Rabu, 10 Oktober 2018

Cek Masa Subur Untuk Merencanakan Kehamilan Dengan Sensitif Ovutest Lebih Akurat


Memiliki anak setelah menikah adalah impian pasangan suami istri. Pelengkap rumah tangga adalah anak yang membawa rejeki serta kebahagiaan. Ada yang cepat hamil dan ada yang memiliki proses yang lama. Tetapi tidak semudah yang kita pikirkan. Saya dan suami sudah menikah selama 5 tahun. Sampai saat ini kami belum dikaruniai anak yang sudah kami nanti-nantikan sejak lama. Kami pun sudah bolak balik periksa dan sudah banyak ganti dokter, berobat kesana kemari bahkan pulang kampung untuk mengurut dan lain sebagainya. Tapi tak kunjung juga.

Masa Subur
Suami dan Saya menikmati waktu bersama

Singkat cerita, beberapa tahun sebelumnya, saya sudah dua kali pendarahan yang mengakibatkan keguguran. Mungkin belum rejeki kami untuk merawatnya. Belakangan ini kami juga sangat jarang kontrol ke dokter. Sebenarnya suami saya memiliki sperma encer bahkan setiap kali berhubungan selalu keluar terbuang. Terus suami saya memiliki penyakit diabetes, asam urat, kolesterol dan perokok berat yang sampai saat ini sedang kami benahi satu per satu. Memang benar adanya Anugerah itu hanya milik Tuhan semata.




Mengenali Masa Subur


Belakangan ini rutinitas berhubungan saya dan suami menurun drastis. Jauh dari minimal 3 kali seminggu. Ternyata salah, seharusnya dilakukan secara rutin dengan memperhatikan masa subur. Nah, melalui perhitungan masa subur atau ovulasi, kita dapat mengetahui kapan sel telur siap dibuahi oleh sperma. 


"Masa subur adalah suatu masa dalam siklus menstruasi wanita dimana terdapat sel telur yang matang yang siap dibuahi, sehingga bila wanita melakukan hubungan seksual maka dimungkinkan terjadi kehamilan".

Masa Subur
Merencanakan kehamilan sangat penting untuk kesehatan janin

Rasa penasaran saya tentang masa subur dan perhitungan masa subur yang benar terjawab sudah. Setelah Tabloid Bintang mengadakan "Blogger Gathering" 06 Oktober 2018 kemarin yang bertajuk “Sensitif Journey with Ovutest, Sebuah Perjalanan Menuju Kehamilan” bertempat di Ocha Bella Jakarta. Menghadirkan nara sumber Dr. Huthia Andriyana, SpOG dari RSU Bunda Margonda dan Klinis Fertilitas-IVF, Anita Winata selaku Product Manager Sensitif PT. Danpac Pharma dan bintang tamu Chacha Frederica.


Jujur sekali tema ini sangat penting dan berharga sekali buat saya untuk selalu berpikiran positif "Saya pasti bisa hamil" dengan ikhtiar, doa dan usaha.


Masa Subur
Saya yakin bahwa "Saya Bisa Hamil"


Dr. Huthia Andriyana, SpOG memaparkan bahwa wanita memiliki 2 jenis hormon yang sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuh dan organ reproduksi. Hormon yang terdapat pada wanita adalah hormon estrogen dan progesteron yang sangat berpengaruh pada siklus menstruasi yang memiliki peranan dalam penentuan masa subur. 




Dalam menentukan dan merencanakan kehamilan tentu melakukan pengecekan masa subur. Setiap bulan wanita akan mengalami masa subur yang ditandai setelah selesai masa menstruasi. Perhitungan masa subur seorang wanita berdasarkan ovulasi yang terjadi pada hari ke-14 dari menstruasi berikutnya. Kenapa demikian?. Sel sperma hanya dapat hidup selama 48 jam setelah ejakulasi. Sel telur akan bergerak menuju rahim sekitar 2-4 hari. Kemudian sel telur akan menempel pada dinding rahim.  Sesudah masuk dalam indung telur dapat bertahan hidup dalam waktu 24 jam setelah ovulasi. Oleh sebab itu, melakukan hubungan intim saat terjadi ovulasi, akan membuahkan kehamilan. 



Dr. Huthia Andriyana, SpOG mengatakan cek masa subur dengan tepat


"Ovulasi merupakan proses yang terjadi di dalam siklus menstruasi wanita. Pada proses ini folikel yang matang akan pecah dan mengeluarkan sel telur ke tuba falopi untuk dibuahi. Pada tahapan ini lapisan rahim telah menebal untuk mempersiapkan sel telur yang telah dibuahi". 

