Jumat, 24 Agustus 2018

7 Kegunaan Olahraga Untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Sehat Dan Lahiran Lancar


Hidup sehat dan bugar keinginan semua orang dengan olahraga teratur, termasuk olahraga untuk ibu hamil juga sangat penting. Tetapi tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh ibu hamil. Supaya bayi tetap sehat dan kuat, sang ibu harus menjaga kesehatan, olahraga cukup, istirahat dan pola makan teratur. 

Olahraga Ibu Hamil
Bahagianya Ibu Hamil dalam keadaan sehat (pic by google)

Berolahraga harus timbul dari niat sendiri. Banyak ibu hamil yang malas berolahraga. Lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk dan tiduran. Kebanyakan tidur dan tidak melakukan aktivitas sangat tidak baik untuk ibu hamil dan bayi. 


Seberapa pentingkah olahraga bagi ibu hamil? Sangat penting sekali dan dampaknya sangat bagus untuk calon bayi. Apa saja kegunaan olahraga bagi ibu hamil? Banyak manfaatnya salah satunya tentunya supaya kehamilan yang sedang dijalani berjalan dengan sehat dan persalinan yang akan di hadapi juga akan berjalan dengan lancar. 


7 Kegunaan Olahraga Untuk Ibu Hamil

1. Mengurangi risiko kegemukan. 
Ibu hamil harus bisa menjaga kestabilan berat badan. Sangat disarankan ibu hamil tidak menambah porsi makan karena sangat berakibat bagi calon bayi. Resikonya, berat badan bayi dalam kandungan akan terus bertambah. Kemungkinan besar sangat susah lahir normal. Jika bayi kegemukan akan sangat lamban dan kurang aktif pergerakannya dalam kandungan.


2. Mengurangi morning sickness.
Masalah morning sickness paling banyak dialami oleh ibu hamil. Morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa ibu hamil pada trimester awal kehamilan. Kondisi yang biasanya ini dapat terjadi sepanjang hari gejala mual dan muntah pada pagi hari. Morning sickness tidak terlalu membahayakan ibu dan janin. Kalau morning sickness terlalu berlebihan sampai-sampai si ibu tidak mau makan lebih baik dikonsultasikan kepada dokter perlu dilakukan.

Olahraga Ibu Hamil
Olahraga untuk ibu hamil (pic by google)

3. Melatih otot perut untuk pasca lahiran nanti.
Nah, melatih otot perut untuk persiapan pasca lahiran juga sangat penting. Khususnya persalinan normal sang ibu harus punya tenaga kuat untuk melahirkan bayinya. Khusus olahraga untuk ibu hamil harus tahu bagaimana cara melaksanakannya agar tidak menjadi aktivitas berbahaya. Olahraga untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan dilakukan sesuai dengan arahan dokter atau instruktur olahraga.


4. Melatih pernafasan dan mengurangi rasa tegang.
Kunci utama lahiran normal adalah pernafasan. Dengan olahraga teratur, ibu hamil akan terbiasa melatih pernafasan. Dampaknya proses persalinan akan mudah dan bayi pun sehat. Beberapa dari ibu hamil memiliki rasa tegang saat mau persalinan. Dengan olahraga teratur, rasa ketegangan bisa berangsur hilang dan jadi rileks saat melahirkan.


5. Melepaskan hormon endorfin yang membantu ibu hamil tetap tenang dan bahagia.
Ibu hamil harus selalu tenang dan bahagia. Karena saat tertawa, tubuh ibu hamil akan melepaskan hormon endorfin yang merangsang mood bahagia ke dalam aliran darah. Hormon bahagia ini ikut tersalurkan lewat plasenta dan dapat diterima bayi. Ibu hamil sangat disarankan untuk lebih banyak tertawa dan bahagia untuk mendapat lebih banyak oksigen yang kemudian meningkatkan produksi endorfin. Tubuh pun menjadi lebih rileks dan melancarkan sirkulasi darah.


6. Melancarkan pergerakan bayi dalam kandungan.
Semakin sering olahraga, bayi pun akan sangat aktif pergerakannya dalam kandungan. Perkembangan bayi pun sampai pasca lahiran semakin bagus.


7. Kualitas tidur lebih baik
Kendala susah tidur sangat sering ditemukan dari ibu hamil dengan usia kehamilan semakin besar. Saat mengandung seberat 7 kilogram atau lebih di bagian depan tubuh, untuk menemukan posisi tidur yang nyaman bisa menjadi hal yang berat untuk dilakukan seperti miring kiri dan miring kanan. Akan tetapi, olahraga akan membantu ibu hamil membuang energi dan membuat rasa capek yang sehingga bisa tidur lebih lelap.

