Jumat, 24 Agustus 2018

7 Kegunaan Olahraga Untuk Ibu Hamil Supaya Tetap Sehat Dan Lahiran Lancar


Hidup sehat dan bugar keinginan semua orang dengan olahraga teratur, termasuk olahraga untuk ibu hamil juga sangat penting. Tetapi tidak semua olahraga bisa dilakukan oleh ibu hamil. Supaya bayi tetap sehat dan kuat, sang ibu harus menjaga kesehatan, olahraga cukup, istirahat dan pola makan teratur. 

Olahraga Ibu Hamil
Bahagianya Ibu Hamil dalam keadaan sehat (pic by google)

Berolahraga harus timbul dari niat sendiri. Banyak ibu hamil yang malas berolahraga. Lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk dan tiduran. Kebanyakan tidur dan tidak melakukan aktivitas sangat tidak baik untuk ibu hamil dan bayi. 


Seberapa pentingkah olahraga bagi ibu hamil? Sangat penting sekali dan dampaknya sangat bagus untuk calon bayi. Apa saja kegunaan olahraga bagi ibu hamil? Banyak manfaatnya salah satunya tentunya supaya kehamilan yang sedang dijalani berjalan dengan sehat dan persalinan yang akan di hadapi juga akan berjalan dengan lancar. 


7 Kegunaan Olahraga Untuk Ibu Hamil

1. Mengurangi risiko kegemukan. 
Ibu hamil harus bisa menjaga kestabilan berat badan. Sangat disarankan ibu hamil tidak menambah porsi makan karena sangat berakibat bagi calon bayi. Resikonya, berat badan bayi dalam kandungan akan terus bertambah. Kemungkinan besar sangat susah lahir normal. Jika bayi kegemukan akan sangat lamban dan kurang aktif pergerakannya dalam kandungan.


2. Mengurangi morning sickness.
Masalah morning sickness paling banyak dialami oleh ibu hamil. Morning sickness adalah kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa ibu hamil pada trimester awal kehamilan. Kondisi yang biasanya ini dapat terjadi sepanjang hari gejala mual dan muntah pada pagi hari. Morning sickness tidak terlalu membahayakan ibu dan janin. Kalau morning sickness terlalu berlebihan sampai-sampai si ibu tidak mau makan lebih baik dikonsultasikan kepada dokter perlu dilakukan.

Olahraga Ibu Hamil
Olahraga untuk ibu hamil (pic by google)

3. Melatih otot perut untuk pasca lahiran nanti.
Nah, melatih otot perut untuk persiapan pasca lahiran juga sangat penting. Khususnya persalinan normal sang ibu harus punya tenaga kuat untuk melahirkan bayinya. Khusus olahraga untuk ibu hamil harus tahu bagaimana cara melaksanakannya agar tidak menjadi aktivitas berbahaya. Olahraga untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan dilakukan sesuai dengan arahan dokter atau instruktur olahraga.


4. Melatih pernafasan dan mengurangi rasa tegang.
Kunci utama lahiran normal adalah pernafasan. Dengan olahraga teratur, ibu hamil akan terbiasa melatih pernafasan. Dampaknya proses persalinan akan mudah dan bayi pun sehat. Beberapa dari ibu hamil memiliki rasa tegang saat mau persalinan. Dengan olahraga teratur, rasa ketegangan bisa berangsur hilang dan jadi rileks saat melahirkan.


5. Melepaskan hormon endorfin yang membantu ibu hamil tetap tenang dan bahagia.
Ibu hamil harus selalu tenang dan bahagia. Karena saat tertawa, tubuh ibu hamil akan melepaskan hormon endorfin yang merangsang mood bahagia ke dalam aliran darah. Hormon bahagia ini ikut tersalurkan lewat plasenta dan dapat diterima bayi. Ibu hamil sangat disarankan untuk lebih banyak tertawa dan bahagia untuk mendapat lebih banyak oksigen yang kemudian meningkatkan produksi endorfin. Tubuh pun menjadi lebih rileks dan melancarkan sirkulasi darah.


6. Melancarkan pergerakan bayi dalam kandungan.
Semakin sering olahraga, bayi pun akan sangat aktif pergerakannya dalam kandungan. Perkembangan bayi pun sampai pasca lahiran semakin bagus.


7. Kualitas tidur lebih baik
Kendala susah tidur sangat sering ditemukan dari ibu hamil dengan usia kehamilan semakin besar. Saat mengandung seberat 7 kilogram atau lebih di bagian depan tubuh, untuk menemukan posisi tidur yang nyaman bisa menjadi hal yang berat untuk dilakukan seperti miring kiri dan miring kanan. Akan tetapi, olahraga akan membantu ibu hamil membuang energi dan membuat rasa capek yang sehingga bisa tidur lebih lelap.

Olahraga Untuk Ibu Hamil
Rileks membuat ibu hamil tenang (pic by google)

Bagaimana sangat bagus olahraga bagi ibu hamil? Tentu dengan keadaan ibu hamil sehat akan terlahir bayi yang sehat penerus masa depan keluarga dan bangsa. Dalam berolahraga pun perlu diperhatikan kondisi ibu hamil. Jangan sampai kelelahan dan terlalu capek. 


Nah, harapannya sangat perlu sekali mengedukasi olahraga pada ibu hamil. Supaya ibu hamil terhindar dari masalah persalinan. Karena sehat itu sangat mahal harganya.
Posting Komentar

Film Preman Pensiun Kini Hadir Menghibur Penggemarnya Di Layar Lebar

Bahagia banget rasanya dulu sinetron kesukaan yang seru dan kocak dibuatkan jadi film layar lebar. Drama komedinya yang berhasil membuat ak...