Jumat, 29 November 2019

9 Aksesoris Kamera DSLR yang Wajib Dimiliki Oleh Para Fotografer Pemula



Mempunyai hobi fotografi merupakan hal yang sangat menarik. Kamu dapat mengabadikan berbagai objek yang ada di sekitar dengan menggunakan kamera DSLR. Hal yang paling seru saat memulai fotografi itu adalah saat mendapatkan hasil jepretan yang bagus dan sesuai dengan yang diinginkan. Alhasil kamu jadi ketagihan untuk memotretnya terus-menerus hingga bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang lebih ciamik lagi. Memiliki kamera DSLR beserta aksesoris-aksesoris kamera merupakan senjata utama yang dibutuhkan oleh seorang fotografer profesional untuk kebutuhan pekerjaannya ataupun sekedar menyalurkan hobi tersebut.

Kamera, Fotographi, Photografer, Camera, Traveling, Motret
Sumber : Shopee


Dengan hadirnya kamera DSLR, sang fotografer bisa leluasa memotret gambar dengan adanya sistem pengaturan yang lengkap dan membuat ia dapat mengabadikan setiap momen dengan hasil yang sangat menjanjikan. 


Oleh karena itu, buat kamu para fotografer pemula agar bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih ciamik sekiranya kamu membutuhkan aksesoris kamera yang lengkap. Apa saja aksesoris-aksesoris kamera tersebut? Berikut ini deretan aksesoris kamera yang perlu dimiliki oleh seorang fotografer pemula.


1. Flash Eksternal 

Kamera, Fotographi, Fotografer, Camera, Traveling, Motret
Flash Eksternal (Sumber : pinterest.com)


Setiap kamera DSLR memang sudah dibekali dengan flash, tetapi tidak selalu bisa maksimal. Kehadiran flash eksternal ini tentunya bisa membantu kamu untuk  mendapatkan kualitas foto yang lebih ciamik. Aksesoris kamera satu ini mempunyai power yang terbilang lebih besar dari flash bawaan kamera. Karena memiliki kemampuan kontrol yang lebih fleksibel.  Dengan flash eksternal ini pun kamu dapat mengatur arah pencahayaan ke setiap objek dengan mudah.



2. Lenshood

Kamera, Fotographi, Fotografer, Camera, Traveling, Motret
Lenshood (Sumber : pinterest.com)


Lenshood adalah salah satu aksesoris kamera yang digunakan untuk bagian depan lensa yang dimana berguna agar bisa memblokir sinar matahari secara langsung. Sehingga tidak akan mengenai lensa kamera karena sangat sensitif. Selain itu, lenshood juga berfungsi sebagai pelindung lensa terhadap serpihan air yang dapat mempengaruhi hasil gambar. Tak hanya itu, aksesoris satu ini juga mampu melindungi lensa kamera terhadap benturan dan goresan. 



3. Filter

Kamera, Fotographi, Fotografer, Camera, Traveling, Motret
Filter (Sumber : pinterest.com)


Filter ini juga sangat penting untuk kamera DSLR. Karena ini berfungsi untuk melindungi kamera DSLR sehingga bisa mengurangi pantulan sinar matahari secara langsung. Selain itu, aksesoris satu ini juga mampu menghilangkan refleksi di kaca atau air serta menajamkan objek gambar tertentu. Dengan begitu, maka kamu bisa menghasilkan gambar yang lebih berkualitas dan maksimal. Ada berbagai jenis filter yang sudah beredar di pasaran, tentunya dengan harga yang bervariasi.



4. Tripod

Kamera, Fotographi, Fotografer, Camera, Traveling, Motret
Tripod (Sumber : pinterest.com)


Tripod ini berguna sebagai penopang kamera ketika ingin mengambil gambar secara eksposur long shutter. Sehingga hasilnya pun akan terlihat lebih tajam dan maksimal. Saat ingin membeli tripod, kamu harus pastikan terlebih dahulu jika tripod itu dapat menopang dengan benar, lalu kaki-kakinya bisa diperpendek dan diperpanjang dengan mudah. Ada berbagai jenis tripod, mulai dari gorillapod dan monopod yang fungsinya untuk menopang kamera beserta lensa. Jadi ketika kamu ingin memasang lensa yang berat, kamu hanya tinggal menggunakan tripod saja. 



