Jumat, 02 Oktober 2020

Pentingnya Dilakukan Vaksinasi Dewasa Khusus Wanita

 


Wabah virus pandemi sudah hampir delapan bulan menjalar di negara kita bahkan seluruh dunia turut mengalaminya. Sangat banyak korban yang sudah menghadap sang pencipta. Ketakutan dan keraguan selalu membayangi masa depan di hari esok. Semua dilakukan dari rumah. Mulai dari work from home (WFH), luring dan daring, sistem pembelajaran sekolah dan belanja online. Karena wabah ini merujuk pada perekonomian keluarga yang harus kita jaga dengan baik supaya tetap sehat tentu keuangan juga sehat.


Vaksin Dewasa
Wajib lakukan vaksinasi dewasa khusus wanita



Kesehatan pun menjadi prioritas utama saat ini demi menghindari paparan virus. Sebagai wanita, sudah sepatutnya ekstra memperhatikan kesehatan diri dan lingkungan. Karena tuntutan pekerjaan kita pun rela melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan vaksinasi. Dalam keadaan tertentu, orang dewasa juga membutuhkan suntik vaksin ulangan tiap beberapa periode, layaknya vaksin yang diberikan kepada anak. Vaksin adalah salah satu cara yang efektif melindungi diri sendiri dari serangan penyakit dan juga mencegah penyebarannya. 


Seperti apa sebenarnya vaksin bagi wanita? Apa saja manfaat vaksin bagi wanita?. Karena menurut yang saya baca virus yang menyerang tubuh wanita tidak jauh-jauh dari rahim dan area kewanitaan. Nah, terkhusus untuk wanita ada 3 vaksin yang wajib dilakukan dan disarankan untuk menjaga kesehatan dari berbagai penyakit. 


1. Vaksin HPV


Penyakit Human Papilloma Virus (HPV) tidaklah asing bagi wanita yang menyebabkan kanker serviks. Biasanya jenis virus ini sering didapatkan pada wanita yang memiliki riwayat seksual aktif. Namun pada sebagian besar wanita, infeksi karena HPV tidak berlangsung lama dan tidak semuanya menyebabkan kanker. Perlu sekali diperhatikan bahwa vaksin HPV tidak dianjurkan bagi wanita hamil. Buat wanita yang berencana untuk menikah sebaiknya melakukan vaksinasi HPV 6 bulan sebelum menikah.


Vaksin
Pentingnya Vaksinasi Wanita untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya



2. Vaksin MMR


MMR atau Measles (campak), Mumps (gondongan) dan Rubella (campak Jerman) adalah penyakit serius yang menyebabkan ruam, batuk, pilek, iritasi mata, dan demam. Sedangkan Mumps menyebabkan pembengkakan pada kelenjar parotis. Vaksin MMR penting diberikan sebelum menikah (pre-marital). Jika seorang wanita mendapat infeksi rubella saat sedang hamil, maka dia bisa mengalami keguguran atau bayinya dapat menderita kelainan bawaan berat. Penyakit ini menular melalui udara dan vaksin MMR bisa mencegahnya. Pemberian vaksin ini tidak dianjurkan untuk yang pernah mengalami reaksi alergi yang mengancam jiwa terhadap gelatin, antibiotik neomisin, atau terhadap dosis pertama MMR.



3. Vaksin Td/Td-Ap


Vaksin Td/Td-Ap alias Tetanus, Diphteria dan Acellular Pertusis adalah vaksin yang sebelumnya dikenal dengan istilah DPT. Disamping vaksin HPV, vaksin Td/Td-Ap ini merupakan vaksin yang paling sering diberikan pada wanita saat pre-marital. Biasanya vaksin ini sudah diberikan sejak kecil karena masuk program wajib. Vaksin Td-Ap bisa mencegah terserang penyakit difteri, tetanus dan pertusis atau batuk rejan. Vaksin Td-Ap hanya diberikan sekali seumur hidup, namun disarankan untuk menyuntikkan vaksin penguat tiap 10 tahun sekali untuk mencegah terkena difteri dan tetanus untuk wanita dewasa. 


Vaksin Td/Td-Ap merupakan vaksin yang diwajibkan oleh pemerintah sebagai syarat sebelum menikah. Fungsinya untuk memberi kekebalan bagi para wanita dan calon ibu terhadap Tetanus. Penyakit ini dapat membahayakan ibu dan bayinya sehingga pemberian vaksin dapat membantu menjaga kesehatan keduanya.




