Kamis, 20 Desember 2018

Dampak Positif Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pada Event Annual Meetings World Bank IMF 2018


Bangga memiliki negara yang meraih banyak prestasi di tahun 2018. Salah satunya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018, semua altet meraih prestasi luar biasa. Asian Games unggul di peringkat 4 dan Asian Para Games peringkat 5. Semua prosesnya pun berjalan dengan lancar. Perhelatan dunia ini secara signifikan meningkatkan ekonomi negara kita yang mengacu pada pendapatan negara.

Dampak Ekonomi Annual Meeting World Bank IMF 2018
Dampak Ekonomi Annual Meeting World Bank IMF 2018


Bagaimana tidak bangga dan beruntung menjadi warga negara Indonesia? Saya sendiri bisa menyaksikan pertandingan Asian Games secara langsung. Mendukung para atlet dengan penuh semangat. Dan Negara Indonesia sukses melakukan 4 event besar selama tahun 2018 dan semuanya terselenggarakan dengan baik.


Tentu kebanggaan atas prestasi ini berkat dukungan sinergi antara masyarakat, pemerintah dan pejabat negara. Sejauh ini saya melihat semua masyarakat sudah semakin mendukung kemajuan pembangunan negara ke arah lebih baik. Dimana dalam menyambut perhelatan dan event besar, pemerintah harus memperbaiki struktural dan infrastruktur negara ini. 

Dampak Ekonomi Annual Meeting World Bank IMF 2018
Diskusi Dampak Ekonomi Annual Meeting World Bank IMF 2018 


Bertempat di Ruang Rapat Benny S Muljana Kementerian PPN/Bappenas Jakarta Pusat (18/12/18) kemarin saya hadir menyaksikan diskusi "Dampak Ekonomi Annual Meeting World Bank IMF 2018". Dimana diskusi ini akan membahas tentang dampak positifnya bagi perkembangan ekonomi kita. Dengan menghadirkan Menteri Koordinator Kemaritiman Bapak Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bapak Bambang Brodjonegoro. 


Indonesia sebagai salah satu model yang mengelola ekonomi dengan baik mampu mengatasi kemiskinan, managemen secara transparan dan pertumbuhan ekonomi bagus. Prestasi Indonesia pun berlanjut pada bulan Oktober 2015, Indonesia sebagai tuan rumah IMF-WB Annual Meetings 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 12-14 Oktober 2018 di Bali. Pertemuan tersebut akan menghadirkan total 15.000 peserta, yang terdiri dari Gubernur Bank Sentral dan Menteri Keuangan dari 189 negara, sektor privat, NGOs, akademisi, dan media. Tentu sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia dan memberikan dampak positif bagi iklim investasi di Indonesia. 


Bapak Luhut Binsar Panjaitan mengatakan "Dengan diadakannya IMF-WB Annual Meetings 2018 sangat penting dalam terbangunnya citra positif Indonesia di mata dunia. Tentu menarik peluang investasi dari negara lain". Rangkaian pertemuan tahunan ini merupakan pertemuan terbesar dunia dalam bidang ekonomi dan keuangan. 


Tujuan utama penyelenggaraan AM 2018 adalah menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia dan Asia sebagai ekonomi yang reformed, resilient, progressive dan mendiskusikan perkembangan ekonomi dan keuangan global serta isu-isu terkini seperti : 
1. Pengurangan kemiskinan. 
2. Pembangunan ekonomi internasional
3. Isu-isu global lainnya.

Dampak Ekonomi Annual Meeting World Bank IMF 2018
Dampak Positif Pertumbuhan Ekonomi Annual Meeting World Bank IMF 2018


Dengan keberhasilan Indonesia mengelola isu-isu tersebut, Ketua Panitia Nasional Penyelenggaraan IMF-WB menginformasikan bahwa semakin banyak perusahaan bahkan sudah secara terang-terangan menunjukkan minat untuk berinvestasi di Indonesia. Misalnya di sektor industri mobil listrik, motor listrik. Dampaknya pasti bagus bagi negara kita tapi saat ini baterainya masih import. Nanti di negara kita akan bisa produksi serdiri karena punya bahan baku lithium baterai. Maka mobil dan motor listrik dapat menghentikan eksport import bahan. Saat ini dengan samsung, apple, huawei akan membangun pabriknya di negara kita. Pertanda akan ada loncatan teknologi dengan membangun perkembangan teknologi Indonesia. 


Harapannya Indonesia nanti akan masuk pangsa pasar global. Jika negara kita memiliki citra dan kredibilitas mahal menjadi salah satu skill yang dilirik oleh negara lain. Salah satu contohnya objek wisata Bali, pengunjung turis meningkat ada yang tinggal beberapa hari bahkan ada yang menetap dan ada yang datang kembali berlibur ke Indonesia. 


Dengan hal ini tentu, dalam menyambut wisatawan asing kita harus melakukan renovasi infrastruktur seperti pembangunan jalan toll, perbaikan jalan arteri kota dan tempat wisata. 

Dampak Ekonomi Annual Meeting World Bank IMF 2018
Jumlah Pengunjung IMF-WB Annual Meetings 2018


Bapak Bambang Brodjonegoro selaku Kepala Bappenas mengatakan "Pendapatan dan peningkatan ekonomi terjadi secara signifikan memberikan dampak positif melalui event-event besar yang terlaksana di negara kita". Terbesar yang kita kejar dari segi dampak positif pariwisata tentunya jumlah wisatawan yang akan mengunjungi Bali diprediksi akan meningkat. 


Untuk dampak jangka panjang, kesan positif yang dimunculkan saat pertemuan tahunan Internasional tersebut membuat Indonesia mendapat kepercayaan lebih di mata dunia. Terbukti dari signing investasi yang mencapai Rp 200 triliun yang didapat oleh perusahaan BUMN pada agenda Forum Investasi Bali 2018. 


Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro, membeberkan dampak perhelatan IMF-World Bank Annual Meeting di Bali bagi perekonomian Indonesia. Data kolektif yang diperoleh Bappenas menunjukkan bahwa dampak ekonomi langsung Pelaksanaan Pertemuan Tahunan IMF-WB periode 2017-2018 sejak persiapan hingga pelaksanaan sebesar Rp 5,5 triliun.



Luar biasa ya peningkatan dampak positif Indonesia melalui pertemuan yang berlangsung selama 7 hari tersebut turut mendatangkan devisa. Tentu apresiasi sekali buat pejabat-pejabat negara kita. Terbukti dengan Indonesia memasuki Revolusi Industri 4.0 sebagai warga negara harus siap mengikuti perubahan dan bertransformasi akan dunia digitalisasi. 


Saya sendiri sebagai generasi millennials tentu ingin mengembangkan diri menambah skill. Semakin majunya teknologi tentu pengetahuan pun harus meningkat juga. Supaya kita menjadi bangsa yang maju dan selalu berdampak positif dalam hal apapun di negara ini.

Tidak ada komentar:

Model Mainan Lego Murah Yang Bisa Kamu Jadikan Koleksi Menarik!

Sumber : palembang.tribunnews.com Sekarang ini sudah banyak beredar mainan Lego di jual di berbagai pasar. Tetapi tidak semua m...