Minggu, 25 Oktober 2020

Hidup Sehat Menggunakan Air Bersih Dengan Pipa SNI Dari Rucika

 


Air bersih merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Terutama dalam rumah tangga. Mulai dari sumber minuman, makanan dan kebersihan, air selalu kita butuhkan setiap hari. Ibaratnya hidup kita harus berdampingan dengan air. Supaya kebersihan air tetap terjaga tentu menggunakan Pipa SNI dari Rucika yang terpercaya demi kesehatan keluarga. 


Air Bersih
Saluran Air Bersih Untuk Hidup Sehat Menggunakan Pipa SNI dari Rucika


Pengalaman berharga saat menjalani kuliah kerja nyata di sebuah desa yang terpencil jauh dari perkotaan. Dengan suasana sejuk dan dingin menjadi ketertarikan tersendiri. Apa-apa semuanya dilakukan serba manual. Salah satunya menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih kebutuhan sehari-hari warga harus jalan kaki jarak 500 meter dari rumah. Itupun harus mengantri menampung air. 


Kebayang rasa capeknya beberapa kali bolak balik mengambil air bersih untuk menyokong kebutuhan sehari-hari. Selain wasting time, rutinitas mengangkut air setiap hari juga mengganggu kenyamanan dan kesehatan. Hal ini dikarenakan minimnya pipa penyambungan penyaluran air ke rumah warga-warga. Disinilah pentingnya pemerataan air bersih kepada warga didukung dengan pipa SNI dari Rucika.



Mengapa Harus Menggunakan Pipa SNI dari Rucika?


Baik didesa maupun perkotaan semua membutuhkan air bersih. Mulai dari penyaluran perusahaan daerah air minum (PDAM) sampai kerumah-rumah warga membutuhkan pipa yang kokoh, kuat, memiliki lisensi dan terpercaya. Salah satunya Pipa Rucika Exoplas yang sudah SNI (Standar Nasional Indonesia) yang terpercaya untuk aplikasi air bersih bertekanan dengan karakteristik yang teristimewa.


Pembangunan saluran air bersih
Pipa Rucika Exoplas sudah Berstandar Nasional Indonesia terpercaya dengan kualitas terbaik


Pipa SNI dari Rucika terbuat dari bahan uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride) dengan metode pembuatan yang berorientasi Bi-axial (stretching) untuk peningkatan peforma pipa termoplastik. Pipa Rucika Exoplas dengan design stress sampai dengan 28 MPa atau 2x lipat lebih besar dari pipa uPVC membuat ketahanan pressure meningkat dengan perbandingan ketebalan pipa yang sama dengan pipa uPVC.


Ternyata pipa yang digunakan untuk penyaluran air bersih tidak sembarang pipa. Sampai saat ini penyaluran air bersih dirumah lancar dan terjaga kejernihannya. Dengan menggunakan teknologi tinggi Pipa Rucika Exoplas diproduksi menggunakan metode Biaxially untuk pembuatan pipanya dan design Super Socket yang berbeda dengan PVC biasa. Gunanya untuk menghindari kesalahan dalam memasang Ring Karet pada socket pipanya. Peningkatan karakter fisik pipa membuat pipa Exoplas mempunyai performa yang tinggi. Meningkatkan kemampuan impak, daktilitas, dan pengurangan berat pipa dbandingkan pipa PVC biasa.


Selain memiliki kualitas terbaik, Pipa Rucika Exoplas tidak menggunakan material cadmium dan mercury dalam campuran zat aditifnya yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Ternyata sekelas pipa pun harus tahu juga nih material apa saja yang digunakan. Jangan sampai mengancam kesehatan anggota keluarga.


Pipa Rucika Exoplas yang diproduksi oleh PT. Wahana Duta Jaya Rucika sudah lebih dari 13 tahun hingga kini. Dengan teknologi terbaik, Pipa Rucika pun melakukan inovasi dan pengembangan mutu kualitas dengan  cara mengkombinasikan proses produksi secara radial dan longitudinal. Menciptakan pipa Exoplas meningkat kemampuanya secara keseluruhan. 



Keunggulan dan Manfaat Pipa Rucika Exoplas


Dengan inovasi inilah, Pipa Rucika Exoplas dengan menggunakan aplikasi Pipa PVC-O

untuk jaringan air bersih dan air buangan bertekanan. Pipa Rucika memiliki keunggulan dan manfaat bagi keberlangsungan air bersih dari hulu ke hilir seperti berikut :

1. Fleksibel dan ringan mempunyai kemampuan fleksibel lebih tinggi dari uPVC, sehingga menghemat kebutuhan bend 11° sampai bend 22°. Lebih ringan 2x dari uPVC standard dan pipa HDPE, 7x lebih ringan dari pipa besi.