Saya terkadang masih bingung menentukan masa subur dan bagaimana dapat mengetahui kalau hari itu sedang masa subur. Dr. Huthia mengatakan bahwa pada masa haid, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut, peristiwa ini disebut ovulasi. Umumnya, ovulasi terjadi sekitar 12–14 hari sebelum hari pertama haid selanjutnya akan ditandai dengan :
1. Perubahan suhu tubuh basal.
2. Perubahan sekresi lendir leher lahir (serviks).
3. Indikator minor seperti nyeri perut, perubahan payudara.

Masa Subur
Sensitif Ovutest cek masa subur paling akurat dan mudah



Mempersiapkan Masa Kehamilan

Masa subur juga ditentukan teraturnya masa haid kita, tidak terlalu maju atau tidak terlalu mundur serta tidak teratur setiap bulannya. Karena itu sangat penting buat para wanita mengetahui kapan masa suburnya dan memiliki kalender ovulasi. Jadi kita bisa dengan tepat mengetahui masa subur.




Nah, dalam mempersiapkan kehamilan juga sangat perlu asupan gizi dan asam folat untuk meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma dan sel telur. Sebaiknya dipersiapkan 3 bulan sebelum proses kehamilan terjadi. Supaya kromosom hasilnya bagus dan tumbuh dengan baik.

Masa Subur
Wanita harus tahu masa subur dan menjadwalkan perencanaan kehamilan


Dr. Huthia juga membagikan tips cara cepat hamil dengan memulai gaya hidup sehat.

  1. Konsultasi dengan dokter kandungan bersama pasangan 
  2. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat
  3. Menjaga kualitas dan kuantitas sperma, sehingga mudah untuk membuahi sel telur dengan tidak merokok.
  4. Cari tahu kira-kira kapan ovulasi (pelepasan sel telur) terjadi
  5. Melakukan hubungan seksual secara teratur
  6. Hindari stres, lakukan dengan santai dan tenang



Acara pun semakin seru ditambah sharing dari wonder mom Chacha Frederica setelah menjadi seorang istri dan ibu. Setelah menikah, dengan rasa tidak sabar menunggu artis cantik ini langsung datang ke dokter kandungan. Karena keingintahuan Chacha apakah sudah hamil atau tidak, tentu sangat menantikan kehadiran sang buah hati. 

Kehamilan dan Masa Subur
Chacha Frederica sharing keharmonisan rumah tangga


Chacha juga berbagi tips bagaimana meningkatkan kemesraan dan keharmonisan rumah tangga. Khususnya menaikkan hormon suami dengan memuji kehebatan dan tanggungjawabnya. Kemudian bagaimana cara suami memanjakan istrinya baik itu membelikan sesuatu yang berharga. Wanita harus bisa membuat nyaman suami, supaya disayang suami.



Ovutest Cek Masa Subur Paling Akurat

Masih banyak wanita diluaran sana yang belum terlalu paham cara menghitung masa subur dengan baik dan tepat. Padahal era sekarang sudah banyak fasilitas pendukung pengecekan masa subur. Salah satunya menggunakan ovutest.

Masa Subur
Sensitif Ovutest Scope paling akurat cek masa subur


Ovutest Scope adalah alat uji masa subur pada wanita dengan mengukur kadar LH pada urine yang dapat mendeteksi secara cepat, tepat dan terpercaya. Ovutest membuktikan keakuratannya dengan bereaksi berubah warna atau memunculkan tanda satu hari sebelum masa subur. Ibu Anita Winata selaku Product Manager Sensitif PT. Danpac Pharma mengatakan bahwa "Ovutest mendeteksi adanya peningkatan hormon yang terjadi sebelum ovulasi. Penting diketahui bahwa LH surge terjadi biasanya pada pagi hari. Hormon LH dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis ke dalam darah dan baru akan terdeteksi dalam urin beberapa jam kemudian. Pemeriksaan dapat dimulai 3 hari sebelum waktu perkiraan ovulasi".

Cek Masa Subur Akurat
Ibu Anita Winata gunakan Ovutest untuk cek masa subur dan kehamilan

Kini ada Ovutest Scope cara baru untuk menentukan dan menghitung masa subur wanita. Ovutest Scope merupakan alat uji tes masa subur yang sangat praktis, cepat, aman dan hasil akurat hingga 98 %,membantu para wanita untuk merencanakan atau menunda kehamilan. Alat ini bekerja dengan sangat efektif dan tidak memerlukan waktu cukup lama untuk mengetahui hasil dari uji coba jika anda ingin mengetahui masa subur.

Sensitif Cek Masa Subur


Alat Uji Masa Subur dari Sensitif yang pertama sekali hadir di Indonesia, hanya dengan Air Liur, membantu wanita untuk mempermudah dalam menghitung masa subur dari ovulasi yang terjadi setelah sel telur dan sel sperma bertemu untuk membuahi sel telur yang memungkinkan terjadinya kehamilan, atau bagi anda yang ingin merencanakan atau menunda kehamilan hingga jangka waktu yang anda inginkan.

