Minggu, 09 Desember 2018

AIA Indonesia Ciptakan Healthy Living Day Dengan Berolahraga Dan Menjaga Pola Makan Untuk Hidup Sehat


Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Saya sangat setuju dengan ungkapan ini. Tapi saya masih terkadang lalai dalam menjalankan hidup sehat. Terutama dalam berolahraga untuk mendapatkan kesehatan lebih prima. Kalau dihitung-hitung dalam seminggu aktivitas olahraga saya bisa 2-3 kali sehari. Tergantung waktu luang yang saya miliki. Tapi senangnya saat hari libur sabtu dan minggu bisa sambil CFD (care free day) yang menyediakan fasilitas zumba dan senam saya pasti langsung ikutan. 

AIA Healthy Living Day
Kami wanita sehat dan berolahraga AIA Healthy Living Day

Tapi habis olahraga terkadang saya tergiur dengan makan dan jajanan enak di CFD. Ujung-ujungnya saya beli deh. Yang ada malah pola makan sehat pun terganggu. Mungkin bukan hanya saya yang seperti ini tetapi masih banyak masyarakat kita sudah tidak melakukan olahraga tetapi konsumtif dengan makanan dan jajanan.


Seharusnya dibarengi olahraga rutin dan asupan makanan sehat harus dijaga. Kebanyakan masyarakat kita menganggap olahraga itu hanya buang-buang waktu saja, capek dan kurang waktu. Padahal dengan olahraga rutin bisa membuat badan segar bugar, tidak mudah sakit dan imunitas tubuh meningkat. 


AIA Healthy Living Day
AIA Healthy Living Day


Kesempatan yang luar biasa, saya menghadiri acara tentang kesehatan yang bertajuk "AIA Healthy Living Day" pada Kamis tanggal 6 Desember 2018 kemarin. Bertempat di Elite Club Kuningan menghadiri acara #HealthyLivingDay yang diselenggarakan oleh #AIAIndonesia dalam rangka agar tingkat kepuasaan kesehatan masyarakat meningkat. Suasana acara pun semakin seru dan ramai karena peserta hadir dari berbagai kalangan. 


Tingkat kesehatan Indonesia didapatkan dari hasil riset AIA Living Index 2018 tingkat kepuasan masyarakat di Asia turun dari 84% di 2016 menjadi 81% di 2018, padahal gaya hidup sehat meningkat 0.3 di 2018. Nah, AIA Healthy Living Index 2018, survei dilakukan di 16 negara, 11.000 responden usia di atas 18 tahun, termasuk 750 koresponden Indonesia, diantaranya dari negara Australia, Filifina, Singapura, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Metode survei yang dilakukan dalam 3 cara yaitu wawancara online, face to face dan komunikasi melalui tekepon. Hal ini membuktikan bahwa masih banyak gaya hidup masyarakat kita yang tidak mencerminkan kesehatan. 

AIA Healthy Living Day
Penulis Tika Samosir peserta AIA Healthy Living Day


Olahraga sejatinya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Sekarang sudah banyak sarana dan tempat untuk meningkatkan daya minta kita untuk berolahraga. Karena olahraga salah satu kontributor utama terhadap hidup sehat sampai saat ini hanya 52% dijalankan masyarakat. Termasuk saya lebih baik mengkonsumsi buah, sayur dan makanan sehat dibandingkan dengan membayar biaya sakit nominal yang cukup besar. 


Dengan pola makan 2 kali sehari pagi dan siang. Untuk malam saya lebih suka mengkonsumsi buah-buahan bisa diselingi dengan minum susu dan juice.

Kathryn Monika Parapak selaku Head of Brand and Communication PT AIA Financial


Menurut Ibu Kathryn Monika Parapak selaku Head of Brand and Communication PT AIA Financial AIA Healthy Level Index melakukan riset di Asia Pasifik untuk mengetahui pandangan masyarakat mengenai kesehatan dan harapan mereka untuk hidup yang lebih baik. Dengan mengadakan survei pemahaman tentang tren kesehatan. Survei AIA Healthy Living Day untuk dasar pendekatan pengembangan produk dan layanan #AIAIndonesia serta berbagai inisiatif agar masyarakat termotivasi untuk menjalankan pola hidup sehat. 



#HealthyLivingDay perlu dilakukan dengan pentingnya medical check-up, untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi penyakit sejak dini. Ya hanya saja kesadaran masyarakat melakukan medical check-up dengan berbagai alasan biayanya mahal, takut ketahuan penyakitnya dan merasa selalu sehat. 


Kalau aku sih sesekali melakukan medical check-up, karena sedang program hamil. Karena sangat penting untuk kesehatan saya suami mempersiapkan diri dan kesehatan program hamil kami. Kami juga menikmati layanan asuransi yang mendukung program kesehatan.