Wanita sangat membutuhkan vaksin sebagai zat atau senyawa yang bahan antigenik yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit-penyakit tertentu. Masih teringat jelas kisah kakak ipar saya yang mengidap virus rubella dalam mulut rahim mengakibatkan susah untuk memiliki anak. Sempat berpikir untuk angkat rahim. Namun setelah checkup dan konsultasi pada dokter hingga menemukan solusi terbaik dilakukan pertolongan pertama dengan pemberian vaksin. 


Vaksin Bandung
Wajib di coba vaksin wanita untuk menjaga kesehatan tubuh



Tidak bisa dipungkiri bahwa vaksin sangat di butuhkan wanita. Mengingat banyaknya berbagai kemunculan penyakit sekarang ini membuat kesehatan kita semakin terancam. Bepergian ke rumah sakit pun worry banget kebayang paparan pandemi bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Sebagai generasi milenial kita pun dituntut kreatif menggunakan teknologi yang mensupport kesehatan. Salah satunya konsultasi dengan dokter melalui layanan Halodoc. 



Halodoc bisa diakses melalui website dan aplikasi dengan berbagai layanan kesehatan yang lengkap. Caranya sangat mudah cukup browsing Halodoc atau menginstal aplikasi dari playstore atau appstore dan bisa menikmati fasilitas Halodoc dengan simpel. Layanan Halodoc pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Khususnya yang sedang bepergian liburan keluar kota bisa melakukan vaksinasi. Cukup melakukan pencarian vaksinasi dewasa yang kita butuhkan pada Halodoc di kota tempat liburan. Tanpa ragu dan khawatir pun kita bisa melakukan vaksinasi dewasa. salah satunya vaksin bandung yang tertera pada Halodoc yang sudah bekerja sama dengan berbagai klinik yang terjamin layanannya dengan baik.


Wanita
Vaksinasi Dewasa Khusus Wanita di Bandung



Nah sekarang bepergian kemanapun sudah tidak takut lagi. Karena ada Halodoc yang bisa dijadikan rumah sakit pribadi bebas akses darimana saja. Karena Halodoc juga menyediakan fasilitas chating dengan dokter terpercaya. Sehingga kesehatan kewanitaan lebih terjaga. Selain itu Halodoc juga memiliki layanan obat dan vitamin yang bisa di order. Dan masih banyak layanan lainnya.



Khususnya di wabah pandemi ini berbagai cara kita lakukan untuk memutus tali rantai penyebaran virus corona sesuai protokoler pemerintah. Setiap keluar rumah menggunakan masker, sering mencuci tangan keluar masuk rumah, sedia handsanitizer, jaga jarak dan mengkonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selalu jaga kesehatan kita dan keluarga dengan melakukan vaksinasi.


Virus Corona
Tetap pakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak, pola makan sehat dan lakukan vaksin


45 komentar:

Diah Woro Susanti mengatakan...

Butet apa kabar kamu dek? Sehat-sehat ya, semoga pandemi segera berakhir dan kita bs meet up lagi ☺️

Mechta mengatakan...

Terima kasih infonya, mba.. jadi tahu mesti kemana nih klo butuh vaksin utk wanita dewasa..

Reyne Raea (Rey) mengatakan...

Kalau saya mau vaksin itu udah takut duluan, takut disuntik. hahaha.
Tapi memang penting banget sih ya yang namanya vaksin ini :)

Btw saya selalu buka halodoc untuk intip artikel kesehatan dong :)

Mugniar mengatakan...

Bagusnya sekarang informasi vaksin bisa diakses dari Halodoc ya Mbak. Praktis.

fivit mengatakan...

wah aku yg pertama belum nih, bener banget penting banget ni vaksin2 diatas, tetanus aku baru vaksin ketika hamil, tyt halodoc bisa vaksin juga ya, asli baru tau, makasi mba udah sharing..

diane mengatakan...

Wah halodoc emang komplit sih ya...bukan cuma informasi...berbagai layanan kesehatan juga tersedia...jadi tenang pokoknyah...

Maria G Soemitro mengatakan...

Saya setuju perempuan harus mau discipline vaksin
Pasti banyak yang mau asalkan harganya terjangkau ya?

Lia Yuliani mengatakan...