Masa Subur
Ovutest sudah tersedia dalam kemasan digital


Keunggulan Ovutest sebagai alat paling akurat dalam mengecek masa subur

  1. Ovutest Scope merupakan alat uji masa subur wanita paling akurat pertama di Indonesia.
  2. Bekerja cepat dan Praktis hanya dengan Air liur, hasil dapat diketahui dalam waktu yang cukup singkat (5 menit).
  3. Hasil 98 % lebih akurat.
  4. Dapat digunakan berulang kali.
  5. Membantu merencanakan kehamilan dan jenis kelamin bayi.
  6. Membantu para wanita yang ingin merencanakan kehamilan dan atau menunda kehamilan.
Cek Masa Subur dan Kehamilan
Cek Masa Subur dan Kehamilan


Nah, Ovutest sangat membantu sekali terutama perencanaan kehamilan yang lebih akurat. Sehingga saya dengan mudah mengetahui masa subur. Mudah-mudahan segera di berikan Tuhan buat saya dan teman-teman yang sedang merencanakan kehamilan. Amin


Tidak terasa sharing dengan nara sumber pun berakhir, padahal masih pengen sekali mendengarkan lebih panjang pengalaman mereka dalam program kehamilan.


Pasti teman-teman punya cerita perencanaan dan perjuangannya menuju kehamilan. Baik yang mudah sekali hamil atau kasusnya sama seperti saya yang masih menunggu anugerah dari Tuhan sambil berusaha. Boleh dong sharing pengalaman teman-teman hal apa saja yang dirasakan mempersiapkan kehamilan. Siapa tahu sharingnya bisa di terapkan dalam persiapan kehamilan saya.


26 komentar:

Nurul Dwi Larasati mengatakan...

Kehamilan itu bagai tebak tebak buah manggis. Nggak bisa diprediksi kapan rahim itu akan diisi oleh mahluk mungil ciptaan Tuhan. Kalau saya Alhamdulillah diberi kemudahan mendapatkan momongan. Dalam waktu 6 tahun, 2 anak laki-laki melengkapi keluarga kami.semoga mba Tika disegerakan hamil dan menimang buah hati.

Helena Myfoottrip mengatakan...

Bun Tika, pakai Ovutest Scope nih lebih mudah dan bisa berulang kali dipakai. Dulu aku pakai ini waktu masih pengantin muda. Hehehe. Semoga ikhtiar bun Tika terkabul yaa agar segera hamil dengan cara alami.

Amanda Desty Yunistyani mengatakan...

seru sekali hadir di acara seperti ini dan aku juga senang bgt bacanya karena bisa nambah2 pengetahuan juga dalam perencanaan kehamilan. mudah mudahan mbak Tika disegerakan kehamilannya ya mbak.

cendekia channel1 mengatakan...

cadass alat tes masa kesuburan kian digital, memudahkan dan menjamin akurasi hampir 100 % dalam menghitung masa kesuburan ya dek.

Okti Li mengatakan...

Saya sudah mau 4 tahun ini menunggu kehamilan juga. Yah mungkin belum saatnya. Selama ini saya hanya berdoa dan berusaha saja. Tapi ternyata ada cara lain untuk kita berikhtiar. Dengan alat ovutest ini semoga bisa memastikan kapan masa subur dan semoga masa itu kehamilan yang didambakan bisa terjadi. Amin...

Btw beli ovutest dimana ya Mbak Tika? Dan harganya sekitar berapa ya?

dony prayudi mengatakan...

Sahabat ibu ibu banget nih. Bisa mempersiapkan diri sebik mungkin untuk hamil. jadi selain kedokter juga bisa mengecek dirumah. sungguh menyenangkan dan gampang dipakai

Uci mengatakan...

Aku masih bingung kalau hitung masa subur pakai kalender, Alat tes kesuburannya lengkap ya, semoga ini bisa menjadikan ikhtiarku tuk bisa hamil.

fenni bungsu mengatakan...

Ikhtiar untuk merencanakan kehamilan sekarang banyak kemudahan. Semoga Kak Tika disegerakan oleh-NYA dan sehat selalu

Gita Siwi mengatakan...

Semoga cepat punya momongan ya kak Tik dengan sharing ini banyak juga informasi yang akan di dapat teman teman.

Yurmawita mengatakan...

Ohh baru tau deh ada alat begini, gak perlu pake kontrasepsi jadinya ya mba, di kotaku udah ada belum ya?

fillyawie mengatakan...

