Minggu, 11 Agustus 2019

Film Koboy Kampus Menelisik Dan Mengenang Masa Kuliah Di Orde Baru

Siapa sekarang yang lagi kangen dengan masa-masa kuliah? Aku banget nih, lagi kangen dengan teman-teman dikampus tahun 2015 pertama kali kuliah. Masih teringat proses masuk kuliah, ospek, melewati semester demi semester sampai di wisuda.


Memori pertemanannya dapat, memori percintaannya dapat dan memori jenuh-jenuh masa kuliah juga aku alami. Tanpa memikirkan apa itu politik, yang penting masa kuliah mengalir seperti sungai. Jadi komplit nih seperti soto mie bogor. Hehehehe... Tapi bagi aku kenangan termanis dan silaturahmi banget dengan dosen saat-saat menyusun skripsi. Memang butuh effort tinggi nih saat menyusun skripsi. 

Akhirnya wisuda dengan gelar S1 


Finally, skripsi memang pertanggung jawaban terakhir saat kuliah. Berasa banget setelah selesai menghadapi meja hijau seperti terlepas dari keterpurukan. Padahal didepan mata sudah menunggu tugas baru menjadi job seeker. Kan nggak mungkin minta uang lagi dari orangtua. Malu dong!!! Tapi yang penting nilai skripsi memuaskan.


Nah, memori ini flasback ini tercermin dari aku menonton Film Koboy Kampus. Menggambarkan kisah anak kuliah, anak kost-kostan dan anak muda yang demennya ngoboy dari pada melaksanakan kuliah sehingga banyak DO (drop out) lho. Aku langsung kebayang drop out dong, soalnya orangtua saja sudah wanti-wanti kalau terlambat lulus.


Film Kampus Koboy mengisahkan kehidupan mahasiswa di era awal reformasi berlangsung, sekitar tahun 1998. Aku langsung kebayang pada masa itu lagi musim-musimnya rambut gondrong, celana komprang dan fashionnya old banget ya. Tercermin dari sebuah lagu yang dinyanyikan band The Panasdalam yang dibentuk pada 1995. Istilah Koboy Kampus pun muncul dilingkungan ITB setelah adanya lagu Koboy Kampus yang dibawakan oleh The Panas Dalam. 

Film Koboy Kampus, wajib ditonton


Adapun para pemain dari Koboy Kampus yaitu Pidi (Jason Ranti) dan teman-temannya Ninuk (Ricky Harun), Deni (Bisma Karisma), Erwin (David John Schaap) dan Dikdik (Miqdad Auddasy) mendirikan sebuah negara sendiri yang bernama “Negara Kesatuan Republik The Panasdalam”. Tentu membuat film ini semakin seru dan layak ditonton anak kuliah jaman sekarang.


Film Koboy Kampus diproduksi oleh MNC Pictures dan 69 Production dikemas dengan cara bahasa yang ringan, unik, penuh candaan khas tahun 1990-an, mengangkat problematika masa kuliah dan kisah cinta yang diwarnai lagu-lagu segar dari The Panasdalam Bank. Sehingga terbentuklah cerita tentang Pidi Baiq pada masa kuliahnya di Fakultas Seni Rupa ITB. 


Dalam kuliah terkumpul beberapa karakter yang enaknya sistem perkuliahan begini dan begitu. Seperti Film Koboy Kampus menciptakan “Negara Kesatuan Republik The Panasdalam” untuk mendapatkan hak dan keinginan yang wajar dalam masa perkuliahan di orde itu.


Memang sih banyak perbuatan yang dilakukan mahasiswa karena sudah merasa benar. Misalnya jarang pulang ke rumah, bolos kuliah, tidak mengerjakan tugas-tugas hingga sering berbicara politik di dalam kampus. Itulah sebabnya mahasiswa yang tergabung di koboy kampus, kerap menjalani kehidupan tanpa aturan. 


Dulu jaman aku ngampus nggak bisa masuk kelas dan mengikuti kuliah kalau tugas-tugas pendahuluan tidak dikerjakan. Alhasil absen deh. Kebetulan sekali aku juga kuliah di salah satu universitas di Bandung. Hebring banget dengan anak ITB apalagi kalau pacaran dengan anak kampus ternama itu pasti bangga. 


Film Koboy Kampus bukan sekedar ilustrasi, tapi isi hati sebagian mahasiswa ITB yang lebih memilih mengkritisi pemerintahan Orde Baru lewat sisi kreatif, dari pada turun ke jalan. Ternyata meskipun menimba ilmu dikampus perkumpulan orang-orang pintar itu punya beban berat juga lho. 


