Rabu, 15 Agustus 2018

Mengenal Lebih Dekat Makanan Khas dan Budaya Papua Di Papoea By Nature


Nusantara Indonesia memiliki keanekaragaman budaya, adat, tempat wisata dan sosial. Makanan khas juga termasuk didalamnya. Itulah sebabnya dari Sabang sampai Merauke tiap daerah memiliki keunikan yang kuat. Tidak dapat dipungkiri lagi, di Indonesia semakin banyak dibanjiri bisnis kuliner dari berbagai daerah.

Karya Seni Papua yang ada di Papoea By Nature

Seperti Papua kaya akan segalanya termasuk makanan. Sudah pernah mencoba makanan khas Papua?. Jangan menganggap remeh ya, mungkin menurut daerah lain kurang berkesan. Tapi jangan salah, Papua juga memiliki makanan khas yang tidak kalah enak dengan daerah lain. 


Papoea By Nature hadir menyajikan makanan khas Papua dengan berbagai cita rasa dan kreasi yang menarik. Sebelum berkunjung ke Pulau Papua ada baiknya terlebih dahulu mencoba makanan Papua di Papoea By Nature. Supaya tidak kaget dan mogok makan saat traveling ke pulau eksotis ini.


Kebetulan sekali aku dan teman-teman sedang mengunjungi Papoea By Nature yang berada di jalan Pakubuwono VI nomor 77 dibilangan Jakarta Selatan. Pertama masuk aku langsung suka dengan design dan penempatan-penempatan asesoris Papua di dinding dan alunan musik khasnya. 

Add caption


Mengenal Sejarah Papua

Papua adalah sebuah provinsi yang terletak di paling timur Indonesia. Provinsi ini merupakan provinsi yang masih kental kaya akan kesenian dan kebudayaan yang memiliki berbagai suku seperti suku asmat. Papua terkenal dengan masyarakat yang sangat menjunjung tinggi kesenian dan kebudayaan. 

Alat Musik Tradisional Papua. Salah satu alat musik yang paling terkenal dari kawasan Indonesia Timur adalah Tifa. Secara khusus Tifa adalah alat musik yang berasal dari maluku dan papua, bentuknya mirip gendang dan cara memainkannya adalah dengan dipukul.  

Tarian Tradisional Daerah Papua. Masyarakat pantai memiliki berbagai macam budaya tari-tarian yang biasa disebut dengan Yosim Pancar (YOSPAN), yang didalamnya terdapat berbagai macam bentuk gerak seperti Tari Batik.



Pakaian Adat Tradisional Papua. Pakaian adat pria dan wanita di Papua secara fisik mungkin hampir sama bentuknya. Secara keseluruhan memakai baju dan penutup badan bagian bawah dengan model yang sama. Ditambah dengan hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki dan tangan. Bagi laki-laki memegang tombak/panah dan perisai menegaskan adat Papua. 

Rumah Adat Papua. Nama rumah asli Papua adalah Honai yaitu rumah khas asli Papua yang dihuni oleh Suku Dani. Pada umumnya bahan untuk membuat rumah Honai dari kayu dengan dan atapnya berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai mempunyai pintu yang kecil dan tidak berjendela. 


Kebanyakan berkunjung ke tempat berkulit hitam rambut keriting ini tentu membutuhkan budget besar, mengingat letak geografisnya yang kebanyakan berada di pedalaman membuat jangkauan transportasi di Papua sedikit susah. Harapannya Pemerintah memperhatikan pembangunan infrastruktur di Papua supaya objek wisatanya dapat dijangkau banyak kalangan.



Kuliner Makanan Khas Pulau Papua di Papoea By Nature

Papua memiliki daya tarik karena keeksotisan budaya dan objek wisata tak kalah dari spot lain. Sama halnya kuliner, ternyata banyak banget makanan khas Papua yang jarang out showing di publik namun punya cita rasa yang super enak. 


Papeda terbuat dari sagu makanan khas Papua

Papeda
Siapa yang tidak kenal dengan Papeda? Kalau jalan-jalan ke Papua makanan khas ini tidak boleh ketinggalan lho. Papeda adalah makanan khas Papua yang begitu populer dan digemari oleh banyak penduduk kota-kota yang tersebar di pulau Papua. Makanan pokok khas Papua ini merupasan warisan kuliner yang diturunkan dari generasi ke generasi. Makanan ini begitu digemari warga dan bikin penasaran karena tampilannya yang kental dan unik. Papeda terbuat dari bahan dasar tepung sagu sehingga teksturnya kental. Menurut aku paling enak dimakan bersama dengan kuah kare ditambah sambal. Rasanya asem pedas dan nikmat deh.