Nah, iya, Vaksin dewasa juga perlu ya Mbak. Yang bikin ngeri itu kanker serviks,perlu Vaksin HPV deh. Ternyata di Bandung udah ada layanan Vaksin via Halodoc. Jadi lebih enak ya bisa bikin janji secara online via Halodoc kalau mau melakukan layanan kesehatan.

nurul rahma mengatakan...

Bener banget mba Tika.
Orang dewasa juga perlu melindungi diri sendiri dgn vaksin.
Aaakk, suka banget ama HaloDoc. Banyak faedahnya!

Zefy Arlinda mengatakan...

iya, sekarang kami juga kalau cari informasi kesehatan langsung ke halodoc, lebih yakin aja karena langsung dokter sumbernya :)

Mporatne mengatakan...

Bakteri, kuman dan virus memang tidak terlihat secara kasat mata. Akan tetapi kita bisa cegah dengan menjaga kesehatan dan melakukan vaksin dewasa

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Vaksin HPV ini penting banget dan wajib dilakukan sebenarnya. Aku belum pernah, kupikir dengan menjaga kebersihan dan melakukan gaya hidup sehat cukup lah. Tapi aku baru aja kehilangan sahabat SMP meninggal karena kanker serviks. Aku yakin dia setia, tapi bisa jadi dari aktivitasnya yang mobile karena sering keluar kota dan menggunakan toilet umum bisa menyebabkan kena infeksi yang tidak disadarinya

Omnduut mengatakan...

Seingatku ibuku melakukan beberapa vaksin diantaranya. Memang penting banget tindakan pencegahan itu. Ketimbang nanti keburu kena dan repot pengobatannya. Info yang menarik, mbak.

Naqiyyah Syam mengatakan...

Wah perlu banget ini cek kesehatan di Halodoc soalnya badan lagi enggak fit dan merasakan yang aneh nih..

Mia Yunita mengatakan...

Wah vaksin khusus wanita nih. Baidwei vaksin tetanus jadi keinget pas mau persiapan nikah hehe, wajib nih harus vaksin tetanus. Jadi waktu itu, saya kalo gak vaksin gak dikasih surat terusan ke KUA oleh kecamatan. Hahaha

Annie Nugraha mengatakan...

Beberapa vaksinasi memang penting untuk kita. Sama seperti imunisasi fungsinya. Menjaga dari kemungkinan terserang penyakit yang berhubungan dengan vaksin tersebut.

Fionaz mengatakan...

Vaksinasi memang penting banget untuk menjaga kekebalan tubuh ya kak.
Apalagi saat pandemi kayak gini bikin kita harus ekatra waspada

Nanie mengatakan...

Nah saya juga pengguna Halodoc, suka karena bisa konsultasi online mengenai kesehatan kita dengan dokter ahli jadi gak perlu ke layanan kesehatan. Rada ngeriii soalnya punya bayik

Alfa Kurnia - pojokmungil.com mengatakan...

Aku pengen nih vaksin HPV dan Hepatitis tapi masih takut mau ke RS untuk vaksin. Coba cari RS lewat HaloDoc kali ya biar nggak kelamaan antri.

Shyntako mengatakan...

perempuan memang harus rutin check up dan vaksin yaa kak, karena banyak penyakit yang faktor resikonya tuh tinggi terjadi sama perempuan

Dee_Arif mengatakan...

Wah iya lho aq juga klo cari informasi kesehatan juga ke halodoc...
Biar bebas hoax

Nurhilmiyah - author of www.fadlimia.com mengatakan...

Wah nice share Kak Tika... bermanfaat banget infonya nih ttg vaksinasi khusus dewasa untuk daerah Bandung ya. Halodoc memang kompliit, saya sudah unduh aplikasinya,

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Asli ya Mba vaksin ini penting untuk menjaga kita dari berbagai penyakit. Aku meski takut disuntik tapi tetep senneg kalo disuruh vaksin

Siti Nurjanah mengatakan...

Vaksinasi tidak hanya berlaku untuk anak-anak saja, padahal pada keadaan tertentu, orang dewasa juga membutuhkan suntik vaksin tiap beberapa periode.
Khususnya bagi kaun wanita tentunya akan lebih melindungi diri dari serangan penyakit dan juga mencegah penyebarannya

Nengsi Hariyanti mengatakan...

Yang tetanus aku udah ni. udah TT 2 malah.

Farrah Andiena mengatakan...

