Senin, 05 November 2018

Domus Rumah Permanen Instant Teknologi Tahan Gempa Standar SNI, Bikin Rumah Hanya 5 Hari


Bencana tidak ada yang tahu kapan akan terjadi. Jika kuasa Tuhan berkehendak, kita pun tidak akan pernah bisa menghindari dan menolaknya. Keadaan inilah yang dirasakan oleh saudara-saudari kita terkena bencana alam gempa hingga tsunami yang menghanyutkan pemukiman warga dan segala apa yang dimiliki. Mengisakan tangis dan pilu akan gempa di Lombok, gempa bumi dan tsunami di Palu, Siji, dan Donggala. Kerugian tetaplah kerugian yang dialami korban, terutama kehilangan anggota keluarga dan rumah idaman untuk tempat tinggal. 

Hunian Tetap Tahan Gempa
Domus Hunian Sementara menjadi Hunian Tetap Tahan Gempa


Melalui keadaan para korban, PT. TATALOGAM LESTARI terpanggil untuk ikut membantu rekonstruksi pasca gempa dengan membangun Domus Rumah Permanen Instant HUNTARA menjadi HUNTAP untuk para korban dengan harapan bisa berlindung, berkumpul bersama keluarga. Untuk bangkit kembali melukis harapan kedepannya dengan penuh semangat. Karena hidup tetap berlanjut dan tidak akan pernah kembali.



PT. Tatalogam Lestari
Hadir Untuk Korban Gempa


Beberapa hari yang lalu saya mendapat undangan untuk menghadiri Pameran Produk Baja Ringan di JIEXPO Kemayoran yang acaranya dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Eksibisi Konstruksi Indonesia 2018 resmi dibuka oleh beliau. Sungguh kesan yang indah bertemu dan mendengarkan pidato beliau tentang pembangunan infrastruktur negara kita dengan menghadirkan 10.000 tenaga ahli kontruksi. Rangakaian acara diawali dengan pemberian sertifikasi kepada tenaga ahli kontruksi PT. Tatalogam Lestari. Mereka yang sudah mengerahkan semua tenaga dan ilmu pembangunan infrastruktur di Indonesia khususnya pemukiman warga. Pameran Konstruksi Indonesia berlangsung pada 31 Oktober 2018 – 2 November 2018 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara.

Domus
Domus Bikin Rumah Hanya 5 Hari


Presiden Jokowi mengatakan "Kita harus mengapresisasi kepada semua tenaga ahli konstruksi yang sudah membantu pembangunan infrastruktur negara hingga saat ini. Resiko dilapangan yang dialami para pekerja menyangkut nyawa. Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk membuka keterisoliran, mengurangi biaya logistik sekaligus mempersatukan Indonesia dengan pemerataan sumber daya manusia atas kontribusinya dalam pembangunan agar tercapainya Indonesia maju. Dengan memberikan sertifikasi secara simbolis kepada 8 perwakilan tenaga kerja". 

Joko Widodo
Presiden Jokowi memberikan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Indonesia
Tenaga Kerja Konstruksi
Konstruksi Domus


Kemudian Presiden Jokowi berkeliling area pameran dan mampir ke stand Domus Rumah Permanen Instant, yang bikin rumah hanya dalam waktu 5 hari. Saya pun menyempatkan diri untuk mengambil foto dengan Presiden Jokowi yang memiliki pribadi humble dan low profile. Beliau mengatakan kembali "Dalam 4 tahun ini, kita berkonsentrasi penuh pada infrastruktur, baik dalam pembangunan jalan tol, bandar udara (Bandara), waduk, pelabuhan, jaringan irigasi, dan pembangkit listrik, serta pembangunan pos batas negara. 

Presiden
Penulis selfie dengan Presiden Jokowi yang humble dan ramah


PT. Tatalogam Lestari merupakan perusahaan genteng metal dan rangka baja ringan terbesar di Indonesia menjadi salah satu peserta pameran Construction Indonesia (IC) yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR dan LPJK. Pameran pun hadir sebagai ajang memperkenalkan para arsitek, kontraktor dan konsultan untuk memberikan inovasi berupa solusi praktis bagi korban gempa dengan hadirnya teknologi Domus dan Huntara. 

