Kamis, 04 Oktober 2018

Talaga Sampireun Kuliner Makanan Nusantara Enak Dan Nikmat Dengan Suasana Nyaman Di Ancol


Hello Readers...
Berbicara tentang makanan enak, lingkungan asri dan suasana nyaman pasti menyenangkan. Saya dan suami pecinta kuliner apalagi makanan pedas, maklum kami keturunan suku Batak paling senang makan dengan bumbu rempah yang banyak. Kemarin siang saya dan suami penasaran dengan sebuah restoran Talaga Sampireun yang lokasinya di Ancol.


Sunda Makanan Khas
Talaga Sampireun
Talaga Sampireun Ancol

Dengar-dengar di Talaga Sampireun menyajikan menu-menu yang sangat enak dan pedasnya luar biasa. Saya dan suami merasa tertantang untuk mencoba hidangan dan dengan semangat langsung berangkat menuju Talaga Sampireun Ancol. Dengan waktu tempuh 1 jam 15 menit kami pun sampai dan langsung masuk ke dalam restoran. 


Pertama kali masuk Talaga Sampireun, kami disambut dengan alunan gaung Khas Sunda yang sangat menenangkan dan pelayan yang super ramah. Suasana gemercik air juga bersambutan dengan indahnya loncatan ikan di talaga, membuat rasa lapar berkecamuk. Kami pun memilih tempat makan di saungan supaya lebih santai dan menikmati suasana talaga yang panas matahari sudah mulai di pelupuk mata.


Sunda Makanan Khas
Pilih menu makanan yang pedas sambil saling bertatapan

Tanpa menunggu waktu berdetak berganti, kami pun disodori booklet menu. Waiters pun menginformasikan kepada kami makanan apa saja yang paling favorit di Talaga Sampireun. Hampir semua menunya ada tanda rekomended hasil penilaian pengunjung. Sambil melihat dan memilih menu, kami pun melakukan pemesanan mulai dari hidangan pembuka (appetizer), menu utama (main course) dan menu penutup (dessert).


Sunda Makanan Khas
Menu kita yang nikmat di Talaga Sampireun



1. Menu pembuka (appetizer)

Setelah berpanas-panasan di jalanan, pasti butuh banget minuman segar. Nah, pertama kami memesan minuman juice jambu dan juice strowberry buat pelepas dahaga. Kami sangat suka kedua juicenya, manisnya pas dan buahnya terasa. Sampai-sampai seketika habis karena kehausan. 


Sunda Makanan Khas
Sunda Makanan Khas



2. Menu utama (main course) 

--Ikan Bandeng Bakar Sambal Matah
Ikan Bandeng Bakar Sambal Matah salah satu menu favorit dan rekomended banget di Talaga Sampireun yang rasanya lumayan pedas. Setahu saya ikan bandeng biasanya di pepes atau di goreng. Saya dan suami merasa tertantang untuk mencobanya. Meskipun belum pernah memakan ikan bandeng bakar.



Sunda Makanan Khas
Ikan Bandeng Bakar Sambal Matah

Setelah mencoba rasanya luar biasa enak dan pedas. Ikan bandengnya tidak bau amis, dagingnya empuk dan matang, tidak ada tulang duri dalam daging dan perpaduan daging ikan ditambah bumbu bajak dan sambal matahnya meresap sampai ke daging. Nikmatnya makan di Talaga Sampireun, saya jadi penasaran dengan bumbunya. 

Ikan bandeng mengandung banyak gizi dan nutrisi, ikan bandeng juga dipercaya dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pasti belum pernah coba Ikan Bakar Bandeng Sambal Matah kan. 


--Sate Jamur Tiram Sambal Kacang
Jujur banget saya baru pertama sekali memakan Sate Jamur Tiram Sambal Kacang. Menurut saya ini menu yang unik jamur di sate, dilumuri bumbu kacang ditambah dengan taburan bawang goreng dan perasan jeruk nipis membuat rasa semakin segar. Makan Sate Jamur Tiram Sambal Kacang seperti makan daging yang di sate lho.


Sunda Makanan Khas
Sate Jamur Tiram Sambal Kacang

Ternyata jamur sangat banyak manfaatnya bagi tubuh. Jamur adalah tumbuhan yang bisa hidup di alam liar dan juga dibudidayakan ampuh sebagai makanan diet dan mudah diolah. Jamur memang rendah kalori namun kaya akan protein, serat, dan vitamin, serta mineral. Selain itu, jamur juga mengandung antioksidan, selenium dan polisakarida serta vitamin D2 (ergokalsiferol).


