Selasa, 02 Oktober 2018

Kemeriahan Pawai Obor Asian Para Games 2018 Di Jakarta Memacu Semangat Para Atlet Disabilitas


Pawai Obor Asian Para Games 2018 sangat terasa kemeriahannya. Semua kalangan turut menyambut perhelatan pesta olahraga disabilitas terbesar se-Asia ini mulai anak muda, orangtua dan partisipan. Termasuk saya turut mendukung, bahagia bercampur haru melihat para atlet disabilitas Indonesia penuh semangat walaupun keadaan terbatas. 


Melalui semangat dan keterbatasan mereka, para atlet disabilitas pantas untuk kita perjuangkan sampai akhir pertandingan nanti. Bertempat di Balai Kota Jakarta Pusat (30/9/18), Jakarta sebagai kota terakhir dan titik puncak Pawai Obor yang diadakan setelah di tujuh kota Solo, Ternate, Makassar, Denpasar, Pontianak, Medan, dan Pangkalpinang. Kirab lentera obor akan diterima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berlangsung dengan sukses dan lancar. 

Asian Para Games 2018
Asian Para Games 2018
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membawa Kirab Obor
Pawai Obor Asian Games 2018

Sebagai pendukung olah raga, tentu saya sangat bangga bisa menyaksikan secara langsung Pawai Obor Asian Para Games 2018. Bagaimana tidak bangga?. Moment ini akan tercatat sebagai hari yang bersejarah bagi Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Asian Para Games. 


Pawai Obor Asian Para Games 2018

Pawai Obor Asian Games 2018 turut di hadiri oleh Menteri Pariwisata, Wakapolri, Ketua DPRD DKI Jakarta, Direktur Utama BRI, deretan artis, para atlet disabilitas, rombongan pawai, penari dan media. Meskipun cuaca cerah dan lumayan panas tidak menyulutkan semangat saya untuk mengikuti iringan pawai obor. Semuanya sudah siap memeriahkan dan mengitari rute pawai obor.

Asian Para Games 2018


Arakan obor akan dibawa secara estafet oleh 24 orang dari berbagai kalangan seperti Najwa Shihab, Bambang Pamungkas, Sheryl Sheinafia, Nirina Jubir dan simpatisan sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI). Pawai obor pun berlangsung dengan menggiring orang-orang memenuhi berbagai sisi jalan. 


Adapun rute pawai obor yang akan disertai dengan iringan kendaraan melalui rute Balai Kota DKI - Jalan Medan Merdeka Selatan - Bundaran Hotel lndonesia - Jalan lmam Bonjol - Jalan HOS Cokroaminoto - Jalan H.R. Rasuna Said - Jalan Casablanca - Jalan Dr. Saharjo - Jalan Dr. Soepomo - Jalan Simpang Pancoran - Jalan Gatot Subroto - Gedung DPR/MPR Rl - Putar balik di Simpang Slipi (Jalan Ks. Tubun - Jalan Palmerah Utara) - Jalan Gatot Subroto - Jalan Gerbang Pemuda - Putar Balik - Jalan Gerbang Pemuda - Kemenpora.

Asian Para Games 2018


Suasana pun semakin ramai, bersamaan dengan care free day (CFD) di sepanjang Jalan Sudirman. Ada beberapa akses pintu jalan ditutup dan dialihkan. Namun transjakarta tetap beroperasi seperti sedia kala. Saya sangat salut pada panitia Pawai Obor Asian Para Games 2018 di sepanjang jalan menyediakan air mineral secara gratis baik untuk peserta pawai obor maupun umum. Saya pun turut minum karena lumayan haus berjalan dibawah terik matahari. 


Saya sangat terpana dengan pawai obor ini, semuanya berjalan dengan lancar dan sambutan hangat dari masyarakat. Banyak juga simpatisan menyambut dan menciptakan arakan pawai obor menyenangkan dan meriah dengan menampilkan kreatifitas masing-masing. Tidak bisa saya sebutkan satu per satu begitu bermakna dan melekat di hati.

Asian Para Games 2018


Tidak hanya itu, pada titik terakhir rangkaian kirab obor akan ada Paralympian Festival di lapangan Kemenpora. Ada buzzer makanan dan aneka jajanan, ada panggung hiburan yang akan dimeriahkan oleh teman-teman disabilitas dan perlombaan teman-teman disabilitas sebagai puncak acara dari pawai obor ini. Tapi sayangnya, saya tidak sempat membeli jajanan terutama batagor.