Nice share, sekarang ini apalagi di era pandemi, selain jaga sistem imun, kita juga butuh booster pertahanan melalui vaksin

Hetty mengatakan...

Baru TT doang aku, dulu pas mau nikah. Sekali doang...makasih infonya ya. Halodoc penting banget biar makin banyak tau. Musti unduh nih.

Nuylentik mengatakan...

Ga kepikiran lho harus vaksin khusus seperti diatas , kaka infonya terimakasih bener bangeut spertinya aku juga harus vaksin juga deh

Aminnatul Widyana mengatakan...

Wah, aku dulu sewaktu mau menikah gak pake vaksin dulu. Entah kenapa waktu itu gak disuruh buat vaksin sm petugasnya KUA. Jd ya gak pake vaksin, langsung aja nikah.

www.derisafriani.com mengatakan...

Wah aku baru tahu kalau ada banyak vaksin untuk wanita dewasa. Selama ini cuma tahu kalau vaksin itu buat anak-anak. Terima kasih infonya ya.

Eva Putri mengatakan...

Vaksin memang sangat penting apalagi dimasa pandemi seperti ini. Lebih mudah lagi kalau pake Halodoc bisa konsultasi sama dokter dimanapun. Jadi gampang deh

Marantina mengatakan...

Vaksin dewasa memang penting ya, kak, tapi memilih menunda karena pandemi. Layanan Halodoc patut dipertimbangkan

Kak Niken mengatakan...

Aku paling takut disuntik kak. Beranikan diri untuk disuntik saat mau lahiran aja. KArena emang wajib suntik kan, demi melahirkan anak wkwkw. Diluar itu, aku bisa ngaburrrrrr

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) mengatakan...

Belum lama ini aku pun habis vaksin di rumah dan emang pilih request yang ke rumah sih karena biar aman sih.

Susie Ncuss mengatakan...

soal vaksin utk perempuan dewasa, saya juga lupa lho pernah divaksin atau nggak.
Kayaknya belum pernah lagi deh.
Nanti coba diskus sama suami ah.

MpoRatne mengatakan...

Vaksin dewasa akan membuat kita lebih terlindungi dari masalah kewanitaan. Mencegah lebih baik daripada mengobati

Mugniar mengatakan...

Ketiga vaksin ini penting ya sebenarnya ... saya belum pernah mendapatkannya, waduh masih harus belajar banyak soal vaksin saya.

Intan Daswan mengatakan...

Bener banget tuh, Mbak. Sebagai perempuan, kita harus mulai peduli loh dengan kesehata sendiri, salah satunya dengan vaksin ini.

Marantina mengatakan...

Vaksin HPV nih aku belum. Semoga bisa nemu jadwal dan layanan kesehatan yang tepat

Wiwin | pratiwanggini.net mengatakan...

Saya belum pernah mengalami suntik ketiga vaksin diatas. Setelah dewasa saya cuma vaksin TT. Entar saya coba searching juga deh yang terdekat dengan saya lewat Halodoc.

Mellisa mengatakan...

Banyak bgt ya ternyata vaksin yang bisa dilakukan perempuan dewasa. Jaman skrg alhamdulillah kita sangat dibantu dg teknologi ya, adanya Halodoc ini jg sangat membantu sekali.

Mutia Erlisa Karamoy mengatakan...

Yap...meskipun sudah berusia dewasa tetap wajib vaksin apalagi kaum wanita karena banyak penyakit yang sangat mematikan, syukurlah sekarang ada cara yang lebih mudah untuk dapatkan info tentang vaksin dari mana saja dan kapan saja

Dee_Arif mengatakan...

Wah benar ya mbak...
Buat orang dewasa vaksin juga penting ya..
Nggak boleh kelewat juga

Rizka Edmanda mengatakan...

Aku juga kepikiran pengen vaksin HPV tapi di tempat aku masih agak susah. Apalagi skrg kalo mau ke rumah sakit agak khawatir

Herva Yulyanti mengatakan...

wah ada juga juga layanan vaksin di halodoc baru tahu soalnya aku buka halodoc kalau mau sharing sama dokter aja mba hehehe

Nouria Skin Beauty Solution Treatment Light Glowing for Face Jadikan Kulit Cerah Cantik dan Glowing

  Tampil cantik dan glowing adalah dambaan setiap wanita. Punya kulit cantik cerah bercahaya tentu menjadi impian semua wanita, bukan? Mengg...