--Cah Tauge Ikan Asin
Pasti kenal dong kecambah yang kaya akan manfaatnya. Kami pun memesan Cah Tauge Ikan Asin untuk pelengkap menu makanan sayuran. Ternyata favorit juga Cah Tauge Ikan Asin, memang rasanya enak, ikan asinnya pas ditambah dengan potongan tahu membuat rasa lebih nikmat.


Sunda Makanan Khas
Cah Tauge Ikan Asin nikmat banget

Oh ya, tauge bisa membantu mengurangi berat badan, bisa mencukupi kebutuhan gizi saat sedang diet, vitamin tauge banyak banget, kandungan alkali membantu mencegah penyakit kanker, kandungan enzim pada tauge 100 kali lebih banyak, bisa mencegah kerontokan rambut dan membantu menjaga kesehatan kulit. Kecil-kecil ternyata manfaatnya banyak banget ya. 


--Lalapan Segar
Suami saya sangat senang makan lalapan. Katanya lebih manis dan segar. Kalau saya kadang suka dan tidak. Ternyata di Talaga Sampireun menyediakan lalapan segar dan bersih. Penasaran dengan nikmatnya suami saya melahap lalapan, saya pun mencobanya sedikit. Benar banget rasanya crunchy seperti baru dipetik dari kebun.


Sunda Makanan Khas
Lalapan Segar rasanya crunchy


--Nasi Putih
Nasi putih di Talaga Sampireun legit, pulen dan wangi. Saya dan suami pesan nasi tiga porsi, sangking enak dan nikmatnya makan di Talaga Sampireun.


Sunda Makanan Khas
Nikmat banget semua menunya di Talaga Sampireun


--Teh Tawar Panas
Teh tawar Talaga Sampireun wangi dan berbeda dari teh biasanya. Wangi tehnya sangat khas dan ketika diminum rasanya segar dan enak di tenggorokan.






3. Menu penutup (dessert)

Setelah menikmati juice yang segar dan makanan yang rasanya pedas nikmat, kami pun menikmati sepiring buah segar. Isinya ada buah nenas, semangka, pepaya dan melon lengkap banget ya dessertnya. 


Sunda Makanan Khas
Buah segar empat warna kaya vitamin

Masakan khas Sunda tidak selama manis. Menu pedas pun ada sesuai selera. Oh ya, di Talaga Simpireun ada pemberlakuan pemesaran readers, misalnya kita memesan appetizer, main course dan dessert lebih dari 20 menit belum dihantar pesanan tamu akan dikasih voucher sebagai ganti dispensasi. Wah, enak juga ya jadi kita punya estimasi waktu dalam pemesanan.


Sunda Makanan Khas
Kaki saya dan kamu saling berampingan, unik ya meja lesehannya


Yang paling menarik buat saya adalah meja makan di pondokan. Modelnya sangat unik dan bikin nyaman. Jadi kaki kita bisa memanjang kebawah layaknya makan diatas meja biasa. Biasanya kalau lesehan kaki lumayan kaku, perut tertahan dan kenyangpun kurang nikmat. Nah, keunikan ini yang menjadi salah satu daya tarik saya dan suami untuk betah duduk sambil makan.


Selain itu, padatnya pengunjung di hari weekend, Talaga Sampireun memberlakukan sistem reservasi pondokan sampai 2 jam. Namun bisa lewat tetapi dikenakan biaya charge sesuai dengan request pengunjung. Ada baiknya juga pemberlakuan seperti ini, supaya pengunjung yang lain juga dapat menikmati makanan khas Sunda Talaga Sampireun.


Seru lokasinya bisa sambil kasih ikan makan

Tidak terasa waktu pun sudah sore, saya dan suami masih betah duduk sambil mendengarkan alunan musik. Ditambah perut sudah kenyang dengan nikmatnya kudapan Talaga Sampireun. Pengen rasanya kembali untuk mengulang hari itu. Tapi kami harus pulang.



Talaga Sampireun

Talaga Sampireun berasal dari bahasa Sunda yang berarti tempat singgah di tepi danau. Tempat yang nyaman dengan keunikan nuansa arsitekturnya. Dimana kita dapat mendengar desir angin dan gemercik air yang membisikan ke dalam telinga batin.


Sunda Makanan Khas
Talaga Sampireun

Talaga Sampireun memiliki konsep rumah makan tradisional Sunda dengan skala besar yang memberikan sebuah sensasi kuliner yang eksotis melalui kombinasi citra rasa pedas, gurih, asam dan manis di berbagai menu masakannya. Hidangan istimewa Talaga Sampireun senantiasa menggunakan bahan-bahan pilihan dan berkualitas tinggi yang diolah secara traditional namun menggunakan peralatan yang modern dan sistem pengawasan kerja yang terbaik. Kenikamatan kuliner ini disempurnakan dengan keramah-tamahan pelayanan khas Indonesia hanya bagi kepuasan pengunjung.


