Senin, 10 Desember 2018

Kemenkominfo Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id, Sebagai Acuan Akses Informasi Tentang Indonesia


Dunia digital semakin mudah kita akses dalam satu genggaman. Berita dan informasi apa saja sangat mudah kita ketahui hanya dengan satu klik. Hanya saja masih banyak warga Indonesia yang belum bisa membedakan mana berita yang sesuai fakta, ada kebenarannya dan sesuai kenyataan.

Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id
Diskusi Media Branding Indonesia dan Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id


Tidak bisa dipungkiri masih banyak warga kita menelan mentah-mentah berita palsu atau hoax tanpa mencari kebenarannya terlebih dahulu. Itulah sebabnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan kembali portal berita www.indonesia.go.id. 


Bertempat di ruang serbaguna Roeslan Abdulgani (10/12/18) akan diadakan "Diskusi Media Branding Indonesia dan Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id" yang dihadiri oleh Menkominfo Rudiantara, Dirjen Informasi dan Komunikasi Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Strategic Marketing Priyantono Rudito, Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti dan Guru Besar Manajemen UI Prof. DR. Rhenald Kasali yang dipandu oleh Staf Khusus SP.

Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id
Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id


Sebelum memulai acara diskusi, terlebih dahulu menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai bentuk cinta dan kemerdekaan kita akan tanah air Indonesia. Peserta diskusi pun turut menyanyikan dengan penuh hikmat. 


Seperti yang dikatakan oleh Ibu Niken, kehadiran portal berita ini ditujukan sebagai media informasi yang memaparkan segala kekayaan Indonesia dalam bentuk media digital baik kepada masyarakat, wisatawan yang ingin berkunjung dan dari mancanegara secara akurat dan terpercaya.


Peluncuran kembali portal berita online www.indonesia.go.id dilandasi dengan visi maupun misi untuk memperkuat Indonesia sehingga menjadi media rujukan masyarakat dalam negeri serta mancanegara dengan informasi akurat. Dengan tampilan wajah baru tentu menghasilkan updatetan terbaru dan terlengkap, navigasi serta pengkanalan sesuai dengan kebutuhan.

Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id
Ibu Niken Menyampaikan Visi Misi Portal Berita Indonesia.go.id


Adapun Visi dari portal berita www.indonesia.go.id sebagai media informasi dan layanan pemerintah serta rujukan dunia tentang representasikan Indonesia.

Sedangkan untuk Misi portal berita www.indonesia.go.id penjabarannya dapat dimaknai secara lengkap pada website medianya. Berupa menyediakan kanal-kanal berita terupdate.


Dengan adanya portal berita tersebut, dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Ya dengan cara memberikan pelayanan informasi berkualitas dalam bermedia. Menarik masyarakat luar negeri untuk berinvestasi, berwisata, membangun relasi, membangun program dan capaian pemerintah, menyajikan data ke masyarakat, menyajikan informasi serta layanan publik. Ibu Niken juga menekankan hal ini dapat membangun reputasi nasional melalui nation branding. 


Bagi kita masyarakat juga akan berdampak baik akan portal berita ini. Karena portal berita www.indonesia.go.id bukan sekadar menyajikan kabar berita atau informasi timeline news saja, namun juga menyampaikan informasi pelayanan publik yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat. Misalnya Pelayanan publik di portal berita, seperti cara membuat SIM, perpanjangan KTP, semua layanan publik yang dilakukan pemerintah secara bertahap. 

Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id
Kanal dan program Portal Berita Indonesia.go.id


Dengan harapan melalui peluncuran kembali dan kehadiran portal berita www.indonesia.go.id nantinya dapat menjadi "halaman depan serta wajah di dunia digital" mengenai seluruh keelokan Nusantara. Serta menjadi komitmen bersama mengembangkan nation branding Indonesia di dunia digital sekaligus yang ingin mengenal Nusantara secara faktual. Terobosan baru nih buat kita masyarakat memaksimalkan smartphone dengan hal-hal baik. 



Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id


Setelah kehadiran Menkominfo Rudiantara untuk melakukan peluncuran kembali portal berita www.indonesia.go.id. Beliau mengatakan bahwa "portal berita ini sebenarnya merupakan beranda atau pintu masuk kepada siapapun yang ingin tahu tentang Indonesia. 

Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id
Bapak Menteri Rudiantara Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id


Perlu kita ketahui bahwa kehadiran portal berita www.indonesia.go.id bukan hanya hasil kerja Kementerian Kominfo sendiri. Namun juga ada andil dan sinergi bersama seluruh instansi pemerintahan. Nah, dengan bersinergi kita membuktikan bahwa hasil pemikiran dapat mempersatukan dan menciptakan yang terbaik bagi negara.


Oleh karena itu, Bapak Rudiantara mengharapkan ke depannya pengelolaan portal berita www.indonesia.go.id, mulai dari konten hingga aspek teknis bakal dikerjakan secara bersama antar kementerian. "Ini adalah media platform. Kontennya dikelola bersama-sama oleh pemerintah. Yang punya domain dari Sekretariat Negara, sementara sisi sistem teknologi dari Kementerian Kominfo. Jadi kolaborasi semua kementerian atau lembaga dan institusi di Indonesia. 

Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id
Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id dimulai


Portal berita www.indonesia.go.id memiliki dual bahasa yaitu versi Indonesia dan Inggris. Namun direncanakan nantinya juga dapat menggunakan beberapa bahasa internasional lain agar semakin mudah mengetahui dan mengenal Indonesia. Dengan rencana akan menambah bahasanya menjadi 13 bahasa supaya Indonesia dikenal lebih luas, salah satunya melalui portal berita www.indonesia.go.id. Jadi warga negara lain bisa sambil belajar bahasa Indonesia.


Dengan peluncuran kembali portal berita www.indonesia.go.id, Bapak Rudiantara menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkomitmen, bersumbangsih dan berdedikasi untuk menghadirkan lagi media sebagai branding Nusantara ke kancah global.

Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id
Relaunching Portal Berita Indonesia.go.id


Kedepannya portal berita akan diperbaiki terus secara berkala sesuai kebutuhan. Dengan tujuan portal berita www.indonesia.go.id hadir sebagai halaman depan NKRI di dunia digital. Menjadi brand power pengembangan nation branding Indonesia.


Sebagai warga negara yang cinta akan bangsa dan tanah air. Mari kita dukung program-program pemerintah kita untuk memajukan bangsa ini sampai ke kancah global internasional.

Tidak ada komentar:

Konten Kreatif Menciptakan Perdamaian Toleransi Dalam Bermedia Sosial

Indonesia kaya akan keberagaman mulai dari sosial, budaya dan politik. Keberagaman ini yang menjadikan kita banyak perbedaan. Yang mengak...