Kamis, 19 September 2019

4 Makna Persahabatan Dalam Film Bebas, Yang Bikin Kamu Bakal Reuni Dengan Sahabat



đź’–Biarkan terbang tinggi sampai melayang jauh menembus awan.
Sementara tinggalkan semua aturan yang kadang terlalu mengikat dan tak beralasan teman
Memang, memang benar teman, Kita perlu cooling down dan melonggarkan pakaian

đź’–Bebas lepas kutinggalkan saja semua beban dihatiku
Melayang kumelayang jauh
Melayang dan melayang


Sejenak mendengarkan lagu Bebas ini, aku langsung flashback ke masa-masa sekolah putih abu-abu. Banyak sekali memori dan kenangan yang tidak terlupakan hingga saat ini. Pertemanan iya, persahabatan iya, romansa cinta monyet iya, prestasi dalam belajar iya dan kenakalan juga iya.

Film Bebas
4 Makna Persahabatan Dalam Film Bebas, Yang Bikin Kamu Bakal Reuni Dengan Sahabat

Sekarang yang aku rasakan sangat rindu dengan teman-teman setelah 16 tahun terpisah. Ada yang merantau ke negeri jauh, ada yang sukses dalam karir, ada yang sukses dalam rumah tangga dan ada juga yang sampai saat ini selalu gagal dalam percintaan. 


Semua ini teringat sejak aku menonton screening Film Bebas karya sutradara Riri Riza. Film Bebas yang dibintangi oleh sederet aktor dan aktris ternama seperti Marsha Timothy, Sheryl Sheinafia, Baim Wong, Susan Bachtiar, Agatha Pricilla, Indy Barends, Zulfa Maharani, Baskara Mahendra, Widi Mulia, Lutesha, Maizura serta pemeran pendukung lainnya.


Film Bebas karya Produser Mira Lesmana dikemas dalam bentuk drama komedi mengisahkan dua masa dalam hidup para pemainnya saat dewasa dan remaja. Bebas adalah sebuah layar lebar yang diadaptasi dari film Korea berjudul Sunny. Press screening Film Bebas pun dilakukan di Plaza Senayan dengan menghadirkan semua para pemain.

Film Bebas
Press Screening Film Bebas, Plaza Senayan 18 September 2019



Film Bebas mengangkat momen masyarakat Indonesia saat itu tengah mencari kebebasan yang baru. Selain itu juga, anak-anak muda pada masa itu sedang bereksplorasi terhadap budaya-budaya baru. 


Dalam membangkitkan kembali nuansa 90-an, Sutradara Riri Riza dan tim produksi berburu tempat-tempat yang masih mempertahankan gaya-gaya lama. Seperti di Blok M, Melawai, ada sudut-sudut menarik, lalu kawasan Kota (Tua). Rumah-rumah juga yang kira-kira di era tahun 90-an. Serasa melihat wajah kota Jakarta jaman dulu ya.


Kalau diingat-ingat aku masih duduk di sekolah dasar masa itu. Belum terlalu mengerti akan persahabatan. Paling aku cuma punya teman bermain saja. Tapi setelah menonton film Bebas ini, aku merasa excited banget untuk reunian bersama sahabat sekolah dulu. 


Nah, dari Film Bebas ini aku mendapatkan 4 makna persahabatan semasa remaja.

1. Persahabatan tidak memandang status kaya dan miskin
Aku sangat tersentuh dengan makna persahabatan dalam film Bebas ini. Dimana statusisasi orang kaya dan orang miskin bisa saling mengisi berteman dengan baik. Pertemanan lebih utama dari segala hal mengesampingkan kekayaan. Di mana saat Vina remaja, berpindah domisili ke Jakarta dan menemukan teman-teman barunya di sekolah. Vina hadir dengan keadaan keluarga yang biasa saja bertemu dengan satu geng sekolah dari kalangan menengah ke atas. Tetapi mereka akrab bertemannya.

Dari hal ini aku menilai pertemanan tidak selalu dikaitkan dan diimbangkan dengan status sosial. Kalau dilihat anak-anak generasi millenial sekarang berteman sudah pilih-pilih akan status. Dan ternyata Vina yang lugu bisa memiliki geng sekolah yang ramai dan kocak. 


2. Sahabat selalu ada bersama setiap waktu
Aku masih teringat dengan adegan pertama, Vina menjadi bahan lelucon teman sekolah karena logat bicaranya yang sunda pisan. Kebayang saat itu tahun 90-an masih lugu-lugunya anak sekolah. Belum ada jaringan komunikasi seperti sekarang ini. Tapi pertemana selalu terjalin setiap saat. 