Hai mbak Tika, sepertinya saya bisa memahami betul apa yang mbak rasakan. Saya juga belum dikarunia keturunan, dengan kasus 4x keguguran selama 10 tahun menikah. Saat ini saya sedang menjalani program bayi tabung.
Anak memang rezeki dari Yang Maha Kuasa ya Mbak, yang bisa kita lakukan cuma berusaha dan berdoa.
Sekarang udah makin banyak alat tempur untuk program kehamilan ya mbak. Bagus nih ada alat ovutest, nggak perlu pakai hitungan masa subur lagi ya. Cukup pakai ini, masa subur nggak akan meleset lagi deh. Hajarrrr bleh 😁😁

Annafi mengatakan...

Saya juga belum paham dengan menghitung masa subur, apalagi haid saya tidak terjadwal. Makasih banyak mba infonya, sangat berguna buat aku yg belum berkeluarga, jadi bekal yg berfaedah ^^

Tian lustiana mengatakan...

Wah ini cocok banget buat saya yang buta cara menghitung masa subur.

Juliastri Sn mengatakan...

Yup, penting banget mengetahui kapan masa subur wanita. Beruntung sekarang ada alat pendeteksinya ya..

Rani Yulianty mengatakan...

JAid inget masa-masa menunggu kehamilan, pasti selal siapkan testpack kalau telat haid, kalau pakai ovutest pasti lebih akurat ya mempersiapkan kehamilan pada masa subur

Hanni Handayani mengatakan...

fitur yg OVUTEST scope nya keren ya, saya baru tau malahan. Bikin mudah buat para pasangan yang sedang program promil

Ida Tahmidah mengatakan...

Sebetulnya masa subur bisa dihitung tapi kalau ada alat yg akurat seperti ini memudahkan sekali ya :)

Dzulkhulaifah mengatakan...

Ovutest ini solusi banget ya untuk perempuan yang masih bingung kapan sih masa suburnya? Sudah gitu cuma pakai aor liur aja ngetesnya dan bisa pakai berulang kali jadi hemat biaya. Buat yang sudah punya banyak anak tentu berguna juga dong ya buat menunda kehamilan kalau gak KB.

Akmal Farabi mengatakan...

Artikel yang informatif nih, bagus buat dibaca kaum hawa..

Milda Ini mengatakan...

Boleh noh nanti kukasih ama ponakan yang baru nikah. Bingung mau uji kehamilan di rumah pake apa. Kalo aku dulu stok banyak saking pengen hamil, hehehe

Sara Neyrhiza mengatakan...

aku penasaran banget sama ovutest ini..kemarin coba nyari di apotik tetapi belum dapet

Adriana Dian mengatakan...

Perencanaan kehamilan memang lebih mudah menggunakan Sensitif Ovutest ini ya mbaaaak.. Suka banget deh sama inovasi terbaru dari Sensitif <3

Ria Buchari mengatakan...

Tika hayo semangat, semoga cpt diberi kepercayaan ya utk dpt momongan yg penting usaha terus kan ada ovOvute

Andiyani Achmad mengatakan...

aku pun masih bingung mba kapan ya masa subur aku hahahhaha.. semoga dengan adanya produk Sensitif Ovutest dan info dari tulisan mba ini bisa bikin aku ga bingung lagi nentuin kapan masa subur heheh

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Pas aku pengen hamil butuh waktu lama banget, setelah keguguran 2 kali, dan 2 tahun menanti akhirnya memiliki juga

Vita Pusvitasari mengatakan...

Wah adikku yang berhasil nentuin masa subur pakai ovutest ini, kalau aku belum berhasil hamil sampai jelang 10 tahun pernikahan, dari konsul ke dokter kandungan sampai dokter kandungan subspesialis infertilitas, dari pijat refleksi, akupuntur, akupresur dan bekam juga pijat perut pernah juga, dari segala suplemen kesuburan, kurma muda, buah zuriat, serbuk kurma, klorofil, glukogen ,gamat sampai herbal dari klinik pasutri yang ternama di bintaro suka nongol di tv dijabanin, belum berhasil juga, dan sudah pernah aku di HSG, SIS dan cek hormon bahkan suamiku juga pernah cek sperma biasa sampai ke andrologi, dan kami termasuk kategori unexplain infertility, jadi secara hasil cek kami berdua bisa hamil alami, cuma mengingat usia kami yang aku udah mau 37thn dan suamiku 39thn disarankan dokter untuk mencoba inseminasi, kami sudah mencoba sekali di 2016 tapi belum berhasil, ketika sekarang mau mencoba lagi inseminasi dan bayi tabung kendalanya adalah di dananya hehehe

Koki-Koki Cilik 2, Film Keluarga Mengedukasi Anak

Anak adalah kebanggaan dari setiap orangtua. Setiap prestasi yang dilakukan anak patut dihargai oleh orangtua. Setidaknya memberikan reward...