Sabtu, 02 Juni 2018

Cara Mudah Membuat Layout Blog Dengan Canva Lebih Eye Catching


Layout blog?
Penting gak sih?
Apa untungnya customize layout blog?


Semua pertanyaan itu ada didalam benak saya semenjak terpilih menjadi peserta Workshop Blogger Gathering Komunitas ISB dan CNI pada Minggu, 27 Mei 2017 bertempat dibilangan Jakarta Selatan. Kali ini fokus workshop tentang "Easy Steps To The Perfect Website Layout", saya berkesempatan menghadiri blogger gathering yang diadakan Komunitas ISB dan CNI yang kali ini belajar tentang layout




Menurut saya sangat penting layout pada blog. Pada blog, layout adalah tampilan interface website kita yang berfungsi untuk menarik perhatian dan minat pembaca untuk betah berada lebih lama mengunjungi blog kita. Istilah kerennya pembaca selalu kepo dengan tulisan-tulisan kita. 


Sama halnya seperti kita dalam melamar pekerjaan selain skill kita juga harus menampilkan kerapian dalam berpakaian, sopan santun dan kebersihan. Supaya orang lain tertarik tidak hanya tertarik pada tampilan tetapi tulisan kita juga. Begitu juga dengan blog kita harus memoles sedemian rupa sampai pembaca merasa dimanja dengan tampilan dan tulisan kita.

Dama Vara sebagai penyampai materi workshop


Nah, workshop kali ini akan dibawakan oleh seorang wanita cantik yang memiliki talenta super wonder yang sudah memiliki pengalaman sampai ke negeri orang yang pintar dalam design blog atau layout blog yaitu Mba Dama Vara. Menurut seorang blogger kece ini menghias blog tidak harus mengikuti kelas design grafis tetapi cukup dengan aplikasi Canva. 



Bagaimana Mengatur dan Menghias 
Layout Pada Blog

Saya sedikit menggelitik ketika Mba Dama mengatakan masih banyak blog-blog yang masih menerapkan font dekoratif di hampir sebagian besar isi konten. Seharusnya supaya blog dan tulisan kita semakin dilirik pembaca kita harus mengutamakan font non dekoratif untuk judul dan isi tulisan. 

Ada beberapa tips dalam mempercantik blog beserta tulisannya.
1. Cover dan Design Blog Eye Catching
Pemilihan warna dan design blog sangat penting. Salah satu yang menjadi branding kita. Dalam pemilihan cover dan design harus di usahakan sesuai dengan keunikan kita. Supaya pembaca kenal kita melalui karya-karya dalam tulisan. Membuat tampilan dan cover blog user friendly supaya pembaca semakin betah di blog kita. Salah satunya dengan menggunakan Canva sebagai customize cover dan design.

2.  Elemen-Elemen Blog
Perlu sekali kita memperhatikan elemen-elemen blog seperti : 
Header bagian atas blog. Bagian ini biasanya berisi logo, nama blog dan menu navigasi
Sidebar bagian samping blog. Bagian ini biasanya berisi banyak widget.
Main biasanya sering digunakan untuk mewakili bagian posting atau content blog. Untuk theme dengan jumlah kolom lebih dari satu, bagian ini biasanya berada pada posisi sejajar dengan sidebar.
Footer bagian bawah blog. Bagian ini biasanya berisi copyright blog, credit link, dan link laman statis (About Us, Contact Us, dll).

3. Font Dekoratif dan Non-Dekoratif
Ada dua jenis font yaitu serif dan sains serif. Mba Dama mengatakan cukup menggunakan dua jenis font tersebut. Untuk font bisa dikombinasikan atau dekoratif yang sesuai tidak berlebihan. Khususnya font dekoratif bisa digunakan pada kata-kata yang penting atau yang paling ditonjolkan dalam tulisan. Boleh melakukan font dekoratif tetapi tidak semuanya. Ya, sebisanya kita mengkreasikan.

Font Dekoratif dan Non-Dekoratif


4. Percantik foto atau gambar pendukung
Terkadang kalau sudah ada foto yang bagus kita langsung masukkannya ke dalam tulisan. Padahal kita masih bisa melakukan editing, misalkan menambahkan kata-kata, icon pendukung dan berbagai macam template untuk membuat foto layout tersebut lebih bagus. Lagi-lagi wanita yang sedang duduk dibangku perguruan tinggi ini, untuk mengingatkan pakai Canva.