Dengan medical check-up kita bisa mengetahui sesehat apa tubuh kita dan penyakit apa saja. Kan jauh lebih cepat kita mengetahui penyakit kritis seperti jantung dan kanker yang dikenal dengan silent killer. Kalau di tempat saya bilangnya ini penyakit orang kaya karena mahal biaya pengobatannya. 


dr. Raissa E. Djuanda M. Gizi, Sp.GK selaku ahli gizi


Hadir juga dr. Raissa E. Djuanda M. Gizi, Sp.GK selaku ahli gizi mengatakan bahwa "Hasil survei AIA Healthy Living Index 2018 berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018 meningkatnya prevelensi penyakit tidak menular. Sebetulnya tak sulit konsumsi makan makanan sehat, hanya cukup perbanyak konsumsi sayur dan buah serta membatasi makanan kemasan dan ada pengawetnya. Terutama menghindari dan mengurangi GGL/Gula Garam Lemak, setidaknya sayur dan buah dikonsumsi 400gr per hari, dan 30% dari total asupan energi untuk asupan total lemak.


Dengan diet yang seimbang dan rutin berolahraga dapat membantu mengurangi resiko obesitas atau kelebihan berat badan, kanker, penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi. 


Acara pun semakin seru dengan munculnya banyak pertanyaan seputar kesehatan dan bagaimana cara kita penjaga keseimbangan olahraga dan pola makan yang dianjurkan sesuai index kesehatan. Dalam akhir acara nanti peserta talkshow akan diajak olahraga sehat bugar zumba yang dibawakan oleh instruktur zumba yang sangat energik. Jadi tidak sabar nih ikutan zumba.

Laila Munaf selaku Instruktur zumba dan Owner Sana Studio


Menurut Laila Munaf selaku instruktur zumba dan Owner Sana Studio olahraga itu bukan perkara badan kurus ataupun gemuk. Namun bagaimana membuat hidup dan jiwa kita lebih berkualitas kesehatannya. mau badan kurus dan gemuk bukan menhamin kesehatan lho. Tetapi dengan berolahraga diperlukan niat dan konsistensi bisa juga role models yang membuat kita tertarik untuk berolahraga.


Didukung dengan lengkapnya sarana olahraga yang sudah menyebar dimana saja mampu menumbuhkan niat kita untuk berolahraga dan semakin berlomba-lomba untuk hidup sehat. Tentu menikmati hidup yang berkualitas. Keinginan dan kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dengan aktif dan rutin olahraga itu penting. 

AIA Healthy Living Day
Aksi gerakan Olahraga para narasumber


Seperti aku yang selalu beraktivitas setiap hari, akses ke tempat tujuan butuh effort yang tinggi. Sambil kejar-kejar bis umum atau commuter line sudah konsumsi saya setiap hari. Belum lagi kalau harus berdiri karena padatnya transportasi umum jabodetabek. Ya hitung-hitung olahraga kan lumayan membakar lemak. 


Akhirnya zumba pun dimulai. Asli baru cuma pemanasan di tahap pertama saja, keringat saya sudah berpeluh. Pertanda masih sehat ya. Selain asik dan seru bersama-sama peserta talkshow lainnya, langsung di coaching instruktur Mba Laila Munaf. Selesai zumba badan pun segar dan rileks rasanya. Saya jadi ketagihan nih mau zumba bareng-bareng lagi di lain waktu. 


Untuk merespon kondisi kesehatan masyarakat saat ini #AIAIndonesia secara konsisten berupaya untuk membuat perubahan dengan menyediakan produk proteksi dan rencana keuangan jangka panjang, juga aktif menyerukan gaya hidup sehat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 




Desember ini salah satu program AIA menggelar kompetisi nasional AIA Championship for women sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap pemberdayaan perempuan dalam olahraga sepak bola untuk negeri. Sepakbola perempuan ini agar mengembangkan potensi perempuan yang minat sepak bola dan mendonasikan 10.000 bola untuk anak-anak Indonesia.


mari kita ciptakan kesehatan pangkal kaya. Supaya hidup kita semakin berkualitas dan bahagia dalam segala masa kehidupan. Usahakan selalu olahraga dan menjaga pola makan ya. Agar lebih healtier, longer, and better lives. 

Instagram @aiaindonesia
Facebook https://www.facebook.com/AIAIndonesia/

Tidak ada komentar:

Domus Revo Teknologi Baja Ringan Bangun Rumah Hanya 5 Hari

Domus, Tata Logam - Rumah atau tempat tinggal adalah tempat terbentuknya keluarga harmonis. Dibawah atap persegi empat ini tercipta si...