Vina mendapat intimidasi dari salah satu cowok di sekolah. Karena keluguan Vina sebagai siswa baru. Untungnya datang sekelompok geng sekolah yang menolong Vina. Anggota geng bernama Bebas ini yaitu Kris (Sheryl Sheinafia) sang pemimpin, Jessica (Agatha Pricilla) yang lucu dan terobsesi akan kecantikan, Gina (Zulfa Maharani) anak terkaya di grup, Suci (Luthesha) perempuan cantik dan misterius, serta Jojo (Baskara Mahendra) cowok satu-satunya. Selain menolong, geng ini juga memasukkan Vina menjadi anggotanya. Pertemanan itu membuat Vina cukup cepat dalam beradaptasi. 

Film Bebas
Geng Bebas (ki-ka) "Vina Panduwinata (Maizura, Marsha Timothy), Krisdayanti (Sheryl Shenafia, Susan Bachtiar), Gina (Zulfa Maharani, Widi), Jessica (Agatha Priscilla, Indy Barends), Suci (Lutesha), Jojo (Baskara Mahendra, Baim Wong) "



3. Selain keluarga, Sahabat selalu penolong dalam keadaan apapun
Menurut aku masa-masa sekolah adalah masa menyenangkan. Beda dengan masa kuliah dan dewasa. Mungkin karena intensnya selama 3 tahun selalu bersama terasa sekali persahabatannya. Aku juga merasakan makna persabatan ini waktu remaja.

Makna persahabatan geng Bebas bukan hanya sekedar geng-gengan saja. Tapi selalu bersama-sama ketika geng lain menyerang salah satu anggota geng. Serentak membela teman gengnya dalam keadaan apapun. Ada banyak konflik yang muncul terjadi tawuran antar sesama pelajar pada masa 90-an itu. Tapi mereka tidak pernah ikut-ikutan tawuran. 

Film Bebas menggambarkan makna persahabatan sesungguhnya. Ketika geng Bebas terpisah karena ada kesalahan yang terjadi pentas kreatifitas mengakibatkan mereka di pecat dari sekolah tersebut. Sayangnya, beberapa waktu setelah itu ada kejadian yang membuat mereka harus terpisah. Dan akhirnya mereka terpencar sekolahnya. 

Aku sangat kagum dengan peran Kris yang jago bela diri. Jadi bisa melindungi anggota gengnya. Terutama laki-laki yang selalu menggoda Vina itu lho. Bikin gemes banget.


4. Reuni dengan Sahabat 
Vina dewasa mulai terpisah dengan sahabat-sahabatnya dan menjalani kehidupannya sebagai seorang ibu rumah tangga. Berpuluh tahun kemudian, Vina kembali dipertemukan dengan teman-teman SMA-nya tersebut dalam berbagai cerita yang mengharukan dan juga menghadirkan gelak tawa. Kris mengidap penyakit yang membuat hidupnya divonis tidak akan lama. Keadaan itu membuat Kris meminta kepada Vina untuk mengumpulkan kembali geng masa sekolahnya untuk bertemu terakhir kalinya. 

Disini perasaan aku sangat meleleh, teringat teman sekolah bisa dibilang cowok yang pedekate semasa cinta remaja sudah berpulang ke rumah Tuhan. Sedih banget rasanya. Aku menangis di plot cerita Kris. Hanya bisa mendoakan almarhum di surga sana. Jujur aku juga merasa terpukul dengan kehilangan partner masa sekolah.

Perjalanan menemukan sahabat lama, Jessica (Indy Barends), Jojo (Baim Wong), Gina (Widi Mulia) dan Suci ini mengantar Vina kembali menyusuri kisah lamanya. Segala usaha dilakukan Vina untuk menemukan Suci tapi tidak bisa diketemukan. Namun Vina sudah menyebarkan berbagai informasi untuk meengundang Suci ikut reunian. Sungguh tidak mudah menemukan sahabat geng Bebas ini. Karena sudah berpencar kemana-mana dan memang karena sudah lama sekali tidak bertemu.

Sekali ketemu pun ada yang sudah sukses dengan karirnya, sukses dengan pekerjaan, dan ada mengalami kebangkrutan. Terutama Gina yang dulunya anak orang kaya kolongmerat sekarang jadi penjual kue kering tinggal dirumah kontrakan dengan keadaan orangtua sakit-sakitan.