2. Tahan kimia, tahan terhadap bahan kimia pH 2-12

3. Tahan Lama, tidak dapat berkarat dan bebas pemeliharaan

4. Isolator yang baik dan tidak dapat menimbulkan api

5. Kuat, tidak mudah pecah, dan memiliki daya tahan impak yang tinggi

6. Menggunakan aditif khusus, dapat mereduksi pengaruh UV (Ultra Violet) terhadap pipa dalam jangka waktu yang lama.

7. Terbuat dari material yang bersifat thermoplastic sehingga dapat didaur ulang

8. Kapasitas Flow air yang tinggi. (inside diameter pipa yang besar)

9. Tahan Korosi, ketahanan korosi di bagian dalam dan luar pipa.

10. Sistem penyambungan yang mudah dengan ruber ring berbahan polypropylene dengan design khusus untuk menghindari kesalahan pemasangan.


Keunggulan dan Manfaat Pipa Rucika Exoplas lebih kuat dan ringan



Pipa Rucika Exoplas selain untuk saluran air bersih, digunakan juga untuk saluran pembungan, saluran limbah dan saluran irigasi. Jadi tidak hanya untuk saluran air bersih saja.


Namun dibutuhkan perawatan Pipa Rucika supaya terjaga kualitas mulai dari perubahan bentuk atau dimensi tidak meletakan pipa pada penghantar panas. Misalnya langsung mengenai sinar matahari akan mengakibatkan perubahan dimensi pipa menjadi bengkok. Perubahan tersebut akan membuat proses penyambungan menjadi lebih sulit. Perawatannya memberikan lapisan pelindung pada pipa agar tidak langsung terkena sinar matahari atau putar pipa agar panas yang diterima badan pipa menjadi merata.


Ada harga ada kualitas. Pipa Rucika Exoplas pun memiliki harga yang cukup lumayan merogoh kantong sesuai dengan kebutuhan. Pemakaiannya pun dihitung berdasarkan size, panjang dan per batang. Demi kesehatan keluarga menggunakan air bersih pakai Pipa Rucika Exoplas.


Pipa Rucika
Hidup Sehat Menggunakan Air Bersih Dengan Pipa SNI Dari Rucika



Dengan adanya sistem perpipaan seperti ini, warga di pedesaan pun bisa menikmati air bersih dirumah tanpa harus mengangkat air dengan jarak tempuh yang jauh. Sehingga program pemerintah untuk memajukan desa tertinggal pun bisa teratasi dengan adanya sistem pipa standar nasional Indonesia (SNI) Rucika Exoplas. 




11 komentar:

  1. Aku sbg pemilik toko bangunan jual pipa rucika nih, emang bagus & banyak peminatnya

    BalasHapus
  2. Baca ini jadi keingetan pipa di rumah harus diganti.. pilih Rucika aja kali ya biar tahan lama dan berkualitas SNI

    BalasHapus
  3. Rucika udah SNI ya ternyata. Berarti pas ni ya dipakai untuk perpipaan gt. Kwalitasnya sepertinya jg bagus ya. Recommended deh

    BalasHapus
  4. Jujur aku gak paham sama sekali soal perpipaan. Jadi, tulisan ini sangat membuka wawasanku. Apalagi di kampung orang tuaku untuk mendapatkan air bersih itu harus menggunakan selang panjang. Selang ini kerap kali bocor atau terlepas. Jadi, dari sumber air selang dipasang sampai ke rumah seluruh warga. Kebayang kan panjangnya.

    BalasHapus
  5. pas banget nih saya lagi mau renovasi seklian ganti pipa pipa yang mulai tua :)

    BalasHapus
  6. Aku gak tahu sama sekali tentang pipa dan baca tulisan ini jadi tahu, tentang bahannya juga yang aman buat air minum

    BalasHapus
  7. pipa di rumahku kyny juga rucika deh krn direkomen sama toko bangunan. ternyata memang bagus yaa��

    BalasHapus
  8. Pas banget mba, pipa di rumah tetanggaku bermasalah, bisa kurekomendasiin pipa Rucika ini ya

    BalasHapus
  9. Wah bisa aku recomend kan pipa rucika ini buat ortu yg lagi nyari pipa ini

    BalasHapus
  10. Jadi ingat desaku di gunung kidul. Tempat kekeringan karena juga banyak batuan kapur. Untuk akses air bersih itu cukup sulit. Akhirnya ada cara dengan menggunakan pipa saluran air.

    BalasHapus
  11. Pipa kadang diabaikan. Yang penting bisa sampai aja airnya. Padahal SNI penting untuk kesehatan dan kualitas juga. Jadi punya referensi pipa SNI nih.

    BalasHapus