5. Shutter Release

Kamera, Fotographi, Fotografer, Camera, Traveling, Motret
Shutter Release (Sumber : pinterest.com)


Selain filter dan tripod, aksesoris satu ini juga menjadi aksesoris yang wajib bagi fotografer landscape. Ini berguna untuk memotret gambar tanpa perlu memencet tombol pada kamera DSLR, sehingga dapat mengurangi getaran ketika sedang memotret. Shutter Release ini memang seperti remote control. Telah tersedia dua jenis shutter release yang bisa kamu temui di pasaran, yakni wireless dan kabel. Harganya pun sangat bervariasi. 



6. Tas Kamera

Kamera, Fotographi, Fotografer, Camera, Traveling, Motret
Tas Kamera (Sumber : pinterest.com)


Dengan hadirnya tas kamera ini tentunya bisa memudahkan kamu untuk menyimpan lensa dan kamera dengan sangat aman ketika ingin bepergian. Tas ini juga mampu melindungi kamera kesayangan kamu dari debu, air ataupun benturan. Telah tersedia berbagai macam jenis tas kamera DSLR yang bisa kamu temui di pasaran. Kamu bisa pilih jenis tas kamera yang sesuai dengan selera kamu, bisa tipe ikat pinggang, backpack, sling-slide yang menyamping atau yang seperti koper. 



7. Kit Pembersih

Kamera, Fotographi, Fotografer, Camera, Traveling, Motret
Kita Pembersih Kamera (Sumber : pinterest.com)


Menjaga kondisi pada eksterior kamera tentunya sangat penting untuk dilakukan. Maka dari itu, membeli kit pembersih eksterior kamera juga perlu kamu perhatikan, seperti lap mikroifber dan cairan pembersih yang khusus. Untuk mencari kit pembersih seperti ini pun bisa kamu temukan dengan mudah, kamu bisa mengunjungi toko penjual kamera atau aksesoris kamera terdekat maupun secara online. Pada bagian sensor kamera, ada baiknya kamu memberikan perhatian khusus kepada layanan sensor cleaning supaya lebih aman dan tidak membuat kamera kamu jadi cepat rusak karena kesalahan dalam pembersihannya. 



8. Vertical Grip

Kamera, Fotographi, Fotografer, Camera, Traveling, Motret
Vertical Grip (Sumber : pinterest.com)


Aksesoris satu ini bisa memudahkan kamu ketika ingin memotret dengan keadaan yang vertikal. Ini tentunya sangat berguna terlebih lagi untuk kamera yang tidak mempunyai pegangan vertikal. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Vertical Grip ini untuk baterai cadangan. Jadi, saat baterai kamera habis, kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena kamu bisa mengandalkan Vertical Grip ini untuk mengisi daya baterai kamera.



9. Memory Card

Kamera, Fotographi, Fotografer, Camera, Traveling, Motret
Memory Card (Sumber : pinterest.com)


Meski kamera DSLR sudah dilengkapi dengan memori internal sebagai tempat penyimpanan file video dan foto. Tetapi kamu juga perlu menggunakan memori tambahan di slot yang sudah tersedia. Hal ini bermaksud agar kamera kamu memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Sehingga bisa menyimpan banyak file disana. Disarankan untuk membeli memory card yang berkualitas, seperti pemeriksaan kecepatan menulis, merek yang telah terkenal dan sesuai dengan kapasitas memory card maksimal. Mungkin kamu bisa memilih SanDisk Extreme Pro SDHC UHS-1 untuk penyimpanan tambahan di kamera DSLR milikmu. Tersedia varian kapasitas yang paling besar, yaitu 64 GB, 128 GB, 156 GB hingga 512 GB. Harga memory card dengan kapasitas 64 GB ini sendiri pun berkisar Rp 600 ribuan saja.



Sembilan aksesoris kamera DSLR diatas ini tentunya sangat berguna bagi para fotografer profesional. Untuk membelinya, kamu bisa mengunjungi toko jual kamera atau online shop. Umumnya harga aksesoris-aksesoris tersebut memang terbilang mahal, sehingga kamu perlu memilih aksesoris yang mempunyai kualitas terbaik.