Pencapaian Asian Para Games 2018

Luar biasa Indonesia menggaungkan semangat pesta olahraga disabilitas ke-3 di Asia. Menjadi harapan yang akan di gapai para atlet disabilitas untuk masa depan mereka. Pertanda Obor dinyalakan dengan api abadi diharapkan menjadi simbol dan semangat kemanusiaan khususnya untuk penyandang disabilitas. 

Asian Para Games 2018


Pencapaian Asian Para Games mudah-mudahan menciptakan persahabatan yang rukun dengan negara-negara Asia. Adapun harapan yang akan dicapai dalam Asian Para Games 2018 kontingen Indonesia yang bertanding dapat masuk ke posisi delapan besar. Oleh sebab itu, dalam keadaan apapun mari kita tetap mendukung para atlet disabilitas kita meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.


Selain pawai obor, saya bisa mengatakan perhelatan ini sekaligus pengenalan akan beragam budaya Indonesia dan beberapa budaya Asia. Melalui sejarah ini mari kita buktikan bahwa Indonesia ramah disabilitas. Salah satu buktinya, Pawai Obor Asian Para Games 2018 menjadi tranding topik dunia di media sosial. Seperti saya selalu mengabadikan moment ini dengan kamera smartphone dan meng-uploadnya ke media sosial dengan tagar #AsianParaGames2018.



Jadwal Pertandingan 
Asian Para Games 2018

Indonesia 2018 Asian Para Games atau INAPG 2018 adalah acara multi-olahraga internasional pertama di Asia, yang melibatkan atlet dengan berbagai disabilitas, yang diadakan di Indonesia. 


Mengingat jejak sejarah warisan dan kesuksesan Asian Games pertama di Indonesia pada tahun 1962, kota Jakarta dipilih sebagai lokasi dari multi-event ini pada tahun 2018. Sebelumnya, menjadi lokasi Asian Games 2018 dengan euforia kemeriahannya. Kini Asian Para Games 2018 juga diadakan di Indonesia dengan berbagai kemeriahan.

Asian Para Games 2018
Asian Para Games 2018

Asian Para Games akan dilaksanakan pada 6 Oktober sampai 13 Oktober 2018 nanti. Jumlah negara yang akan berkompetisi di 18 cabang olahraga yang dipertandingkan di kompetisi ini adalah 42 negara. Menurut rencana, ada 2.888 atlet, 1.826 ofisial serta serta 591 media dari berbagai negara. 


Adapun cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Asian Para Games 2018 adalah panahan, para atletik, bocia, bulu tangkis, catur, sepeda, sepeda track, goal ball, judo, lawn balls, para angkat berat, para menembak, para renang, tenpin bowling, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, anggar kursi roda dan tenis kursi roda.

Saya turut meramaikan Pawai Obor Asian Para Games 2018

Pertandingan pun akan dilakukan di berbagai lokasi. Terutama Gelora Bung Karno (GBK) akan menjadi lokasi utama pelaksanaan lomba. Selain GBK, pertandingan akan dilakukan di Velodrome, Ji-EXPO Kemayoran, dan Tanjung Sport Arena serta satu venue pertandingan Paracycling di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Jujur saja, saya semakin penasaran dan tidak sabar lagi untuk menyaksikan Opening Ceremony Asian Para Games 2018 yang akan dilakukan tanggal 6 Oktober 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Karena acara akan dimeriahkan lebih dari 1500 penampil dengan konsep pertunjukan teatrikal dan disiarkan langsung dan live streaming TVRI dan Metro TV.

Opening ceremony nantinya bakal lebih banyak gelaran dan aksi-aksi yang menunjukkan sisi kemanusiaan dan Indonesia yang ramah terhadap disabilitas. Dimeriahkan oleh penyandang disabilitas, siswa sekolah, mahasiswa, serta anggota sanggar tari. Terdapat beberapa fasilitas khusus yang disediakan oleh Inapgoc untuk para penyandang disabilitas. Salah satunya adalah penyediaan area untuk kursi roda di tribun GBK dengan kapasitas 500 kursi roda.


Jangan lupa untuk menyaksikan Opening Ceremony, pertandingan dan sampai Closing Ceremony Asian Para Games 2018. Karena kita Indonesia.

1 komentar:

  1. aku paling berkesan bgt sama closing ceremony nyaa..

    BalasHapus

Nikmati Sushi Enak, Lezat, Fresh, Sehat Dan Halal Hanya Di Baiza Sushi

Hello Readers... Siapa yang suka makan sushi?. Wah, langsung banyak penggemarnya ya. Makanan sushi sudah tidak asing lagi di l...