Sabtu, 03 Agustus 2019

Tips & Trik Menata Rumah Mungil Dan Ruang Kerja Terlihat Rapih dan Modern Indonesia Properti Expo 2019



Rumah adalah tempat kita untuk selalu kembali. Dalam membangun sebuah rumah tangga tentu pondasinya tempat tinggal yang kokoh dan nyaman. Beberapa bulan lalu, aku sedang mencari rumah dan hendak membelinya. Searching-searching dan tinjau lokasi pun aku jabani untuk melihat langsung designnya. Dengan luas tanah 84 dan luas bangunan 48 menjadi pilihan aku untuk membeli rumah. 


Rumah, Idaman, Sederhana, Mungil, Lingkungan, Hunian, apartemen
Rumah Sederhana Idaman Keluarga


Benar kata orang dalam membeli rumah harus jatuh cinta pada pandangan pertama. Dari beberapa pilihan perumahan aku tertarik dengan sebuah rumah yang designnya beda dari pada umumnya. Ya millennials dan instagrammble gitu designnya. Cuman aku bingung bagaimana cara menata ruangannya supaya terlihat ciamik.


Rasa kebingungan aku pun terjawab. Semenjak berkunjung ke Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019 di Jakarta Convention Center, Senayan. Pasti tahu dong yang namanya pameran properti pasti ramai dikunjungi urban untuk berburu rumah murah, mewah dan aksesnya mudah kemana-mana.


Nah, aku pun mendapat undangan untuk mengikuti sebuah Talkshow & Blogger Gathering dengan tema "Serba-Serbi Menata Rumah" yang diselenggarakan oleh BTN. Dalam talkshow tersebut akan menghadirkan narasumber yang sudah expert dalam menata rumah. Serta moderatori oleh penulis panutan aku yaitu Teteh Ani Berta dari ISB.

Rumah, Idaman, Sederhana, Mungil, Lingkungan, Hunian, apartemen
Talkshow & Blogger Gathering Serba-Serbi Menata Rumah



Menata Rumah Mungil Terlihat Modern

Rumah mungil memang terlihat sangat minimalis. Namun butuh teknik dan usaha untuk membuat rumah tertata rapih, modern dan instagrammble. Memang sih dalam menata rumah gampang-gampang susah. 


Mba Adelya Vivin seorang Interior Consultant mengatakan bahwa "Jangan pernah takut kotor akan warna terang seperti putih. Misalnya membeli sofa warna putih tempat duduk yang nyaman tapi takut kotor. Atau cat tembok abu-abu takut pencahayaannya gelap dan lain sebagainya. Sebenarnya putih bernoda itu mudah membersihkannya dengan backing powder."


Mendengarkan first speach Ibu anak satu ini saja aku sudah mulai penasaran akan sharing tentang "Tips & Trik Menata Rumah Mungil" layaknya Small Space Living. Tentu sangat antusias sekali pengen tahu bagaimana menata rumah mungil. Mulai dari cat tembok warna apa, furnitur, lighting dan tetek bengek perlengkapan lainnya.


Small Space Living adalah hidup di ruang kecil dan membutuhkan gaya hidup yang disederhanakan karena lebih sedikit ruang berarti lebih sedikit space untuk barang tambahan.


Tema Rumah Membuat Nyaman dan Menyenangkan
Sebelum menata rumah mungil ada baiknya kita menentukan terlebih dahulu tema apa yang akan digunakan. Aku sangat senang melihat tema rumah drama-drama Korea. Mulai dari keseragaman tema rumah, tone warna dan tatanannya. 

Rumah, Idaman, Sederhana, Mungil, Lingkungan, Hunian, apartemen
Mba Adelya Vivin seorang Interior Consultant


Beberapa drakor yang aku tonton meskipun tinggal di rumah kontrakan kecil tetap tertata rapih dan sederhana. Misalnya, dapur drakor sangat rapih karena semua bahan-bahan masakan tidak diletakkan dekat dapur. Melainkan di simpan dalam sebuah wadah atau box layaknya kitchen set. Selain itu, barang-barang yang tidak selalu dipergunakan jarang ditampilkan. Jadi hanya barang yang dibutuhkan saja yang diperlihatkan.


Jadi kebayang barang-barang aku sangat banyak. Butuh tips dan trik untuk menatanya lebih terlihat eye catching. Ternyata tema rumah sangat berpengaruh pada ruangan dan tatanan rumah.



Tips & Trik Menata Rumah Mungil

Sebelum menata rumah ada baiknya dilakukan tahap-tahap perencanaan. Mulai dari kebutuhan dari seluruh keluarga, mengenal karakter sendiri dan keluarga serta melihat referensi yang disukai oleh keluarga. Dalam menata rumah tentu ada budget yang dikenakan. 


Sebenarnya apa yang harus dilakukan supaya Small Space Living terlihat rapih, elegan dan instagrammble?