Say Hello To Canva Application 

Canva adalah sebuah aplikasi yang digunakan dalam membuat layout blog dengan gampang dan banyak tools yang membantu. Bisa juga dilihat dalam versi aplikasi dan websitenya. Setelah menginstal aplikasi Canva pada smartphone saya, langsung penasaran seperti apa itu Canva. 



Ternyata tools editing apa saja di Canva sangat mudah menggunakannya. Langsung log in menggunakan google dan atau facebook. Canva tidak hanya mengelola layout blog tetapi everything baik itu buat presentasi, talkshow, workshop, sosial media seperti twitter, instagram, facebook dan lain sebagainya membuat foto semakin berkreasi. 


Canva lebih mengajak kita lebih berkreasi dan imajinatif dalam mendesign blog. Sangat mudah sekali menggunakan Canva. Semua ukuran, font, warna, tata letak sudah otomatis disesuaikan. Paling mudahnya templatenya sudah disediakan oleh Canva dan gratis pula. 

Macam-macam template Canva


Nah, customize blog adalah hal yang sangat beruntung buat saya pribadi dan juga buat pembaca blog. Karena semakin banyak yang mengunjungi blog semakin naik juga traffik blog kita. Dan keuntungan lainnya bisa memberikan nilai tambah semakin dilirik oleh bran-brand. Begitulah cara aku mengutak-atik blog yang dalam waktu dekat rangkum. Kalau kamu apa tips layout blog, share ya di komentar.




17 komentar:

  1. Iya pake aplikasi canva itu gampang ya ternyaya, bisa dari HP juga. Dan iya banyak toolsnya juga sehingga kita bisa berkreasi sesuka kita ya Mba.

    BalasHapus
  2. font dekoratif dan nondekoatif nih yang menarik bagi saya untuk bikin tulisan blog semakin kreative.

    BalasHapus
  3. makin asyik ya utak atik blog dengan aplikasi yang udah disediakan. Bisa dari Hp pula. Nice infonya kak

    BalasHapus
  4. Iyaa sudah lama punya akun canva tapi belum teroptimalkan sampai sekarang. Masih maunya yg simple2 hihi.. makasih mba tika reminingnya. Jadi ingat lagi mau aktif otak atik canva

    BalasHapus
  5. Daku malah belum menggunakan canva, hehehe.
    Font memang pengaruh banget yah buat tampilan blog. Soalnya daku pernah bw, ternyata font nya itu terlalu kuwel-kuwel jadinya bingung bacanya, hahaha

    BalasHapus
  6. Aku justru dari workshop ini baru tahu kalau Canva bisa diakses dari hape. selama ini pakai Canva cuma dari komputer aja. Tapi aku masih lebih senang akses via komputer sih, soalnya kalau di hape susah ngeditnya (balada jari tangan gendut).

    Oiya salam kenal ya mbak!

    BalasHapus
  7. Saya sudah pakai canva sejak masih diakses melalui website saja. Kini semakin mudah dengan adanya aplikasi canva yang bisa diinstal dan pakai daei ponsel. Keren!

    BalasHapus
  8. Ini menarik, tp aku belum sempat belajar lagi euy.

    BalasHapus
  9. Selama ini saya juga ngandelin Canva buat bikin infografis. Tinggal ngikutin template yang ada, beres deh.

    BalasHapus
  10. Duh.. jadi penasaran sama template blog yang ada di Canva deh...

    Lagi pengen ganti template blog yang SEO friendly nih*

    BalasHapus
  11. Canva juga andalan saya hhahaha jadi lebih gampang ya mempercantik blog dengan canva, headernya juga jadi lebih cute

    BalasHapus
  12. Aku sesekali menggunakan canva, seneng sih. Cuma belum eksplor aja

    BalasHapus
  13. Kudu belajar lagi nih Canva. Aku gak bisa2 deh ih. Masa pake app jadul terus.

    BalasHapus
  14. Aku masih awam sama canva dan kayaknya perlu belajar lebih dalem lagi nih.

    BalasHapus
  15. Jadi ini rahasianya biar blog makin keren ya Mba.

    BalasHapus
  16. Canva ini gratisan kan yaa mbak

    BalasHapus
  17. layout penting banget buat SEO. thanks banget ya infonya. tinggal praktekin neh gue

    BalasHapus

Cek Masa Subur Untuk Merencanakan Kehamilan Dengan Sensitif Ovutest Lebih Akurat

Memiliki anak setelah menikah adalah impian pasangan suami istri. Pelengkap rumah tangga adalah anak yang membawa rejeki serta kebahagiaa...