Fried Rice dengan telur mata sapi, kerupuk ubi dan acar

Fried Rice

Makanan khas Papua ini lumayan nikmat menurut selera lidah aku. Campuran ikan colo dan bumbunya terasa banget. Tidak jauh beda dengan nasi goreng tanpa kecap. Penyajiannya cukup unik telur mata sapi, krupuk ubi ungu, acar dan sedikit sayuran.


Beef Chimichuri

Beef Chimichuri
Makanan Papua juga ada yang ke barat-baratan yang suka makan beef. Untuk tekstur beefnya agak sedikit medium ditambahkan dengan saus chimichuri menjadi ciri khasnya. Menu ini bisa menjadi pilihan tepat buat pecinta daging.


Fish in Banana Leaf
Fish in Banana Leaf
Kebanyakan penduduk jawa menyebutnya ikan kakap pepes. Tekstur rempah dan rasa ikannya pas banget dipadupadankan dengan nasi panas. Kalau aku bisa habis nasi sepiring lho.Tapi keunikan asal timur ini di isajikan dengan nasi merah dan sambal hijau. Pedasnya mantap dan sangat cocok buat pecinta pedas.


Jungle Roast Chicken
Dengar namanya saja sudah sangat unik dan membuat penasaran seperti apa rasa makanan Papua yang satu ini. Terlintas sejenak apakah ayam yang sedang berguling-guling atau masaknya di gulai. Ya, Jungle Roast Chicken diungkep dengan rempah pilihan, disajikan dengan sayur lalapan tak lupa ubi talas dan saus. Rasanya sangat menggoda dan cocok buat penyuka ayam dibumbu.

Menu Papoea By Nature : Jungle Roast Chicken, Fried Sagoo with Red Curry Soup, Papeda, Fried Rice

Fried Sagoo with Red Curry Soup
Aku paling suka dengan Soup Curry disajikan dengan gorengan sagu yang biasa disebut cireng. Rasa rempah dipadu dengan kuah yang gurih ditambahkan sambal makin mantap rasanya. Salah satu kebaikan tepung sagu dalam tubuh memperbaiki elastisitas dan kinerja lambung. Nah, Fried Sagoo with Red Curry Soup sangat cocok buat yang suka gurih.


Oh ya, minuman dan dessert khas Papoea By Nature juga sangat menggugah selera. Sudah tahu dong kopi paling enak itu dari Papua. Cemilannya pun tak kalah enak dan manis rasanya. Aku seh rekomendasi banget buat kamu yang mau wisata kuliner makanan Papua ya di Papoea By Nature.

Cemilan dan Dessert Papoea By Nature

Kue Lontar
Jangan heran dengan Kue Lontar secara keseluruhan sangat mirip dengan pie susu makanan khas Pulau Dewata. Ternyata Papua sudah jauh lebih dulu memiliki makanan khas Kue Lontar ini. Kue lontar merupakan kue khas Papua yang menurut sejarah kedatangannya dibawa oleh orang-orang Belanda pada masa lalu. Pada mulanya kue ini disebut dengan rontart, tapi karena agak sulit dilafalkan maka penduduk Papua akhirnya menyebut kue ini menjadi kue lontar. 

Rasa manis dan lapisan bawahnya sangat menggugah selera yang terbuat dari bahan dasar telur, gula dan susu. Masyarakat Papua biasanya membuat kue lontar ketika hari raya lebaran dan natal. Menurut aku rasakue lontarnya enak banget rasa manisnya pas dan porsinya pas cocok buat cemilan sambil ngopi.


Doghnut Buah Merah
Jika kamu yang belum pernah mencoba buah merah pas banget deh bisa mencoba Doghnut Buah Merah rasanya sangat unik dan ditambah dengan bolu donatnya yang lembut. Cemilan ini enak juga dipadupadankan dengan minuman hangat seperti teh dan kopi. Rasa manisnya pas dan buah merah memiliki sejuta khasiat yang bagus untuk tubuh. 

Fried Canary Banana with Caramel Sauce

Fried Canary Banana with Caramel Sauce

Sebelum mencoba aku rasa Fried Canary Banan with Caramel Sauce seperti pisang sale lho. Eh ternyata tidak. Menurut aku enak manisnya pas dan pisangnya benar-benar matang. 