Baja ringan
PT. Tatalogam Lestari Domus Rumah Permanen Instant


PT. Tatalogam Lestari tercipta pada tahun 1994 karena sebuah mimpi ingin mengganti atap seng gelombang yang mudah berkarat. PT. Tatalogam Lestari memiliki Paten genteng metal dengan Nomor ID0-000-116-S dan Paten untuk atap sirap Nomor 000332-S. Setahu saya menurut ilmu teknologi PT. Tatalogam Lestari sudah memiliki ISO 9000 termasuk predikat berkualitas bagus dengan ISO9001-2015, sertifikasi untuk Quality Management System sejak tahun 2003. Dari prestasinya inilah, terbentuk inovasi revolusioner membangun rumah instant. Saya semakin penasaran dengan kualitas baja dan pembangunan rumah hanya 5 hari ini.



Domus Membangun Rumah Hanya 5 Hari


Semua orang pasti punya harapan dan keinginan untuk memiliki sebuah rumah idaman bagi keluarganya. Rumah idaman dengan design, bahan bangunan dan tipe bangunan yang sudah terencana. Termasuk saya sangat menginginkan rumah idaman, meskipun rumah yang saya tempati sekarang termasuk rumah idaman. Tetapi pingin sekali merenovasinya dengan bahan bangunan yang bagus, terjamin kualitasnya dan tahan gempa. Tapi pernah gak berpikir kalau rumah kita tahan gempa?. Mengingat negara kita belakangan ini sering terjadi gempa.

Domus
Stephanus Koeswandi dan Tenaga Kerja Konstruksi Domus


Saya pun memasuki tempat pameran PT Tatalogam Lestari yang berada di Hall B3 No.650 JIEXPO. Teknologi DOMUS untuk Hunian Sementara (Huntara) menggunakan teknologi sistem standar SNI menghasilkan bangunan rumah yang cepat, kuat, indah dan tahan gempa. Bapak Stephanus Koeswandi selaku Vice Presidential PT. Tatalogam Lestari mengatakan "Material teknologi DOMUS untuk hunian sementara bisa diganti sesuai kemampuan seperti bilik bambu, panel gypsum, triplek, spandek atau bisa memakai terpal. Semua bisa dikerjakan dengan perencanaan yang matang, penggunaan material yang tepat dan teknik pengerjaan yang benar, efektif dan efisien". 

Teknologi Terbaru
PT. Tatalogam Lestari


Teknologi Domus bisa diaplikasikan untuk bangunan rumah tinggal, pasar, ruko, pabrik, gudang dan lain-lain. Dengan komponen struktur dinding memakai kanal U dan rangka atap baja ringan, menjadikan Domus sebagai bangunan permanen yang kuat, indah, dan tahan gempa. Teknologi Domus bukan hanya bisa diaplikasikan untuk bangunan permanen, teknologi ini ternyata sangat tepat diterapkan bagi hunian sementara (Huntara) bagi korban bencana alam. 

DomusDomus


  • Kuat, rangka bangunan ini kolom praktis dan rangka atap, Baja Ringan dari PT Tatalogam Lestari, produsen baja ringan terbesar di Indonesia yang telah memiliki pengalaman selama puluhan tahun dengan reputasi terbaik di Indonesia. Kombinasi dinding bata ringan, genteng metal dan material dan material berkualitas lainnya, menjadikan Domus sebagai bangunan permanen yang kuat dan tahan gempa.
  • Cepat, proses pengerjaan Domus telah melalui perencanaan yang matang, penentuan bahan, pengadaan material, tahap perakitan dan pemasangan, pembagian kerja tukang sesuai keahlian, semuanya dilakukan dengan manajemen waktu yang terukur dan sistematis dan telah terangkum dalam satu Paket Siap Pasang.
  • Hemat, selain hemat biaya bahan karena dapat meminimalisir bahan sisa yang terbuang, sistem ini juga menghemat waktu. Dengan 4 (empat) orang terlatih yang disebut metalman, proses penyiapan lahan, perakitan, pembangunan hingga finishing sebuah rumah Tipe 21 dapat dibangun hanya dengan waktu 5 (lima) hari. Sungguh menarik bukan.
  • Indah, kualitas material, rasa tanggung jawab pada hasil pekerjaan, dan sentuhan artistik dipadukan domus sehingga menghasilkan produk yang indah yang dapat memuaskan konsumen. Tentu bisa memberikan masukan akan keindahan pembangunan rumah kita.

Paket Domus



Domus Membangun dengan Material Berteknologi Baja Ringan


Dengan menggunakan teknologi baja ringan, Domus tentu menggunakan material yang tahan akan gempa. Kita tinggal memesan material yang akan kita gunakan. Nah, khusus untuk membangun hutara ada beberapa konsep beserta dengan materialnya.