1. Lighting
Pencahayaan ruangan sangatlah penting. Supaya rumah tampak lebih fresh dan terang ada baiknya menggunakan skylight dan big windows pencahayaan dari luar. Misalnya membuat skylight di area dekat dapur. Ketika memasak tampak terang tidak perlu lagi menggunakan lampu. Big windows di area ruang tamu supaya cahaya alami dari sinar matahari masuk ke dalam ruang tamu. Tentu penggunaan lighting alami ini akan menghemat listrik lho.  

Selain itu pencahayaan ruangan bisa dilakukan dengan lighting buatan. Tapi dalam pemilihan lampu juga perlu dipertimbakan supaya menambah kesan menarik pada ruangan. Misalnya standing lamp, pendant lamp maupun wall lamp. Akan mempercantik ruangan tentunya.


2. Sirkulasi Udara
Sirkulasi udara sangat penting dalam rumah. Kebayangkan kalau sebuah rumah tidak ada sirkulasi udara akan terlihat pengap dan sesak. Tentu akan mengganggu kesehatan juga. Nah, ada baiknya membuat daun jendela sebagai sirkulasi udara dalam ruangan. Tidak hanya itu exhaust fan juga perlu untuk menyegarkan udara disekitar dapur dan toilet. 

Saat memasak juga perlu yang namanya cooker hood untuk menyerap asap masakan. Supaya bau masakan tidak mengendap di dalam rumah. Sehingga kesejukan dan sirkulasi udara tetap terjaga.

Rumah, Idaman, Sederhana, Mungil, Lingkungan, Hunian, apartemen
Mba Adelya Vivin sharing Tips & Trik Menata Rumah Mungil di IPEX 2019


3. Go Neutral
Pemilihan cat tembok pada rumah juga sangat penting. Lebih baik memilih cat tembok yang warnanya soft supaya tidak terlihat gelap. Misalnya warna putih, abu-abu, cokelat muda maupun cream. Tidak perlu takut kalau cat tembok putih cepat kotor. Kalau misalnya kotor tinggal di cat kembali. Maka sangat perlu menyediakan cat tembok tambahan dirumah.


4. Storage atau penyimpanan
Memiliki ukuran rumah yang mungil tentu harus punya cara untuk menyimpan barang lebih rapih. Apalagi barang harus dipajang bingung mau taruh dimana. Nah, sebagai tipsnya open storage. Misalnya membuat rak sepatu di dekat dapur yang sistemnya buka tutup. Rak buku bisa dibuat di dalam kamar, ruang tamu atau dekat meja kerja. Supaya peralatan pembersih rumah juga terlihat rapih boleh juga dibuatkan open storage dekat dapur.


5. Penghijauan 
Penghijauan sangat penting dalam rumah. Misalnya tanaman olive tree ditaruh dalam kamar, ruang tamu atau ruang keluarga bahkan di dapur. Fungsinya untuk mempercantik dan membuat ruangan fresh. Biasanya letaknya boleh disudut ruangan supaya terlihat bagus.


6. Ketepatan furniture dan tone warna
Kalau rumah sudah mungil tentu furniture juga harus sesuai dengan keadaan rumah. Sebisa mungkin kita harus memaksimalkan ruangan untuk ditata dengan rapih dan enak dipandang mata. Furniture juga harus tema ruangan menggunakan warna yang soft juga. Jadi ketika rumah berantakan tidak terlalu terlihat karena tone warnanya sesuai dengan tema rumah.



Rumah, Idaman, Sederhana, Mungil, Lingkungan, Hunian, apartemen
Indonesia Properti Expo (IPEX) 2019 di Jakarta Convention Center, Senayan


Selain itu rumah dengan luas hanya 60m2 ini didesign dengan layout terbuka/open space agar terkesan lapang. Disisi kiri dinding ruang makan diberikan cabinet-cabinet untuk meletakkan berbagai peralatan, seperti sapu, sepatu, atau bisa juga sebagai sepen/pantry untuk menyimpan berbagai bahan makanan keluarga. 


Benar banget kata Mba Adelya ternyata dalam menata rumah mungil itu tidak sesulit yang aku bayangkan. Yang penting semua furniture sesuai dengan tema warna yang digunakan. Kalau budgetnya banyak tinggal belanja furnish yang bagus-bagus. Rumah pun serasa nyaman banget dan selalu ada alasan untuk kembali pulang.



Menata Ruang Kerja Di Rumah

Talkshow pun semakin seru dengan bahasan menata ruang kerja di rumah yang disampaikan oleh Mba Zata Ligouw. Topik yang sangat penting banget buat aku sebagai content creator. Tentu butuh ruangan khusus untuk menuliskan informasi yang akan di share ke publik. 

Rumah, Idaman, Sederhana, Mungil, Lingkungan, Hunian, apartemen
Zata Ligouw selaku Mamapreneurtalk, Content Creator dan Yoga Preneur


Karena rumah yang beberapa bulan di beli masih dalam tahap pembangunan, ruang kerja saat ini aku lakukan di dalam kamar. Ya dalam kamar ukuran 3x4 meter terdapat meja yang aku gunakan sebagai ruang privasi dalam bekerja.



