Kamis, 03 Oktober 2019

Penanganan Bencana Karhutla Negara Hadir Secara Sinergi Dan Simultan



Bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih melanda beberapa provinsi. Jumlah lahan dan hutan terbakar di tanah air berangsur terus menurun. Sampai saat ini masih tetap dilakukan upaya penanganan karhutla masih tetap digelar pemerintah secara intensif.

Penanganan Bencana Karhutla Negara Hadir Secara Sinergi Dan Simultan
Penanganan Bencana Karhutla Negara Hadir Secara Sinergi Dan Simultan


Pemerintah sudah menyampaikan agar seluruh pihak, mulai dari pusat hingga daerah untuk melakukan konsolidasi dalam penanganan karhutla secara menyeluruh. Bukan hanya itu, sesuai dengan himbauan Presiden Jokowi terhadap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan proses hujan buatan dengan cakupan yang lebih luas. 


Bencana kita terkait dengan kepekaan hutan. Sangat dipengaruhi oleh cuaca dan sekaligus masalah kerusakan lingkungan. Karena ini ancaman permanen sehingga masalah karhutla pernyelesaiannya juga harus permanen. Bukan hanya sekedar respon. Kalau hanya dengan respon berarti kita hanya mengharapkan hujan alam untuk menyelesaikannya dan memadamkan. 99 persen kejadian kebakaran terjadi karena ulah sumber daya manusianya. 


"Penanganan Bencana" Karhutla ini dibahas di acara Forum Merdeka Barat (FMB) 9 tempo hari (Rabu, 2/10/2019) hadirnya tiga lembaga mengupas tuntas progres penanganan karhutla. Diskusi digelar di Ruang Serbaguna Sutopo Purwo Nugroho, Lt 15, BNPB, Jakarta Timur dihadiri oleh narasumber yakni Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala UPT Hujan Buatan BPPT Tri Handoko Seto, Deputi Sistem dan Strategi BNPB Bernardus Wisnu Widjaja, Kapusdatinmas BNPB Agus Wibowo, dan Analis Kejadian Gempabumi Ambon Daryono.

BMKG menginformasikan curah hujan
Perkiraan Curah Hujan selama bulan september dan bulan berikutnya



Untuk itu dari BMKG menginformasikan analisa terkait dengan cuaca bulan september dan bulan berikutnya. Sejauh ini pantauan analisis hasil pantauan curah hujan berdasarkan titik pengamatan seluruh Indonesia dibagi menjadi tiga yaitu 10 hari pertama dibulan September, 10 hari akhir bulan September dan 10 hari di awal bulan Oktober. Curah hujan di area-area Indonesia termasuk kriteria rendah. 


BMKG memprediksi curah hujan satu minggu kedepan dilihat potensi hujan sedang sampai lebat terjadi di beberapa daerah. Tapi di daerah Bekasi sama sekali belum pernah di guyur hujan lho. Malah terjadi kekeringan air di beberapa daerah. Salah satunya air di perumahan saya sangatlah sulit.

Negara Hadir Tangani Bencana Karhutla Secara Sinergi dan Simultan
Kapusdatinmas BNPB Agus Wibowo



Prediksi cuaca curah hujan ke depan dari BMKG negara Indonesia musim kemarau akan semakin panjang. Bener banget ya memang semakin terasa sekali panas dan ekstrim cuaca sekarang ini. Berasa seperti di gurun pasir. Panasnya membara sampai sore hari. Namun potensi hujan pada tahun akhir tahun dan awal tahun 2020 akan semakin tinggi. Namun kita tetap antisipasi terhadap bencana banjir dan longsor.


Akibat dari bencana kebakaran hutan dan lahan ini menghasilkan kondisi siaga darurat ada 6 provinsi yaitu Kalimantan Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Jambi. Untuk mengantisipasi kondisi 6 provinsi karhutla sudah membuat patroli terpadau melibatkan beberapa instansi seperti TNI, Polri, Pemda dan Kemenhut sendiri. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) sudah menyediakan posko untuk penanganan karhutla. 

BMKG Gempa Bumi Ambon
Informasi Kebencanaan Geologi Bulan September 2019 khususnya Gempa Bumi di Ambon



Operasi dukungan pemadaman berbagai cara sudah dilakukan. Termasuk patroli terpadu melalui luas jangkauan pesawat udara yang digunakan sebanyak 45 unit dengan jumlah air yang sangat banyak. Tidak disangka ya sampai sebegini besarnya permasalah karhutla di negara kita. 