Teknologi Konstruksi
Contoh Baja Ringan PT. Tatalogam Lestari

  1. PURLIN merupakan rangka baja galvanis tahan karat yang kokoh sebagai pengganti CNP konvensional cocok untuk aplikasi bangunan sebagai gording maupun girts (dudukan Cladding). Bahan baku Galvanis G450 dan Z18 /Z22 (97% zinc/seng, 1% alumunium dan bahan lain sampai 100%).
  2. SAKURA DX adalah plat baja yang diaplikasi galvanis sesuai standar SNI. Memiliki struktur yang kokoh untuk aplikasi pelat cor lantai sekaligus berfungsi sebagai bekistring dan pengulangan positif satu arah. Digunakan pada bangunan dengan struktur beton cor maupun baja, SAKURA DX dapat dipesan sesuai panjang yang dibutuhkan sangat cocok yang ingin mendapatkan kemudahan dalam mengecor bangunan, perumahan, ruko, mall maupun gedung bertingkat lainnya.
  3. PRAKTIS, berfungsi sebagai pengikat material dinding supaya menjadi stabil. Kolom metal PRAKTIS yang tidak memerlukan perakitan besi beton, bekistring maupun pengecoran. Dapat dirangkai menjadi beberapa kombinasi sesuai posisi maupun kegunaan kolom.

Baja ringan
Teknologi Baja Ringan Membangun Huntap


Paket DOMUS Untuk Rumah Idaman

Untuk rumah idaman Domus tersedia dalam tipe 21, 30, 36 dan 45. Cocok banget bagi yang membutuhkan rumah di daerah perkotaan, urban, perkebunan, pertambangan bahkan yang rawan bencana. Selain tipe, Domus memiliki 3 pilihan paket sesuai kebutuhan. 

1. Paket Rangka
Meliputi rangka praktis, rangka kuda-kuda, rangka plafond, genteng dan Cladding.



2. Paket Putih
Meliputi paket rangka ditambah bata ringan, Foster keramik, kloset + kran jendela dan pintu penutup plafond (gypsum 9 mm), instalasi listrik dan air.



3. Paket Komplit
Meliputi paket putih ditambah plesteran + Aci (bagian luar), acian (bagian dalam) dan pengecatan.


Harga pilihan paket domus pun bervariasi sesuai dengan design dan tipe rumah kita. Semua paket itu tidak termasuk pondasi, septic tank, lampu dan biaya pengiriman. Listrik, air dan lantai kerja disiapkan oleh pemilik bangunan. Teknologi domus ini sangat cocok digunakan di Indonesia. Terutama konsep hutara sangat diperlukan oleh para korban bencana. 


Harga rumah domus


Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang Domus dan segala yang berkaitan dengan usaha membangun sebuah rumah (hunian), silahkan mendownload  aplikasi SIMANTAP dari applikasi playstore. Pada aplikasi si Mantap kita bisa melihat hitungan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah, sesuai dengan paket yang diambil dan luas lahannya dengan aplikasi Roof Calculator. 

Paket Domus


Jadi, pesan dan ketahui harga domus tersebut, melalui aplikasi SIMANTAP. Sedangkan untuk mengukur kebutuhan material bangunan, gunakan aplikasi Roof Calculator. Saya sangat tertarik sekali. bagaimana dengan kalian ada yang tertarik membuat rumah dengan teknologi Domus?




IG : @simantap
FB : Genteng Metal Si Mantap
Twitter : @tatalogam 

5 komentar:

  1. Di surabaya udah ada belum ya...kok jadi pebgen beli saya buat rumah ...hehehe

    BalasHapus
  2. Keren ya teknologi sekarang sampe rumah pun bisa dibuat Macam ini ... Mantaaabbb

    BalasHapus
  3. Kira-kira ini tahan berapa tahun ya?? Lalu kiranya ino karatan nggak secara seperti ini pondasai awalnya

    BalasHapus
  4. Wahhh ketemu pak Jokowi ya kak. Pasti happy banegt tuh. Btw aku pernah denger nih rumah domus katanya emang solusi banget ya kak

    BalasHapus
  5. Wowww..amajing, bikin rumah ga sampe seminggu. Inovasi yg luar biasa. Dgn bahan berkualitas konstruksinya pasti mumpumi ya

    BalasHapus

Grand Wisata Bekasi Memberikan Konsep A New Lifestyle Gateway Dengan Hunian Dan Liburan Menyenangkan

Bekasi sangat sering mendapat julukan "planet luar", "mesti pakai passport", "jauh banget", "tukang ma...