Akhirnya Kris pun meninggalkan Geng Bebas selamanya dan meninggalkan surat wasiat bagi sahabat-sahabatnya. Ini yang paling menarik dari arti persahabatan. kris memberikan harta warisannya kepada sahabat-sahabatnya yang kurang mampu. Menobatkan Vina sebagai ketua geng, Jessica sebagai marketing asuransi terkaya dan Gina diberikan apartemen, uang tunai dan perawatan terbaik untuk orangtuanya yang sedang sakit. Dan tanpa disangka Suci pun turut menghadiri reuni mereka di tempat kediaman Kris.

Film Bebas
Produser, Sutradara dan Para Pemain Geng Bebas



Aku sangat terhenyuh akan arti persahabatan bagi Geng Bebas. Dijaman sekarang tidak ada makna persahabatan sedalam ini. Yang paling lucu dari Film Bebas ini disaat lagi berkabung, anggota Geng Bebas diminta pengacara Kris (Reza Rahardian) untuk bergoyang dengan menyanyikan lagu Bebas yang dipopulerkan oleh Iwa K.


Aku pengen sekali nonton Film Bebas ini bersama sahabat-sahabat yang ada di Jakarta. Film produksi Miles Film dan CJ Entertainment yang bekerja sama dengan Ideosource Entertainment dan BASE Entertainment mengajak penonton memaknai arti persahabatan yang tulus dan iklas. 


Film Bebas akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia mulai 3 Oktober 2019. Yuk kita ajak reunian teman, sahabat, keluarga untuk nonton seluruh bioskop kesayangan kalian.

Film Bebas
Penulis sudah nonton Film Bebas, Kalau kamu?



#ReuniDiBioskop 
#FilmBEBAS.

29 komentar:

Nurul Sufitri mengatakan...

Jadi ingat lagu persahabatan bagai kepompong :) Sahabat selalu ada dalam suka dan duka. Ketika kita bersalah, mereka ga meninggalkan kita justru memberikan support dan nasehat. AKu belum sempat nonton film ini hiks :( Ternyata zaman2 dulu itu memang jadi memori paling indah bersama sahabat ya. Artis2 yang main hits2 semua nih. Tunggu tayang di tv deh hehehe :) TFS mbak Tika.

Okti Li mengatakan...

Kalau bicarakan persahabatan memiliki makna yang sangat banyak ya. Tapi pastinya semua orang sangat mengerti akan arti persahabatan setelah sahabatan itu sendiri berpisah, atau bahkan berakhir. Ah film ini memang bikin jadi penasaran nih

Ria Nugroho mengatakan...

Wah mengangkat tema di era 90an ya, jaman banget itu. Blok m selalu jadi tempat Nongkrong sama temen. Jadi penasaran mau nonton juga film bebas ini

Artha Amalia mengatakan...

senangnya kalau punya sahabat yg selalu ada dalam segala suasana. berasa gak sendiri dan beban hidup jadi lebih enteng

Intan Daswan mengatakan...

Ahhh... jadi pengen nonton, penasaran. Tapi, harus tahan dulu nih, maklum anak saya belum bisa diajak ke bioskop. Eh, ngomong-ngomong, kalau karya Riri Riza memang selalu keren, ya...

Nabila Cahya Haqi mengatakan...

Udah jarang ketemu sama temen-temen sma, ketemunya paling ya saling sapa di sosmed atau ketemu pas ada nikahan, Hehe. Tapi ya tetep kenangan itu selalu membekas.

ajeng natassia mengatakan...

Walaupun judulnya Bebas, ternyata makna film nya cukup dalam yaa mba Tika. Jadi penasaran pengin nonton nih filmnya. Makasih sharingnya ya mba :)

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist mengatakan...

Aku penasaran sama film ini
Apalagi kepo dengan kata "bebas"
Bisa jadi interpretasiku berbeda nij

Evalina mengatakan...

Senangnya bisa bertemu kembali dengan sahabat, setelah terpisah bertahun-tahun lamanya

Indrifairy mengatakan...

Makna sahabat memang luas ya dan lewat film Bebas ini kita jadi tahu betapa berharganya sebuah persahabatan, mau nonton lagi enggak nih?temenin aku yuk

Dee_Arif mengatakan...

