Sabtu, 01 September 2018

Mengabadikan Kehormatan Euforia Asian Games 2018 Dengan Smarphone

Asian Games 2018 adalah perhelatan yang sangat luar biasa bagi kita Indonesia. Sebagai tuan rumah Asian Games, tentu sebuah kehormatan terbesar buat Indonesia berhasil menyita perhatian seluruh negara didunia. Ditambah lagi perolehan kejuaraan Indonesia di Asian Games 2018 sangat membanggakan. Indonesia bertahan di posisi keempat dengan memperoleh 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. 


Asian games 2018 Energy of Asia
Asian Games 2018

Kesempatan luar biasa juga bagi saya bisa menyaksikan pertandingan Atletik Asian games 2018 secara langsung dan menikmatinya sampai selesai. Betul banget euforia menonton langsung sangat terasa ketika kita menontonnya melalu televisi. Memberikan dukungan sama seperti menyalurkan energi positif menambah semangat pada atlit Indonesia. Saya sangat bangga dengan Atlit Indonesia yang menunjukkan prestasi.

Asian Games 2018
Keramaian penonton di stadion GBK

Semua kebanggaan ini terjadi karena dukungan kita semua. Atlet menunjukkan prestasinya melebihi target Presiden RI Joko Widodo dari posisi sepuluh hingga berdiri tegak di posisi empat. Siapa yang tidak bangga dengan prestasi ini. Saya aja terkagum dan terharu melihat kesiapan atlit kita menghadapi perjuangan ini.


Nah, perhelatan Asian Games memiliki banyak spot-spot terbaik untuk foto. Setiap momen pertandingan Cabang Olahraga Atletik Asian Games 2018 saya abadikan dengan menggunakan smatphone Samsung J Series bersama dengan Viva.co.id #1newstainment. Sebelum kami nonton bareng, kami mengikuti Workshop Smartphone Fotografi yang dibawakan oleh Mas Syahrino Putama sebagai Tim Kreatif dari viva media.

Asian games 2018 Energy of Asia
Energy of Asian Games 2018

Kami pun dibekali ilmu untuk bisa menghasilkan foto syantik. Ilmunya sangat bermanfaat banget buat saya sebagai blogger dan penggiat media sosial diajarkan bagaimana teknik pengambilan foto menggunakan smartphone supaya hasilnya syantik dan akan dikenang sepanjang masa.


Mas Rino mengatakan bahwa "Dengan hanya menggunakan smartphone kita bisa menjadi seorang Fotografer profesional dengan modal memahami dan belajar tekniknya.  Mulai dari pengaturan ISO kamera, Shutterspeed dan komposisi beserta fitur-fitur pelengkap lainnya. Teknik cahaya sangat dibutuhkan dalam mengambil foto yang dibantu dengan pengaturan ISO dan Speedshutter. 

Asian games 2018
Euforia dan Keramaian Stadion GBK Asian Games 2018

  1. ISO merupakan pengaturan untuk menentukan tinggi rendahnya cahaya yang diinginkan pada hasil foto atau sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO yang digunakan, maka sensor akan semakin sensitif. Sehingga kamera akan mampu menangkap gambar dengan lebih cerah.
  2. Komposisi sangat disarankan untuk mengunakan Rule of Third. Fitur ini biasanya berupa grid yang ada di tiap kamera HP. Tujuannya agar kita bisa menyesuaikan titik horizontal dan vertikal, serta menentukan titik dimana objek foto akan lebih menonjol. 
  3. Gunakan HDR untuk mendapat foto lebih tajam. HDR menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat jelas. 
  4. Fokus terhadap sebuah objek dapat menghasilkan foto yang bagus. Bisa juga dengan auto fokus membuat efek bokeh pada foto dengan memastikan jarak yang cukup antara objek foto dan latar.


Kami pun diberikan tantangan untuk mengambil foto dengan berbagai tema sambil mengaplikasikan ilmu smartphone fotografi dari Mas Rino. Semua blogger sangat antusias mempraktekkan ilmu fotografi tersebut. Termasuk saya sangat semangat sehingga menghasilkan angle foto sesuai tema.

Asian games 2018
Tema Keadaan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Asian Games 2018
Asian games 2018
Stadion Gelora Bung Karno Pertandingan Atletik Asian Games 2018

  1. Tema Merah Putih. Melambangkan negara kita Indonesia bahagia sebagai tuan rumah Asian games 2018.
  2. Tema Euforia. Kemeriahan penonton saat mendukung para Atlit dalam bertanding.
  3. Tema foto bersama Atlit. Menciptakan keharmonisan dengan para Atlit.
  4. Tema Selfie. Tidak ketinggalan untuk mengabadikan foto selfie Asian games 2018.
  5. Tema keramaian stadion Gelora Bung Karno (GBK). Menunjukkan keramaian dan keadaan berbagai vanue Asian games 2018.
Asian games 2018 Energy of Asia
Tema Selfie dengan Atletik Asian Games 2018


Nah,  semua tema foto diambil menggunakan smartphone dan hasilnya sangat bagus dan luar biasa. Berkat bekal ilmu smartphne fotografi oleh Mas Rino, saya jadi semakin senang jepret sana jepret sini sambil menikmati suasana Asian Games 2018 sepanjang perjalanan ke Gelora Bung Karno.

Asian games 2018 Energy of Asia
Tema Euforia Asian Games 2018

Buat kalian yang menonton Asian Games 2018 jangan lupa mengabadikannya dengan smartphone belum tentu tahun-tahun mendatang akan diadakan di Indonesia. So, nikmati moment bahagia Asian Games 2018.
Posting Komentar

Film Preman Pensiun Kini Hadir Menghibur Penggemarnya Di Layar Lebar

Bahagia banget rasanya dulu sinetron kesukaan yang seru dan kocak dibuatkan jadi film layar lebar. Drama komedinya yang berhasil membuat ak...