Olahraga Untuk Ibu Hamil
Rileks membuat ibu hamil tenang (pic by google)

Bagaimana sangat bagus olahraga bagi ibu hamil? Tentu dengan keadaan ibu hamil sehat akan terlahir bayi yang sehat penerus masa depan keluarga dan bangsa. Dalam berolahraga pun perlu diperhatikan kondisi ibu hamil. Jangan sampai kelelahan dan terlalu capek. 


Nah, harapannya sangat perlu sekali mengedukasi olahraga pada ibu hamil. Supaya ibu hamil terhindar dari masalah persalinan. Karena sehat itu sangat mahal harganya.

20 komentar:

  1. Olahraga yang teratur terutama ibu hamil sangatlah diperlukan bagi janin.7 manfaat olahraga ini penting diketahui para ibu yang sedang hamil agar tahu betul manfaat olahraga tersebut.

    BalasHapus
  2. Aku pas hamil olahraganya palingan cuma senam hamil pas udah trimester ketiga. Tapi emang lumayan membantu mempersiapkan kelahiran sih. Paling senneg kalau senamnya bareng2 bumil lainnya, bisa saling kasi semangat.

    BalasHapus
  3. Sempat ikut senam ibu hamil dan rutin jalan pagi waktu hamil aja udah senang banget dan alhamdulillah pas lahiran tetap bugar hahaha

    BalasHapus
  4. Menyimak.kalo punya istri pasti inget artikel ini. :)

    BalasHapus
  5. Olahraga dan pola makan sehat memang sangat penting bagi ibu hamil supaya ibu dan bayi tetap sehat dan kuat. Betewe, olahraga yang baik tapi ringan buat dilakuin ibu hamil apa aja ya, Mbak?

    BalasHapus
  6. Ibu hamil perlu baca tulisan ini ya. Menjaga kesehatan ibu hamil wajib sekali. Karena ibu hamil menjaga 2 nyawa : diri sendiri dan janinnya.

    BalasHapus
  7. Bener banget, tanpa olahraga, saat hamil malah lemes. Walopun maunya tiduran aja, lagi hamil kudu maksain olahraga. Minimal jalan kaki deh. Soalnya berasa banget manfaatnya.

    BalasHapus
  8. Olahraga berarti bisa untuk yang sedang hamil juga yah. Memang olahraga memiliki banyak manfaat untuk siapa saja yang melakukannya

    BalasHapus
  9. Kalo aku mah paling cuma jalan pagi keliling kampung aja... Hehehe itu termasuk olah raga kan ya kak...

    BalasHapus
  10. Waktu hamil aku giat olahraga saat masuk hamil tua. Paling sering jalan santai. Tapi di mol. Dan ini bantu banget kekuatan napas saat lahiran

    BalasHapus
  11. Waktu hamil aku olah raganya kebanyakan jalan keliling deket rumah kak hehe, lebih murah dan mudah aja sih dilakukan.

    BalasHapus
  12. Jadi inget pas hamils elalu diingatkan ibu mertua yang bidan untuk selalu senam hamil, padahal males banget karena berat sama perut hehehe...ternyata memang banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
  13. Baca tulisan ka tika jadi kangen hamil nih.. hayo ka tika tanggung jawab hehe.. bumil memang perlu olahraga, agar kondisi tubuh tetap terjaga dan mudah dalam proses bersalinnya ya ka

    BalasHapus
  14. saya jadi inget waktu hamil dulu. Masih rajin olah raga, karena terbukti bikin badan lebih rileks, dan bagian dari ihtiar bisa lahiran normal

    BalasHapus
  15. Waah banyak juga ya Mba manfaat olahraga bagi ibu hamil, ntar bilangin si dia supaya nanti klo dah hamil supaya bisa tetap berolahraga juga hehehe

    BalasHapus
  16. Gak semua ibu hamil tahu sih mba mengenai olahraga pada masa-masa kehamilan. Padahal ternyata cukup bermanfaat juga bagi si ibu dan bayinya. Biar strong hehe

    BalasHapus
  17. Iya banget pas hamil itu susah tidur, serba salah ya mbak. Bawannya sesak napas deh pasti kalau kehamilan makin membesar. Alhamdulillah olahraga yang tepat bisa bikin badan jadi rileks dan mudah lelap.

    BalasHapus
  18. Benar Mba, ibu hamil harus rajin juga dalam berolahraga. Agar persalinannya nanti lancar dan memiliki bayi yang sehat.

    BalasHapus
  19. tadinya bingung, kok ibu hamil disuruh olahraga.. oala ternyata senam hamil gitu yak, bukan lari-lari keliiling komplek. Oya bener sih kalau mau lahiran katanya sih malah harus banyak jalan ya mba?

    BalasHapus

Pentingnya Asuransi Untuk Mobil Honda Kesayangan Selalu Aman Saat Berkendara

Hello! Readers, pernah gak berpikir seberapa pentingnya asuransi mobil yang selalu kita gunakan beraktivitas?. Kadang pertanyaan ini seri...