Karhutla sangat berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh sebab itu kita harus tetap waspada dan menerapkan bagaimana cara mengatasi masalah kesehatan dengan adanya karhutla. Ada 3 konsep dasar mengatasi buruknya kesehatan akibat karhutla.
1. Cegah, mencegah agar tidak ada pembakaran hutan terjadi kembali. Perlu ketegasan pemda didukung dengan penegakan hukum dan koordinasi lintas sektor.
2. Hindari, jika pencegahan gagal, hindari udara tercemar dengan membangun ruang aman asap berbasis cyrcle community dan diprioritaskan buat kelompok rentan. Yang perlu dibangun mulai dari sebelum adanya kebakaran. 
3. Lindungi, terpaksa dan terbatas gunakan masker apapun jenisnya. Dan digunakan secara benar. Batasi waktu paparan terhadap kabut asap.

Negara Hadir Tangani Bencana Karhutla Secara Sinergi dan Simultan
Bahayanya Dampak Asap bagi kesehatan



Dampak asap bagi kesehatan akan berbahaya pada gangguan saluran pernafasan. Karena sangat banyak mengandung bahan kimia dan gas. Sangat mudah berdampak bagi manula, bayi dan pengidap penyakit dan demikian pula berdampak bagi orang sehat. Nah, kita perlu waspada terhadap dampak bahaya asap. Ya setidaknya semua makanan harus higienis dan hindari kontaminasi dengan asap.


Karhutla sebuah kejahatan serius dan luar biasa karena dampaknya sangat merugikan negara bahkan masyarakat. Terutama dampaknya pada kesehatan dan ekosistem kita punah. Dan berdampak langsung juga dengan ekonomi bangsa dan terus menerus meningkatkan kerugian negara. 


Sehingga Presiden Jokowi juga menginstruksikan agar dilakukan tindakan tegas terhadap para pelaku pembakaran hutan dan lahan. Dengan melakukan pencegahan di lokasi-lokasi rawan atau lainnya agar titik api bisa segera diketahui dan tidak membesar yang berpotensi menyebabkan meluasnya karhutla. 

Negara Hadir Tangani Bencana Karhutla Secara Sinergi dan Simultan



Nah, ancaman serius karhutla ini akan ditindak lanjuti secara hukum. Ibarat kata makan sibuah mala kama ya buat pelakunya. Kalau hutan kita sudah terbakar punah dan ekosistem kita terganggu sama halnya hidup dan kesehatan kita terganggu. Oleh sebab itu, Mari kita lindungi sumber daya alam dengan sebaik-baiknya.

30 komentar:

Nia K. Haryanto mengatakan...

Ngomongin soal Karhutla selalu bikin sedih. Sebab kejadiannya terus saja berulang setiap tahun. Semoga ya, setelah ini penanganan karhutla semakin baik. Semua elemen negara dan masyarakat saling bersinergi dan simultan.

elsalova mengatakan...

Memang butuh sebuah tindakan tegas sih ya dari kahutla. sama hukuman yang bikin jera.

Intan Novriza Kamala Sari mengatakan...

Masalah karhutla ini emang butuh sinergi dari banyak pihak ya mbak. Sedih deh lihat berita tentang karhutla di mana-mana. Hutan kita harusnya jadi paru-paru dunia, bukan malah nyebarin asap kemana-mana. Hikss :((

Indrifairy mengatakan...

kita memang tidak bisa tinggal diam dengan kejadian KARHUTLA ini dan dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat agar tidak terjadi berulang kali

Demia mengatakan...

sedih banget nih kebakaran hutan rasanya hampir terjadi di setiap musim kemarau ya, semoga kedepannya bisa lebih terawasi nih dan terhindar dari kebakaran hutan , amiiin yaroballalamin

Utie Adnu mengatakan...

Semoga masalah ini cepat teratasi Dan gak selalu terulang setiap tahun

Ratna Kirana mengatakan...

Kebakaran hutan ini bener2 bikin aku kesal dan marah. Sebagai pendatang di Pekanbaru, aku baru ngalami bencana asap dan sesak napas parah bgt

Alma Wahdie mengatakan...

2 hari ini status udara kami di Palembang sudah di level sangat berbahaya. Aroma asap menempel di pakaian. Napas jadi sesak dan mata perih. Semoga ini segera berakhir. Setiap tahun karhutla selalu terjadi. 2015 dan 2019 ini tercatat yg paling parah. Sedih karena selalu terulang

Farida Pane mengatakan...

Penting banget ini ya disosialisasikan ke semua pihak biar bisa sama2 menjaga

Gita Siwi mengatakan...