18 komentar:

Megacon Beton mengatakan...

Hal-hal yang ngga kepirikan sebelumnya akhirnya kepikiran juga dari artikel ini, terimakasih ya min sudah berbagi tips:)

Puput Lestari Herdi mengatakan...

Ya ampun aku dah lama banget pengen punya kamera 😢 skrg baru punya tripotnya doang. Hikss

Bunda Erysha (yenisovia.com) mengatakan...

Wah makasih mba reviewnya. Kebetulan aku lagi butuh juga kamera buat menunjang kerjaan blogger yang butuh kualitas foto juga. Cuma bingung aku tu mending beli hp yang kameranya bagus, atau beli kamera mirroless atau kamera DSLR ini. Ada sarankah?

Miskah Khairani mengatakan...

Wah makasih mba atas ulasanya aku jadi apa aja yang harus punyak dan biar foto makin kece lg ya

dessy achieriny mengatakan...

Aku punya kamera DSLR tapi dari semua yang ada di atas cuma punya lensa fix dan tasnya aja ahaha

Dee_Arif mengatakan...

Ternyata banyak ya perlengkapan kamera dslr
Aku cuma punya tripod, tas dan sd card aja..

Irena Faisal mengatakan...

Yang aku punya cuma kamera, tripod, dan tasnya hehehhe berarti mesti beli lagi aah printilannya

Grandys mengatakan...

waaah aku cuma tau beberapa point aja mba tika, karena yang lainnya masih awam dibenak dan pikiran aku. So, memang harus dijaga sedemikian tupa karena merupakan aset

blogger parenting mengatakan...

Aku belum punya kak tika. Hehe, mupeng liat aksesoris dslr ini. meski mantan anak ilkom aku gak terlalu pande pake nya malahan suami aku jago gunain

Yanti Alif mengatakan...

Kamera DSlR memang idaman buat para traveler nih perlengkapannya juga keren2 bngt ulasannya lngkap bngt

lendyagasshi mengatakan...

Tas kameranya seriussaan kerena bingiitt...
Aku naksir sama warna kulitnya.
Tapi ini kit memang wajib dibawa sebagai penggemar foto yang menggunakan DSLR sejati.

Fenni Bungsu mengatakan...

Flash eksternal ini pas nih perlu ada buat kondisi yang kurang cahaya saat memotret

zahra mengatakan...

dari sekian list itu baru empat yang aku punya haha
mulai dari filter, kamera, tas, dan memory card. memang basic banget sih
yang lain belum kepikiran buat beli
sementara sewa dulu karena makenya nggak tiap saat hehee

Sapti nurul hidayati mengatakan...

Wah, bikin mupeng ya kamera DSLR itu. Kualitas gambar yang kita dapat bisa bagus. Ternyata banyak juga ya printilannya. Harus nabung dulu biar bisa lengkap koleksinya

Marantina mengatakan...

Ini lengkap banget ya. Dulu waktu punya DSLR, aku cuman punya filter sama tripod aja untuk aksesori tambahan. Sekarang lagi mikir buat beli DSLR lagi

Faradila Putri mengatakan...

Tripod sama memori card extra itu wajib hehehe. Yang flash externak aku belum punya karena memang ga perlu banyak foto malem sih. Emang perlu disesuaikan ajadengan yang ada. Kalau ga nanti abis banyaak hahaha

antung apriana mengatakan...

kayaknya saya tahunya cuma tripod sama tas kamera. dulu sempat pengen banget punya kamera dslr ini tapi berhubung teknologi hape makin canggih akhirnya sudah nggak terlalu kepengen lagi.

Visya Al Biruni mengatakan...

Waaah lengkap yaa mom. Aku baru tau soal shutter release :D akubounya semua kecuali 1,2,8. Maklum mirrorless :D

Kesetaraan Gender Memacu Perempuan Berdaya Di Era Digital Menciptakan Kemerdekaan Ekonomi Keluarga

Pahlawan dalam keluarga penuh dengan rasa cinta kasih sayang terbesarnya adalah seorang Ibu. Waktu sedetik pun sangat berharga bagi bel...