Tapi apapun yang terjadi masa-masa kuliah menurut aku is the best bisa mencapai sarjana. Apalagi keterima di perusahaan bagus dengan karis yang bagus. Semangat kuliah jaman aku dulu memang sangat berbeda dengan anak jaman sekarang.


Film Koboy Kampus ini sangat cocok ditonton oleh generasi millennials yang sekarang lagi bergejolak dengan masa-masa kuliah. Aku sudah share masa-masa kuliah, kalau kalian bagaimana masa kuliahnya? Yuk, kita tonton Film Koboy Kampus.

29 komentar:

irpanisme mengatakan...

Saya pingin tahu komentar anak-anak kuliahan jaman now setelah melihat film itu ya? :)

Bambang Irwanto mengatakan...

Saya pengin sekali nonton film ini, Mbak Tika. pengin tahu lika-liku kehidupan kampus plus mahasiswa-mahasiswinya. Soalnya, saya tidak kuliah, jadi tidak merasakan hahaha.
Tapi saya yakin, masa kuliah memang pasti akan dirindukan dan dikenang manis. Sama saat masa sekolah di SMA hehehe.

Tapi memang benar, Mbak. Zaman dulu itu, kalau pacaran dengan anak kampus ternama, ada kebanggaan. "Eh.. pacar loe anak mana?"
"Anak kampus itu lho." hahaha.

Farhati Mardhiyah mengatakan...

aku selalu bayangin mahasiswa jaman dulu, liat foto2 bapakku pas jaman kuliah kok kayaknya keren banget, rambut bener pada gondrong, celana cutbry, nah bapakku termasuk koboy nih karena terlalu aktif di organisasi hhaha

Aini dian mengatakan...

Aku malah gak tau sama sekali tentang film Koboy kampus lho. Eh mungkin akunya aja sih yg kuper. Hehe

Melihat jalan cerita yang terinspirasi dari kisah sehari-hari , jadi bikin penasaran

Marfa U mengatakan...

Aku suka sih filmnya walau sebenernya ga terlalu suka musikal, tp karena yg nyanyi jason ranti jd suka2 ajah haha. Kocak, plg suka yg cerdas cermat. Aura masa lalunya kerasa banget apapagi yg Nia wakakak

Zefy Arlinda mengatakan...

Aku ingat dulu perjuanganku untuk bisa lulus itu sesuatu banget, berdarah-darah. Bukan berdarah sebenranya ya, tapi asli itu bikin air mata suka netes endiri, sering mikir susahnya mau tamat S1. tapi itu kesalahan akus endiri kok, karena kemarin bikin judul skripsi kepedean, jadi sulit sendiri pas ngerjain

lrdailyroutine mengatakan...

wuah, saya sebagai alumni kampus gajah sudah merasakan sedikit banyak yang dirasakan oleh pidi baiq dkk. udah gak sabar mau nonton fim koboy ini euy.

Andi Telaumbanua mengatakan...

Saya hanya bisa lihat trielernya, sepertinya film ini bagus dan sarat dengan berbagai hal pesan2 moral ya?
Cerita masa2 kuliah memang selalu seru untuk selalu diceritakan ulang

Erfano mengatakan...

Film Koboy Kampus ini buatan ayah Pidi Baiq. Bakalan kocak. Buku-buku Pidi Baiq sebelum Dilan kan emang kocak kocak. Tahun 1998 emang masa era reformasi yang lumayan mencekam.

Ilham Sadli mengatakan...

Sejauh ini, karya-karya fenomenal dari Ayah Pidi Baiq ketika diangkat ke Layar Lebar selalu bisa menarik perhatian para pebikmat film

Qoty Intan Zulnida mengatakan...

Wah asik juga nih nonton film sembari bernostalgia zaman masih kuliah dulu. Aku jadi kangen juga nih sama masa-masa itu. Kangen juga ama teman-teman zaman kuliah yang sekarang udah pada balik kesini kampung membangun Dan mengabdi pada kampung halaman nya

Eko Prasetyo mengatakan...

Sekarang filmnya masih ada di bioskop gak iya mba.
Tadi baru lihat trailernya sih ada unsur comedy nya..
Hahahah

April Hamsa mengatakan...

Belum sempet nonton sih tapi katanya film ini emang membangkitkan memori ankatan 90-an yang kuliah di zaman orba dulu ya? Aku pas otu kyke masih SMP jd blm seberapa paham hidrup pikuk demo mahasiswa dll.
Memang sebuah tantangan buat mahasiswa utk lulus, tapi emang sebaiknya jangan lama2 ngampusnya, kasian ortu yg mbayarin, eh kecuali kalau dianya dah kerja sendiri sambil kuliah, eh tapi tetep sebaiknya ya jgn lama2 sik.