Sunda Makanan Khas
Suasana restoran Talaga Sampireun

Nah, bagi kalian yang mau menikmati makanan tradisional khas Sunda boleh banget disini. Mau family gathering, meeting kantor, meetup dengan teman boleh banget. Talaga Sampireun buka dari jam 10.00 WIB - 22.00 WIB dari hari Senin sampai Minggu. Jangan takut, harga makanan per package pun relatif murah dan terjangkau dari Rp 200.000 untuk 2 orang sesuai dengan menu dan banyaknya pesanan. Menikmati musik sambil bersantai boleh banget. Fasilitas pun lumayan lengkap ada wifi, reservasi meja direkomendasikan, ada pondokan, ruangan indoor dan outdoor serta bisa ngebir lho disini. Kami sudah mencobanya, kalian kapan?


Sunda Makanan Khas



18 komentar:

  1. Masakan Sunda juga menggugah selera ya :)

    BalasHapus
  2. Itu ikan bakarnya bikin aku ngeces dah. 200rb bisa untuk dua orang hitungannya enggak terlalu mahal ya, tempatnya nyaman banget ini

    BalasHapus
  3. mba, itu ikan bakar kayangnya wenak banget,

    mana ada makanan kesukaanku cah touge, sukses nih buat jadi pengen kesana,

    BalasHapus
  4. Ikan bakar sambal matah. .Wah sedapnya.
    Sudah pernah makan yang di Yalaga Sampireun Puri dan sukaaa sekali. Sunda bangets menunya, endess tempatnya juga nyaman.
    Wah musti coba juga yang di Ancol nih ❤

    BalasHapus
  5. Menu makanannya menarik minat untuk dicoba, huah, jadi lapar kan daku kak tika..
    btw,Ciee yang lagi honeymoon lagi yaak sekalian 😂😊

    BalasHapus
  6. Aku pikir lokasinya di daerah bogor apa bandung gitu, ternyata di Ancol. Suasananya berasa adem.

    Menunya bikin penasaran semua, apalagi sate jamur tiramnya.

    BalasHapus
  7. ya Allah ini suasananya enak bangeeet mbakk. . makanannya juga pengen nyomot semua akuuu

    BalasHapus
  8. Ikan bandeng bakarnya enak banget itu. Aku jadi pengen icip deh. Hehehe. Lumayan terjangkau ya kalo 200rb udah dapat paket makan komplit kayak gitu.

    BalasHapus
  9. Menunya bikin ngiler. Penasaran sama ikan bakar dan sate jamurnya

    BalasHapus
  10. Foto saling tatap itu yg ngga tahan ehehe...
    Suasana nya yg nyaman dan juga menunya apalagi bikin ngiler.

    BalasHapus
  11. Penasaran sama Sate Jamur Tiram Sambal Kacang, sukses bikin ngiler.
    "Masakan khas Sunda tidak selama manis", maaf mbak tapi masakan khas sunda memang nggak manis. Orang sunda lebih suka gurih dan pedas.

    BalasHapus
  12. Menu-menu di Talaga Sampireun memang enak-enak ya mbak. Aku cocok sama menu-menu yang ada disini, apalagi kalau pas bawa anak bisa sambil ngasih makan ikan juga.

    BalasHapus
  13. Suasananya bikin betah berlama lama ya kak, makanannya juga menggugah selera.

    BalasHapus
  14. Seumur-umur baru sekali saya ke Ancol. Itupun 2012 lalu. Hanya sebentar saja. Lihat ini kok jadi pengen.

    BalasHapus
  15. kak ini gak ada info daftar hargany ya? enak nih tempatnya buat arisan keluarga hihihi

    BalasHapus
  16. ciyee.. senengnya makan berdua.. jadi serasa pacaran lagi ya Kak :) keliatan senyum sumringah menandakan bahagia, kenyang dan puas.. semoga aku juga someday bisa nyobain makan enak di Talaga Sampireun.. Aamiin..

    BalasHapus
  17. Ya ampuun, ini resto ug bikin mupeng belakangan ini. Tempatnya ademm asrii, bikin pengen balik lagi

    BalasHapus
  18. Suasananya nyaman, menunya enak, cocok.banget makan bareng pasangan atau keluarga ya

    BalasHapus