Karhutla bikin sedih, gemes dan mau marah. Semoga sinergi dengan banyak pihak dapat menyelesaikan kasus per kasus deh. Amin

Diah Woro Susanti mengatakan...

Semoga musim hujan segera datang agar karhutla tertangani sendiri oleh alam. Utk skrg saya rasa udag bagus koq sinergi pemerintah dan aparat keamanan utk mencegah karhutla lebih luas lagi

sae mengatakan...

Karhutla perlu disikapi dengan bijak nih, baik diri sendiri juga pengambil kebijakan..

Indri Cume mengatakan...

Duh suka sedih dan merinding klo inget ttg karhutla ini. Kasian jg, dan emg bener" butuh penanganan yg tegas ya

Mpo Ratne mengatakan...

Karhutla memang bencana yang jadi pelajaran bagi kita semua karena semoga ini tidak terjadi lagi.

Larasatinesa mengatakan...

Sedih ya mba karena tiap tahun selalu terjadi karhutla. Semoga penanganannya makin baik, saling menjaga lingkungan antara masyarakat dan pemerintah, dan semoga oknum-oknum yang membakar diberikan hukuman setimpal.

Rostiny mengatakan...

Semoga tidak ada lagi karhutla di masa mendatang

diane mengatakan...

Semoga dimudahkan dan dilancarkan ya usaha pemerintah menangani karhutla..Gak mudah emang apalagi masih banyak orang yang sengaja membakar...

Suzannita mengatakan...

Kami di Palembang merasakan sekali dampak dari karhutla ini, setiap hari menghirup kabut asap

Pertiwi Yuliana mengatakan...

Semoga upaya-upaya positif dari pemerintah terus dijalankan agar meminimalisir kejadian serupa di masa mendatang.

Auda Zaschkya mengatakan...

Karhutla yang ditangani pemerintah, sudah cukup baik. Nah,, kita masyarakat juga wajib membantu dan sadar diri.

fenni bungsu mengatakan...

Karhutla sudah sangat meresahkan ya, semoga tidak ada lagi peristiwa ini lagi

Meli Engku mengatakan...

semoga aja cepet berlalu, pemerintah bisa menangani secara tuntas dan beri sanksi yang berat bila ada unsur kesengajaan

Tukang jalan jajan mengatakan...

duh..... sebagai orang Pontianak yang merasakan setiap tahun dampak kabut asap ini selalu kesal dengan perbuatan orang tak bertanggungjawab. Lawan pembakar hutan dan laporkan. jangan diam

Jeanette Agatha mengatakan...

Semoga Karhutla ini bisa diatasi ya. Sedih banget harus berulang-ulang setiap tahun terjadi. Semoga ada tindakan yang tegas juga untuk oknum-oknum yang melakukannya.

Azzuralhi mengatakan...

Karhutla, berulang setiap tahun. Memang harus ada kerjasama yang saling terintegritas dari hulu hingga hilir.

Saya yang kena asap pas sore-sore ada yang bakar sampah aja rasanya udah engap banget. Apalagi mereka yang terdampak Karhutla ini. Ga bisa ngebayangin betapa tersiksa dan stresnya mereka.

Siti Nurjanah mengatakan...

Akutuh sedih banget denger bencana kebakaran hutan dan lahan. Berharap musim hujan segera tiba dan kabut asap yang merupakan dampak dari kejadian tersebut bisa segera teratasi

lendyagasshi mengatakan...

Semoga Indonesia bisa menangani masalah Karhutla ini.
Aku yakin dengan saling mendoakan dan bahu-membahu dalam langkah yang nyata, titik-titik api bisa dipadamkan.

Farahdjafar mengatakan...

Semoga karhutla bisa diatasi dan tidak ada kejadian yang tambah parah lagi, kasian banget tiap tahun bisa terjadi

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Medoakan yang terbaik, bismillah semoga Karhutla teratasi dengan baik
kerjasama mengatasinya lebih cepat membaik

ruziana mengatakan...

Benar banget ini kalau karhutla adalah ancaman serius dan perlu ditindaklanjuti secara hukum. saya setuju kita semua melindungi sumber daya alam dengan sebaik-baiknya, karena demi anak cucu kita di masa depan

Kesetaraan Gender Memacu Perempuan Berdaya Di Era Digital Menciptakan Kemerdekaan Ekonomi Keluarga

Pahlawan dalam keluarga penuh dengan rasa cinta kasih sayang terbesarnya adalah seorang Ibu. Waktu sedetik pun sangat berharga bagi bel...