Masa SMA emang paling indah ya

Aku sampai skrg masih beesahabat dgn sahabat2 waktu SMA

Masih suka meet up,

Seru kali ya meet up sambil ntn film ini

Herva Yulyanti mengatakan...

turut berduka mba nonton filmnya jadi mengingatkan alm yah :) btw aku penasaran nih pgn nonton film ini kangen seseruan bareng sahabat

Arda Sitepu mengatakan...

Senang banget bisa datang ke acara keren ini mbak, apalagi teringat masa sekolah atau kuliah dulu. Pengen euy nonton filmnya nanti.

Yanti Alif mengatakan...

Nonton film Bebas tuh nyess banget di hati inget masa2 sma dlu yng bebas lepas tanpa pikiran berat sama genk suka dan duka dilalui..indah banget mba..smpe kepngen reunian trus

fenni bungsu mengatakan...

Wah kalau mau nonton ini harusnya lebih enak bareng sahabat dulu waktu sekolah yak, biar sekalian reunian

antung apriana mengatakan...

wah aku jadi penasaran nih sama film ini. apalagi kalau dilihat ini eranya aku banget. hihi. dulu sudah pernah nonton film koreanya dan memang keren filmnya

Sumiyati Sapriasih mengatakan...

Film bebas mengingatkan aku selagi masa sma yang punya sahabat selalu berbagi dalam suka maupun duka

Jiah Al Jafara mengatakan...

Kalau Sunny tuh kayanya perempuan semua ya. Kalau bebas ada cowoknya. Penasaran sama remakenya ini. Tapi mau nonton versi asli dulu

Anita Makarame mengatakan...

Pengen ngajak temen2 nonton film ini. Tapi udah pada punya buntut & tersebar luar kota. Ngatur jadwal juga sulit. Tapi lihat trailernya pengen nonton banget.

Zefy Arlinda mengatakan...

aku belum nonton mbakk...bagus nih film
nonton bareng teman-teman kayaknya seru ya
supaya sekalian nostalgia masa-masa seru di sekolah dulu, sayang kayaknya bakalan susah ngumpulin umat yang dah mencar kemana-mana

Khoirur Rohmah mengatakan...

Asyik ya kalau punya sahabat sejati begitu, dalam keadaan suka atau duka ya ntar ujung2nya tetep balik bersama gitu hheee
Oh iya ini adaptasi dari Drakor Sunny ya mbak. Kok aku pengen liat versi Koreanya dulu ya mbk,
berarti besok ini udah tayang ya Film Bebas

Ali Muakhir mengatakan...

Kalau produser dan sutradaranya duet Miles dan Babang Riri mah wajib nonton dong, soalnya udah pasti jaminan mutu hehehe

ruziana mengatakan...

wah besok nih tayang perdana
jadi pengin nonton
apalagi film mira lesmana selalu bagus
nanti ajak deh teman2 untuk nonton
terimakasih sudah kasi reviewnya ya mba

Oky Maulana mengatakan...

Duuuuh jadi gak sabar mau nonton, booking tiketnya ah mumpung udah bisa dibeli nih biar dapet tempat duduk yang pewe

Tukang jalan jajan mengatakan...

mudah mudahan saat nonton film ini banyak menarik warga Indonesia untuk mencobanya. Jadi penasaran ama trik percintaan. Boleh nih share di grup kawan sekolah. Sekalian reuni dan menonton film ini.

MAHADEWI Shaleh mengatakan...

Aku belum sempat nonton versi Indonesia ini karena ada anak, hiks. Cuma kalau emang ini mengadaptasi Sunny, it should be a good one. Karena aku juga suka sekali sama film Sunny. Masuk wish list nonton ku deh

Marfa U mengatakan...

Huaaa so excited, jadi pengin ngajak temen buat nonton deh hihi. Aku jujur penasaran krn ini film emang adpatasi dari Sunny kan, kaya yang Usia 20 dulu. Pengin ngeliat serunya ey

Anisa Deasty Malela mengatakan...

Belum nonton, hari ini ya tayang di di Bioskop :) mau ah nonton bareng teman-teman se-gank SMA
Sambil mengingat masa lalu

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Sempat ngobrolin tentang film ini sama beberapa teman, ternyata emang bagus banget ya mbak. Aku soalnya pengen nonton juga deh, tapi masih adakan ya? Aku belum cek lagi aplikasi pembelian tiket nonton.

Palapa Ring Menyatukan Bangsa Indonesia Dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Beberapa hari belakangan ini aku dan abang yang berlokasi di Papua bisa terhubung melalui video call sebuah aplikasi yang terkoneksi de...