Belgie mengatakan...

Aku sudah nonton ini film, banyak kocaknya juga, bener2 salut menggambarkan suasana zaman dulu di filmnya

April Hamsa mengatakan...

Kayaknya film ini asyik kalau ditontonnya sama temen2 segeng pas kuliah dulu kali ya? Biar bisa nostalgia dan keta kwtiei bareng dan makin mengeratkan persahabatan. Sayang teman kuliahku jauh semua hehe

Jiah mengatakan...

Aku belum kuliah dan tahun segitu batu masuk SD, hahaha
Tapi ya tahun 98 tuh panas. Mahasiswa banyak yang gedek sama pemerintahan. Tapi kalau ada lucu2nya, boleh banget nih film buat ditonton

Pertiwi Yuliana mengatakan...

Aku mulai masa perkuliahan tahun 2013. Beda era ya sama yang di film Koboy Kampus. Tapi, aku sebagai sesama anak seni, gambaran film tersebut tentang mahasiswa dan kehidupan kampusnya masih sangat relate di lingkunganku. Apa itu demo-demo turun ke jalan? Ya berkaryalah!

Rani Yulianty mengatakan...

Nonton film koboy kampus sekalian nostalgia zaman kuliah ya, dulu suka nonton the panas dalam juga, suka sama performance mereka di panggung

Khoirur Rohmah mengatakan...

Suasana yg dibangun di film Koboy Kampus di setting bener2 kayak nostalgia masa kampus tahun 90anbya mbak
Aku masih nonton trailernya aja mbakm belum nonton filmnya di bioskop huhuuu

Nurhilmiyah mengatakan...

Masa² kuliah S1 emang gak tergantikan ya kenangannya. Beda banget ama masa kul S2 soalnya kondisi udah pada kerja, sibuk sendiri. Top deh Koboy Kampus yaa

Tukang jalan jajan mengatakan...

jadi penasaran dengan gaya kuliah zaman dulu ya? pasti tiap zaman punya keseruannya sendiri. paling ngga trend busana ama kegiatan mahasiswanya pasti beda banget. kalau mahasiswa milenial nonton bakal komentar apa ya? hehehe

Ruli retno mengatakan...

Aku tau banyak soal kampus ITB itu dulu dari film jomblo yg terkenal banget 10 tahunan lalu. Sekarang ada film ini jadi buka wawasan dari sudut yang lain, karena jurusannya beda hehehe

www.umidah.com mengatakan...

Nonton film Koboy campus mengingat kan saya saat kuliah, masa pernah ikut demo orasi. Wah pokoknya seru deh...

LinRaNa Mom mengatakan...

Saya angkatan koboy kampus hihi...
Ikut demo orde baru. Wkt itu kul di poltek itb. Sekarang namanya polban.
Bener2 de... Masa2 indah..

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Senangnya melihat tontonan yang memgangkat tema tentamg kuliah tu jadi mengingatkan masa-masa sewaktu muda dulu ya.. Hihi..ingat konyol dan serunya..jadi pengen nonton filmnya juga.. Tfs mb..

Dian Restu Agustina mengatakan...

Film Kampus Koboy mengisahkan kehidupan mahasiswa di era awal reformasi berlangsung, sekitar tahun 1998..aku bangets berarti ini. Secara aku kuliah dari 1994-1999
Mau juga ah nonton nanti

Yesi Intasari mengatakan...

meskipun settingnya jaman dulu, film ini cocok di tonton milenial ya

@blogger_eksis mengatakan...

Masa kuliah aku sudah berlalu. Memang banyak momen yang seru pada masa itu.

Btw kak Tika baru mulai kuliah 2015, kalau ambil S1 kan biasanya 4 tahun. Seharusnya lu2s tahun ini dong, 2019. Apa memang kuliahnya express gitu??

Oia, aku juga udah nonton Koboy Kampus dan bisa baca review diblog aku juga*

Selvijua mengatakan...

Film ini benar2 mengingatkan aku saat kuliah dulu, walau bukan kuliah di ITB, tapi situasinya beneran sama banget.

Palapa Ring Menyatukan Bangsa Indonesia Dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Beberapa hari belakangan ini aku dan abang yang berlokasi di Papua bisa terhubung melalui video call sebuah aplikasi yang terkoneksi de...