Social Blogpreneur (Komunitas ISB). Kekepoan bertemu langsung dengan seorang penulis 3 novel best seller trilogi cinta yang mengungkap rasa pada tulisannya. Bertempat di kantor BliBli.com Jakarta Barat dengan jarak tempuh naik kereta dari Bekasi. Tak kuhiraukan lagi panas terik matahari untuk mengejar ilmu yang tidak ternilai harganya.


Mengungkap Rasa Melalui Tulisan


Ibu Christine Lie Hartati dari Blibli.com sebagai tuan rumah menyambut aku dan teman-teman blogger lainnya dengan bahagia. Ibarat pepatah "Sambil Menyelam Minum Air", kabar gembira buat semua kalangan mengenai promo My Big Wish yang sedang berlangsung di Blibli.com. (Aku banget neh nonton bola langsung ceki-ceki websitenya BliBli.com)

Workshop pun berlanjut. Hmmm yang ini khusus bagi wanita ciptaan Tuhan paling terindah. Sharing session dari Zoya Cosmetics menginformasikan produk terbarunya yang kekinian Lip Paint yang disampaikan oleh Mba Haniarta Hasan. Siapa yang tidak mengenal Zoya sebagai produsen perlengkapan kecantikan ternama dikalangan wanita. Cantik itu relatif, tetapi mempercantik untuk lebih lagi adalah pilihan. Jujur jatuh cinta banget dengan Lip Paintnya.

Dengan senyum hangat nan manis terlukis di wajah paras cantik Mba Dini Fitria membuat cuaca seketika adem dan segar. Kali ini mantan presenter dan produser salah satu televisi swasta akan sharing tentang rasa dan cinta pada tulisannya. Bernostalgia lewat cerita soal pengalaman menulis buku Islah Cinta yang berlatar belakang lokasi di India. Bertahan menghadapi banyak tantangan tentang proses menulis dari tidak suka menjadi benar-benar cinta. 


"Menulis Itu Soal Rasa, Temukan Rasamu Dan Jagalah". Kata-kata ini selalu terngiang-ngiang dalam telinga seakan-akan memiliki daya magnet kuat. 


Sangat terpukul rasanya dengan mendengar kata-kata konsistensi. Karena aku terkadang timbul tenggelam dalam beberapa account blog. Ternyata konsistensi sangat berpengaruh. Tanpa sadar, kita membuat pembaca selalu orgasme akan tulisan blog.


3 Buku Mba Dini Fitriani yang menjadi best seller (Pic : Ig @dinifitria_author)


Berbagai ilmu dan teknis penulisan diungkapkan oleh Ibu dua anak berdarah minang salah satunya feature stories. Feature stories adalah sebuah cerita berdasarkan fakta, bukan cerita fiksi sesuai dengan yang dialami. bertutur, deskriptif, informatif, gaya penuturan yang indah, tidak harus selalu 5W1H serta ada human of interest. Seminimal-minimalnya tulisan kita pasti ada struktur penulisan 2W1H yaitu Why, What dan How. Jika demikian tulisan kita akan menarik bermanfaat bagi pembaca, memotivasi dan menggerakkan ke arah yang lebih baik.



Bagaimana menciptakan tulisan Feature Stories?

Menulislah sesuai dengan story telling yang di alami. Kita bayangkan seperti mendongeng pada anak-anak. Memacu kita untuk berimajinasi yang mengakibatkan pembaca tertarik, menyentuh hati dan terinspirasi melalui tulisan kita.

Menulislah seperti kita sedang bercerita kepada teman dari awal sampai akhir. Sehingga alur tulisan seperti nyata dan membuat pembaca ambil bagian dalam cerita kita. Tentu dengan cerita yang relevan kita alami sendiri disertai dengan bukti foto atau video.

Sebagai penulis alias blogger yang selalu membranding diri sangat perlu melakukan service kepada pembaca. Misalnya menyajikan tulisan yang tidak monoton, tidak banyak typo, tidak menasehati pembaca karena pembaca tidak suka di nasehati dan informatif.


Antusiasme peserta workshop fokus pada pemaparan Mba Dini


Seperti apa teknis menulis Feature Stories?

Lead in Angle - Teknik yang sangat dibutuhkan saat membuka paragraf dalam tulisan. Usahakan opening tidak panjang dan bertele-tele. Lead in angle yang membuat pembaca semakin penasaran untuk membaca paragraf demi paragraf. Ini seh kalau pembaca tertarik membaca tulisan kita sampai selesai. Kita harus pintar mengambil perhatian pembaca pada saat lead in angle.

Point of View - Usahakan tulisan kita tidak terlalu jauh bahkan out of topic. Namun pada tulisan kita harus memperbanyak diksi dan edutainment untuk mengedukasi dan menghibur. Dengan membuat point of view pada tulisan pembaca akan mengingat sedikit banyaknya tulisan kita. Feature itu bukan fiksi, tapi fakta yang harus ditambahkan bumbu rasa, cinta dan emosi. 

