Jumat, 01 Juni 2018

Langkah Cerdas Berivestasi Untuk Wujudkan Impian


Ibu rumah tangga adalah menteri keuangan terbaik dalam keluarga. Dimana-mana yang namanya mengelola keuangan pasti gampang-gampang susah. Termasuk mengelola keuangan rumah tangga. Benar tidaknya semua ibu rumah tangga pasti mengalaminya. Karena harus hati-hati dalam menggunakan uang setiap hari.


Investasi untuk hari tua cerah


Dengan catatan yang namanya pengeluaran akan terjadi setiap hari tanpa kita sadari. Misalnya pengeluaran belanja untuk kebutuhan keluarga. Ada saja pengeluaran yang tidak tak terduga atau sering disebut dadakan. Jika kondisinya seperti ini bagaimana kita bisa memikirkan untuk investasi masa depan?.


Maka dari itu seorang ibu rumah tangga harus pintar mengelola keuangan. Mempersiapkan dan membagi semua plot-plot keuangan rutinitas setiap bulan. Misalnya belanja bulanan, belanja sandang & pangan dan lain sebagainya. Siapa yang setiap hari rutin mencatat pengeluarannya hayoo? Mencatat pengeluaran setiap hari adalah salah satu langkah menjaga kesehatan finansial kita.


Kebetulan sekali saya mengikuti Sharing Session "Langkah Cerdas Berinvestasi Untuk Wujudkan Impian" yang disampaikan oleh seorang finance planner yaitu Bapak Budi Raharjo. Tema yang sangat cocok banget buat moment lebaran bagaimana cara mengelola keuangan dan sebagian di investasikan.


Bapak Budi Raharjo mengatakan "Dalam mengelola keuangan kita harus konsisten dalam membuat pengeluaran secara berkala". Apapun profesi atau pekerjaan kita, tentu hasilnya yang terbaik dan halal buat kita. Dalam mengelola keuangan pasti ada faktornya baik psikis dan psikologis. 

Bapak Budi Raharjo seorang Finance Planner 

Pentingnya mengatur keuangan demi kesehatan finansial masa depan menurut Budi Raharjo sebagai Director and CoFounder Oneshildt Financial Planning, ada 5 Prinsip-prinsip mengelola keuangan: 


  1. Tata (Tata keuangan). Penghasilan harus kita tata dalam artian seberapa banyak pun penghasilan harus bisa di tata dengan baik.
  2. Titi (Teliti dan Hati-hati). Hati-hati dalam menggunakan uang misalnya kita harus bisa mengontrol diri melihat diskon berseliweran. Kita dalam membeli sebuah barang harus sesuai kegunaannya dan dalam jangka panjang.
  3. Tutu (jangan berhenti sampai Tuntas). Apapun permasalahan keuangan kita harus bisa membenahi keuangan sampai tuntas. Supaya keuangan tidak tersendat-sendat. 
  4. Tetek (Tetapkan Tekad). Tekad kuat dalam mengelola keuangan. Misalnya ada pengeluaran tak terduga kita harus pintar mengalokasikannya dari tabungan atau uang yang ada. 
  5. Tentrem (Tentrem di Hari Tua). Dalam menggunakan uang harus tenang dan tidak terlalu memikirkan harus beli ini itu. Setidaknya hari tua kita aman melalui investasi sehat.



Sebagai ibu rumah tangga, kita harus bisa menempatkan dan mempraktekkan 5 prinsip mengelola keuangan tersebut terutama dalam berinvestasi. Salah satu langkahnya menabung di Bank Danamon, terlebih ada aplikasi yang memudahkan para nasabahnya. 


Langkah Cerdas Berivestasi Untuk Wujudkan Impian


Maka dari itu seorang ibu rumah tangga harus pintar mengelola keuangan. Mempersiapkan dan membagi semua plot-plot keuangan rutinitas setiap bulan. Misalnya belanja bulanan, belanja sandang dan pangan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nikmati Sushi Enak, Lezat, Fresh, Sehat Dan Halal Hanya Di Baiza Sushi

Hello Readers... Siapa yang suka makan sushi?. Wah, langsung banyak penggemarnya ya. Makanan sushi sudah tidak asing lagi di l...