Sabtu, 14 September 2019

Kriya Nusa 2019 Ajang Pameran Kerajinan Tangan Nusantara, Ayo Dukung Karya Terbaik Para Perajin Indonesia!



Seberapa Indonesia kah kamu?


Pertanyaan ini aku dengar ketika menghadiri sebuah acara Temu Netizen #KriyaNusa2019 dengan tema "PENINGKATAN DAYA SAING PRODUK KERAJINAN MELALUI PENGEMBANGAN KREATIFITAS & KEWIRAUSAHAAN" yang bertempat di Kembang Goela Restoran, Jakarta, Senin 9 September 2019. Adapun acara ini untuk menginformasikan dan meramaikan pameran Kriya Nusa 2019 yang dimulai dari tanggal 11 - 15 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta. 

Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara
Kerajinan Tangan Tenun Ulos dan Songket Tarutung, Sumatera Utara


Sebagai warga negara yang cinta dengan budaya Indonesia, aku sangat suka dengan produk-produk negeri. Seni kerajinan tangan hasilnya etnik, lucu, kreatif dan tidak ada dijual dimana-mana. Selain itu, kerajinan tangan ini layak dipasarkan dan diekspor. Ada harga ada kualitas juga ya. Itulah sebabnya aku sangat menjauhkan niatan untuk membeli produk import. 


Pas sekali menghadiri acara Temu Netizen #KriyaNusa2019 ini aku mengenakan hasil karya seni Indonesia. Mulai dari atasan batik khas Yogyakarta, celana kulot dari online shop Bandung, sepatu dari Cibaduyut Bandung, tas ulos kerajinan tangan Sumatera Utara, anting-anting kerajinan tangan Sukabumi dan makeup aku pun produk lokal.


Aku saja sudah pakai dan cintai produk Indonesia, Kalau kamu?

Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara
Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara


Generasi Muda Millennials siap mencipta dan berkarya itulah alasan aku menghadiri acara Temu Netizen Karya Nusa 2019 yang dihadiri oleh narasumber sharing tentang Dekranas kembali menyelenggarakan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2019. Sebagai ikon pameran kerajinan terbesar di Indonesia, Kriyanusa tak bisa lepas dari berbagai kerajinan khas Nusantara. Di tahun 2019 ini, setidaknya ada 198 kriya yang ditampilkan dalam Kriyanusa. 


Ibu Triana Rudiantara selaku Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi KriyaNusa menginformasikan "Sosialisasi ini ditujukan agar masyarakat melalui para netizen dan influencer, lebih mengetahui event yang akan mempertemukan para perajin seluruh Nusantara. Dengan adanya anak-anak muda yang kreatif, hasil karya kita bisa jadi karya nilainya mahal. Karena pengrajin Indonesia terkenal dengan tangannya yang terampil dan kreatifitasnya sangat inovatif."

Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara
Ibu Triana Rudiantara selaku Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi Kriya Nusa


Tentu dengan mengenalkan karya anak bangsa untuk perdagangan ekspor akan meningkatkan taraf ekonomi pengrajin. Termasuk keuntungan juga bagi negara untuk menambah devisa. Tercatat data ekspor pada tahun 2018 memberikan devisa sebesar US$ 1,2 juta. Sehingga karya-karya seni Indonesia Go International!


Mengingat latar belakang Kriya Nusa 2019 karena Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) berkomitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kerajinan Indonesia. Menjaga keberadaan dan kontinuitas produksi produk kerajinan melalui peningkatan keterampilan pada generasi muda. Melakukan pembinaan produk melalui peningkatan kualitas, desain, produksi dan penggunaan teknologi baru agar dapat meningkatkan daya saing.


Itulah sebabnya acara yang diselenggarakan oleh Dekranas ini ditujukan untuk mendukung para perajin lokal untuk terus berkarya. Melalui Kriya Nusa 2019, pemerintah mengajak masyarakat agar terus mendukung karya-karya terbaik perajin lokal di seluruh Indonesia dan mencintai produk-produk dalam negeri.


Ibu Euis Saedah selaku Sekretaris Jenderal Dekranas mengatakan bahwa "Kriya Nusa adalah ajang untuk memamerkan karya daerah, karena daerah-daerahlah yang akan memperkenalkan hasil karya dan kerajinan terbaik pengrajin. Kriyanusa sendiri merupakan ikon pameran kerajinan terbesar di Indonesia yang ditujukan sebagai wadah promosi bagi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Dekranasda di seluruh Indonesia." 

Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara
Ibu Euis Saedah selaku Sekretaris Jenderal Dekranas


Disinilah kesempatan dan peran anak-anak generasi millennials sangat dibutuhkan. lebih kreatif dan inovasi lagi menciptakan karya-karya. Dengan begini akan semakin terbukanya lapangan kerja dalam setiap daerah.


Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya pendapatan online shopping atau e-commerce tahun ini naik sekitar 9,3% dari tahun sebelumnya atau penetrasi pengguna e-commerce sebanyak 168,3 juta (62,2%) pada tahun 2019. Diperkirakan akan meningkat menjadi 75,3% pada tahun 2023 nanti. Luas biasa ya teknologi digital ini sudah sampai ke pelosok negeri.


Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementrian KOMINFO mengatakan bahwa "Kominfo turut membantu dan mengerahkan menyuarakan Kriya Nusa 2019 sampai kepada semua warga Indonesia. Harapan kami dengan adanya program Kriya Nusa, seluruh Indonesia tahu, kalau Indonesia itu besar, punya karya dan untuk itulah Kominfo selalu bersinergi untuk menyampaikan program-program Dekranas dan Pemerintah."

Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara
Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementrian KOMINFO


Semudah itulah pembelian produk melalui platform e-commerce. Cukup dengan smartphone terhubung internet dengan aplikasi playstore. Klik produk, masukkan keranjang, bayar dan beberapa hari kemudian kita sudah bisa menerima belanjaan di rumah. Tanpa harus mendatangi toko secara konvensional. Inilah bercermin dari gaya belanja kaum millennials sekarang yang mudah lewat media sosial dan berbagai metode pembayaran. It's so simple!!!


Aku pun merasa bangga sekali dengan hasil karya dari daerah aku Sumatera Utara yaitu Ulos, Kain tenun dan Songket. Pasti sudah pada kenal dong ciri khas Ulos Batak yang sekarang ini sudah banyak dikreasikan dalam berbagai macam kerajinan. Misalnya tas, atasan, dress, sor tali, sepatu dan berbagai keunikan bentuk.


Widodo Muktiyo sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI yang turut hadir dalam acara Temu Netizen #KriyaNusa2019 menyampaikan "Kita harus bangga menjadi Bangsa Indonesia, bangga menjadi warga muda, menjadi pahlawan masa kini, pahlawan yang mengenalkan kerajinan-kerajinan dan karya Indonesia ke mata dunia."

Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara
Widodo Muktiyo sebagai Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI


Jadi karya kerajinan tangan dari Sabang sampai Merauke inilah yang akan kita lihat di pameran Kriya Nusa selama 5 hari. Sebuah ajang pameran produk kerajinan tangan asli dari daerah-daerah di Indonesia. Selama pameran Kriya Nusa 2019 berlangsung akan dimeriahkan dengan berbagai acara. Mulai dari fashion show, workshop hingga penampilan live music dari Lapazze Band. Tak hanya pameran kerajinan, Kriyanusa 2019 juga menghadirkan ragam kuliner Nusantara di dalamnya. 


Selain Dekranasda dari seluruh Indonesia, Kriya Nusa 2019 juga diikuti oleh sejumlah BUMN dan Kementerian. Adapun tema Kriya Nusa 2019 yaitu motif "Pucuk Rabuang" yang berasal dari daerah Sumatera Barat sebagai ikon dalam pameran kerajinan nusantara. Terdapat 246 stan yang terdiri dari 170 stan Dekranasda, 37 stan Kementerian dan BUMN, 25 stan individu, 8 stan mitra dan 6 stan asosiasi. 

Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara
Stand Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) Prov. Banten


Adapun kategori produk yang akan di pamerkan dalam #KriyaNusa2019 yaitu :
1. Tekstil
2. Keramik
3. Serat Alam
4. Batu-batuan
5. Logam
6. Kayu
7. Bahan baku alam
8. Bahan baku alam olahan
9. Lukisan, dan lain-lain.


Dengan pertanyaan "Seberapa Indonesia kah kamu?" aku pun langsung menjawab "Iya aku sangat Indonesia dan sangat cinta dengan produk negeri ini". Mengingat Indonesia sangat kaya dengan sumber daya alamnya mulai dari kayu, serat, akar dan daun pun bisa menghasilkan sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai yang mahal. Dari tangan para pengrajin bahan mentah diolah menjadi bahan jadi dan dikreasikan dengan ide-ide kreatifitas menjadi sebuah produk yang menawan. 

Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara
Kerajinan Tangan Lurik Asri (credit : Yayat)
Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara
Kain Tenun (credit : Yayat)


Kriya Nusa 2019 diadakan sampai tanggal 15 September 2019 teman-teman. kesempatan bagus nih buat kalian yang suka dengan produk-produk dalam negeri khususnya kerajinan tangan langsung datang ke Balai Kartini, Jakarta. Gratis dan tidak dipungut biaya, FREE!!! 



Aku saja sudah ke Kriya Nusa, kalau kamu kapan?


Kriya Nusa 2019, Pameran Kerajinan Nusantara


18 komentar:

Rachmanita AdindaRara mengatakan...

Aku seneng banget mampir main ke kriyanusa ini karena emang banyak banget kerajinan dari seluruh indonesia disini...

Gioveny mengatakan...

Dengan segala kemudahan jual beli jaman now. Semoga hasil karya masyarakat di seluruh nusantara semakin bisa dinikmati langsung jadi nggak perlu menunggu datang langsung ke tempatnya tapi dengan pesan online bisa punya koleksi kain nusantara

Yulia Rahmawati mengatakan...

Wuih ini mah bikin laper mata, saya suka pakaian dan perhiasan tradisional, selain unik, punya sejarah jg :)

Nia Nurdiansyah mengatakan...

Bakalan kalap deh kayaknya aku kalau datang ke pameran yg berbau2 Indonesia gini...apalagi klo banyak kain2 Nusantara yg lucu2 motifnya

Farida Pane mengatakan...

Duh, siapa coba yang ga bakal jatuh cinta liat karya2 cantik ini?

Intan Novriza Kamala Sari mengatakan...

Mbak, kainnya cantik-cantik banget deh asli..
Mupeng banget euy pengen punya juga. Pasti kece banget ya kalo pefotoan pake kain-kain ini. :))

Didik mengatakan...

Aku sempat ke pameran Kriyanusa ini. Keren-keren emang produksi umkm kita. Tinggal pemasarannya aja yang perlu diperluas sehingga keuntungan mereka juga bertambah. Semoga Dekranas terus membantu pengusaha ya.

gita siwi mengatakan...

Nggak sempat kesini kebayang deh pengrajin dengan kualitas terbaik pada kumpul ya semoga KriyaNusa tahun depan makin banyak peserta dan pengunjung yang datang dan belanja

diane mengatakan...

wahh aku suka banget dengan pameran2 produk nusantara yang kayak gini.. keren2 hasil karya dari daerah2 ini ya

April Hamsa | Author keluargahamsa.com mengatakan...

Bagus pameran2 kayak gini, untuk membantu mempromosikan produk dari UKM2 ya mbak, apalagi produknya punya ciri khas Indonesia banget gtu. Moga2 bisa memfasilitasi pameran di luar negeri juga buat teman2 UKM yang udah siap go international jg.

nurul rahma mengatakan...

Koleksi kerajinannya baguus banget ya Mba
Semakin menambah kecintaan kita akan budaya Indonesia
--bukanbocahbiasa(dot)com--

aji setiawan mengatakan...

Salah satu yang saya suka kalo berkunjung ke pameran produk indonesia adalah banyak kerajinan menarik yang belum pernah saya lihat sebelumnya. sayang sekali pameran ini di jakarta sedangkan saya di semarang

Suzannita mengatakan...

Tentunya kita sebagai warga negara Indonesia kita harus mencintai produk dari negeri kita sendiri Kalau bukan kita siapa lagi

Ria Fasha mengatakan...

kain ulos nya cantik banget,
kepengen punya juga jadinya
ikut seneng karena produk indonesia makin dikenal. perlu peran kita juga untuk melestarikannya

fenni bungsu mengatakan...

Jadi kepingin nungguin Kriya Nusa tahun depan seperti apa ya, soalnya yang tahun ini meriah

lendyagasshi mengatakan...

Untuk lebar dan panjang kain ulos ini sudah ada standartnya yaa, kak...?
Aku suka banget sama kain-kain khas Indonesia yang dijahit jadi outer atau bahkan baju panjang.
Cantik.

catatanemak mengatakan...

UKM Indonesia perlu lebih bnyk lagi event seperti Kriya Nusa ini supaya dunia luar lebih mengenal karya mereka.Karena karya kreatif anak bangsa patut diinformasikan ke kancah internasional

Diah Woro Susanti mengatakan...

Kapan ada lagi ya, sayang banget kemarin ga sempet mampir. Pdhl ada brp hari itu ya huhu

Palapa Ring Menyatukan Bangsa Indonesia Dan Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Beberapa hari belakangan ini aku dan abang yang berlokasi di Papua bisa terhubung melalui video call sebuah aplikasi yang terkoneksi de...