Tips & Trik Menata Ruang Kerja Di Rumah

Mba Zata berparas cantik mengatakan "Ruang Kerja di dalam rumah itu adalah tempat kita menuangkan ide, kreatifitas, melakukan semua pekerjaan dan me time pribadi. Ketika berada di dalam ruang kerja menandakan kita sedang bekerja."



Apa saja yang perlu dilakukan dalam menata ruang kerja di rumah?

1. Siapkan tempat khusus untuk meja kerja
Kalau kita tidak memiliki sebuah ruangan di rumah untuk tempat kerja bisa menggunakan pojokan ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan area kamar tidur. Yang penting semua keluarga tahu kalau kita sedang bekerja supaya tidak diganggu. Jika memiliki ruangan lebih di rumah , bisa dijadikan ruang khusus tempat kita bekerja. Tinggal kita atur saja senyaman mungkin.


2. Siapkan meja
Tentu dalam bekerja kita membutuhkan meja yang siap dipakai. Kalau budget kita mencukupi sah-sah saja membeli meja baru ergonomis (supaya tidak pegal). Tapi bisa juga bikin sendiri lebih kreatif. Yang penting meja kerja membuat dan menciptakan kenyamanan kita dalam bekerja.


3. Ide meja kerja
Boleh banget customize meja kerja sendiri. Mau bentuknya seperti apa atau tingginya seberapa itu tergantung selera dan budget ya.

Rumah, Idaman, Sederhana, Mungil, Lingkungan, Hunian, apartemen
Zata Ligouw sharing Tips & Trik Menata Ruang Kerja Di Rumah



4. Aksesoris ruang kerja
Nah, aksesoris dalam ruang kerja juga sangat dibutuhkan. Misalnya tanaman hidup yang bikin fresh dan rileks, lampu penerang, tempat pensil dan pulpen, mood board, kalender, post it to do list, wadah penyimpanan dan lain sebagainya. Fungsi aksesoris ini bisa menunjang pekerjaan, menaikkan mood bekerja serta mempercantik ruangan. Tentu dengan ruangan yang bagus akan menambah semangat untuk berkarya.



Selain itu, bisa juga menempelkan quote-quote penyemangat atau foto-foto keluarga bahkan foto-foto tempat liburan yang kita pernah singgahi. Ruangan kerja pun semakin enak dipandang mata.


Aku jadi terbayang akan ruang kerja di rumah nanti. Serasa tidak sabar untuk menatanya. Aku sangat terinspirasi akan tips dan trik yang disampaikan Mba Adelya dan Mba Zata untuk menata rumah dan ruangannya jauh lebih rapih dan menarik.


Seusai talkshow, aku sempatkan berjalan-jalan melihat Indonesia Properti Expo 2019 yang sangat ramai dikunjungi pengunjung. IPEX sudah dibuka mulai dari tanggal 27 Juli sampai 04 Agustus 2019 ini mewarkan berbagai macam hunian mulai dari rumah, apartement, hotel bahkan resorts. 

Rumah, Idaman, Sederhana, Mungil, Lingkungan, Hunian, apartemen
Sharing Serba-serbi Menata Rumah Sederhana di Indonesia Property Expo (IPEX) 2019


IPEX didukung penuh oleh pemerintah untuk menampilkan hunian layak bagi masyarakat mulai dari rumah subsidi dan non subsidi. Kisaran harga pun beragam sesuai dengan tipe dan lokasinya.


Nah, buat teman-teman yang sedang mencari rumah baik itu perumahan maupun apartement boleh banget berkunjung ke IPEX (Indonesia Properti Expo) 2019. Pesta KPR BTN kali ini memberikan penawaran menarik. Mulai dari beragam promo, berbagai pilihan rumah yang lengkap dan harga pun beragam.


Untuk informasi lebih lebih lengkap bisa lho berkunjung langsung ke https://inapex.co.id/ atau bisa buka media sosialnya di https://www.instagram.com/indonesiapropertiexpo/.


Aku sudah beli rumah sesuai dengan pilihan hati dan berencana menatanya sesuai tips dan trik dari narasumber. Kalau kamu kapan beli rumah? Yuk ke Indonesia Properti Expo saja supaya lebih terpercaya. Hanya sampai tanggal 4 Agustus 2019 lho. Jangan sampai ketinggalan!!!

1 komentar:

Rindang mengatakan...

Pengen bgt datang ke acara keren semacam ini. Penataan interior rumah itu sgt penting bg ibu rumah tangga. Bisa mempengaruhi mood.

Kesetaraan Gender Memacu Perempuan Berdaya Di Era Digital Menciptakan Kemerdekaan Ekonomi Keluarga

Pahlawan dalam keluarga penuh dengan rasa cinta kasih sayang terbesarnya adalah seorang Ibu. Waktu sedetik pun sangat berharga bagi bel...