Mendengar sharing dan pemaparan Mba Dini membuat mata dan hati semakin berpacu untuk merubah semua features tulisan di blog. Belajar belajar dan belajar adalah kunci dari segalanya. Paling penting kita harus memperkaya kosa kata dengan cara lebih sering dan rajin membaca apa saja baik kategori diksi maupun fiksi.


Ibu Christine Lie Hartati dengan ramah menyambut dan menyapa peserta


Ngomong-ngomong soal My Big Wish, aku sangat banyak big wish. Menjadi penulis yang bukan sekedar menulis tetapi menulis dengan cinta, karena menulis itu soal rasa. Pengen banget traveling ke tempat-tempat yang bisa menginspirasi dan memberikan ketenangan. Dan harapannya tahun ini akan disegerakan yang Maha Kuasa memiliki anak yang sudah kami (aku dan suami) nanti-nantikan. Hmmm pasti pengen banget ke Rusia melihat club bola kesukaan. Blibli.com mengadakan My Big Wish hadiah promo fantastis, halan-halan sambil menonton Piala Dunia di Rusia. Bukan cuma itu masih banyak promo lain terutama travelling. Haduhhhh pengen piknik...


Penyuka belanja online atau pemburu diskon pasti kenal dengan Blibli.com market place yang telah berdiri sejak tahun 2011. Blibli.com salah satu online shop kepercayaan sebagian besar masyarakat yang banyak menawarkan promo diskon. Prosedur My Big Wish setiap minimum pembelanjaan senilai Rp 300.000 akan mendapatkan 1 wish token untuk ditukarkan pada akhir periode program dengan hadiah grand prize my big wish. Yuk, tunggu apa lagi dapatkan segala kemudahan berbelanja di #BliBliSekarang dan wujudkan impianmu.

Variant Zoya Cosmetics

Oh ya, untuk menjalani profesi sebagai blogger sangat perlu yang namanya penampilan. Terutama dalam menghadiri sebuah acara atau event. Zoya Cosmetics menjual beragam produk kecantikan dan perawatan wajah berkualitas tinggi semua keperluan makeup, produk perawatan kecantikan sampai pemutih wajah yang memiliki bahan dasar alami, halal, dan terjaga dari unsur-unsur kimia berbahaya.

Aku sudah coba lip paint, body sorbet, pensil alis dan BB cream foundation. Semuanya enak dipakai, wangi, kandungannya ringan dan tidak bikin iritasi saat pemakaian pertama sekali. Mau tahu bagaimana bahagianya memakai BB Cream foundation Zoya Cosmetics?. Tunggu ya tulisan review aku selanjutnya.


#BlibliSekarang

13 komentar:

  1. Ilmunya padat, hadiahnya banyak dan tinggal praktekkan hehehe

    BalasHapus
  2. keren bgt ilmunya, harus segera dipraktekin nih

    BalasHapus
  3. Meskipun nggak bisa ikutan acara ini, tapi ilmu yang di share sama teman2 lewat tulisan jadi tahu dan bermanfaat banged dech. Harus dipraktgbekan sendiri niyy..!!

    BalasHapus
  4. Menulis memang harus pakai cinta ya biar gak garing.

    BalasHapus
  5. Wahh..boleh tuh workshopnya, sangat bermanfaat banget. Sayang belum rejeki tuk ikutan workshopnya, semoga dilain hari ada lagi. Makasih tuk sharing infonya ya.

    BalasHapus
  6. Bener kata mba dini fitria menulis emang harus pake cinta ya kak. Biar sampai ke hati pembaca

    BalasHapus
  7. Jenis tulisan story telling memang lebih digemari pembaca, karena seakan mengobrol bersama.

    BalasHapus
  8. Mau banget belajar sama mba dini.

    BalasHapus
  9. Workshop yang pengen banget aku ikutin, tp sampe sekarang belum dpt kesempatan. Semoga dilain waktu saya bisa dpt ilmu itu.

    BalasHapus
  10. Hai mbak..Terima kasih untuk sudah menyempatkan mampir ke Blibli.com. Semoga workshopnya penuh manfaat :)

    BalasHapus
  11. Keren ya mba acaranya, saya sangat beruntung ikut acara semacam ini

    BalasHapus
  12. Menulisnya dengan cinta, dandannya dengan Zoya, belanja di Blibli bisa nonton bola. Aduh...lengkap deh big wish ya, semoga terwujud.

    BalasHapus
  13. Mantap bangetlah ya kak ilmunya... semog big wish-nya kesampaian...

    BalasHapus

Jakarta Fair Kemayoran Bertabur Diskon Lebaran Bahagia

Jakarta Fair Kemayoran sudah tidak asing lagi bagi penggiat belanja khususnya masyarakat Kota Jakarta dan sekitarnya. Jakarta Fair Kema...