Nah, sangat menarik bukan semua menu-menu Papoea By Nature. Kalau ingin merasakan cita rasa makanan yang tak biasa, maka sangat wajib untuk mencoba berbagai olahan sagu yang dijadikan menu santapan utama masyarakat Papua. Bagi penyuka beef, ikan laut dan spagethi boleh juga lho makan olahannya di Papoea By Nature yang tak kalah enak dari olahan produk laut di daerah-daerah lain di Indonesia.


Super penasaran dengan makanan khas timur Indonesia mumpung lagi ada DISC 50% ALL ITEMS sampai akhir Agustus. Yuk ajak semua teman, keluarga dan kenalan kamu makan makanan khas Papua di Papoea By Nature. Untuk harga sangat bersahabat dikantong lho dari 15K-169K worthed banget kan.

Papoea by Nature
Open : Tuesday - Sunday from 9am - 9pm
Jl. Pakubuwono VI No.77, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

@papoeabynature

20 komentar:

  1. Belum pernah coba makanan khas papua, kata teman saya yang pernah ke Papua, kalau pergi ke sana serasa sudah bukan di Indonesia

    BalasHapus
  2. Duh kalau dekat mau banget ih mencoba. Belum pernah mencicip makanan khas Papua. Pepeda itu bikin penasaran...

    BalasHapus
  3. Makanan dengan cita rasa otentik tapi tampilan ke kinian ya kak ini

    BalasHapus
  4. Aku taunya cuma papeda kak hahah,, btw pengen nyobain kue lontar deh penasaran sama rasanya.

    BalasHapus
  5. Daku penasaran mau coba Jungle Roast Chicken... Dari judulnya aja kayaknya pedas enak

    BalasHapus
  6. Ternyata Papua mempunyai kekayaan kuliner yang cukup banyak yang saya tahu cuma pada karena sering sekali diliputi di acara di TV

    BalasHapus
  7. Nyam, ternyata Papua gak cuma PApeda yaaaa... banyak juga jenis makanan lain. Dari fotonya menggoda banget semua menunya :D

    BalasHapus
  8. Aku belum pernah tahu dan nyoba makanan papua itu detilnya kayak apa. Jadi tahu deh, rasanya gimana

    BalasHapus
  9. ternyata banyak ya makanan khas papua. AKu dulu cuma makan papeda sama ikan kuah kuning aja udah enak banget!

    BalasHapus
  10. Unik ya keliatannya. Karena sayanya yang nggak biasa. Yang kue lontar itu saya kirain kue dari tanaman lontar. Ternyata bukan ya.

    BalasHapus
  11. Makanannya enak2 semua mesti mampir ini kayaknya next mesti coba

    BalasHapus
  12. Belum pernah coba makanan khas Papua ..liat penampakannya jd penasaran nih :)

    BalasHapus
  13. Nasi gorengnya enak banget, kayak ada rasa nasi bakarnya gitu. Pembuatannya gimana ya?

    BalasHapus
  14. Kalau dilihat, makanan papua itu sehat-sehat ya mba? Rata-rata bahan-bahannya dari alam. Aku penasaran sama Papeda yang terkenal itu. Katanya kalau dimakan sama kuah kuning enak banget.

    BalasHapus
  15. Kalau dilihat, makanan papua itu sehat-sehat ya mba? Rata-rata bahan-bahannya dari alam. Aku penasaran sama Papeda yang terkenal itu. Katanya kalau dimakan sama kuah kuning enak banget.

    BalasHapus
  16. Penasaran sama cita rasa fried sagoo.. Pulaunya eksotis, budayanya unik, so pasti kulinernya pun memantik selera..apalagi harganya jg ramah dgn kantong..cobain ah

    BalasHapus
  17. Keknya tak kalah menarik nih citarasanya, meski saya lahir di papua, tp blm pernah sama sekali yang namanya ngrasain makanan khas papua

    BalasHapus
  18. Saya nih salah satu pemburu kuliner mbak, belum pernah nyobain kuliner khas Papua. Penasaran sama citarasanya. Ntar kapan2 mau dong diajak nguliner ke sana

    BalasHapus
  19. Inovasi baru nih resto. Jarang2 makanan khas papua, jd pengen nyobain, apalagi ikan colo nya. Pengen tau rasanya.

    BalasHapus
  20. Dari semua nama2 makanan yang ada di tulisan ini, saya baru nyoba yg papeda. Padahal dulu lama tinggal di Papua. Xixixi

    BalasHapus

Pentingnya Asuransi Untuk Mobil Honda Kesayangan Selalu Aman Saat Berkendara

Hello! Readers, pernah gak berpikir seberapa pentingnya asuransi mobil yang selalu kita gunakan beraktivitas?. Kadang pertanyaan ini seri...