Kamis, 22 Juni 2017

Kearifan ASTRA menjadikan Surabaya Kota Kreatif dan Inovatif

Surabaya…
Oh Surabaya kota Pahlawanku…
(sepenggal lagu)

Siapa yang tidak mengenal kota Surabaya yang merupakan provinsi Jawa Timur salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya terletak di pantai utara Pulau Jawa bagian timur dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa. Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo (Pemuda-pemuda Surabaya) dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari serangan penjajah.

Icon Kota Surabaya yaitu Hiu dan Buaya


Kota Surabaya dikenal dengan kota berlambang hiu dan buaya. Surabaya tumbuh menjadi kota Metropolis, dimana populasi penduduknya pun kian meningkat sampai tahun belakangan ini telah berkembang pesat dari berbagai segi baik itu bisnis, perdagangan, industry, wisata kuliner dan wisata budaya. Indahnya hidup bermasyrakat yang arif dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Surabaya memberikan jalan dan fasilitas yang kreatif dalam pelayanan publik, transportasi, infrastruktur dan perekonomian. Terutama pembersihan lokalisasi tempat-tempat terlarang.



Kota Surabaya berkembang lebih inovatif dan kreatif sebagai hasil sumber daya manusia membuktikan bahwa kita warga Negara Indonesia mampu berkembang dan menciptakan terobosan-terobasan baru. Misalnya beberapa tahun lalu anak siswa-siswi SMK Surabaya bisa menciptakan mobil dengan kemampuan dan fasilitas minim. Hal ini menunjukkan bahwa Kota Surabaya menjadi salah satu tolak ukur perkembangan di Indonesia.


Perkembangan Kota Surabaya bisa kita lihat dari segi Kota Pahlawan yang mengukir dan menyimpan jutaan sejarah Indonesia yang sudah memerdekakan kita berpuluh-puluh tahun lalu. Kota Surabaya kreatif dalam destinasi tempat wisata paling eksotis dengan puncak tengger Semeru untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang benar-benar luar biasa. Berbagai macam tempat wisata bisa kita temui di Surabaya seperti pantai seperti G-Land, balekambang, dan papuma yang terdapat dibelahan utara dan selatan provinsi Jawa Timur kita bisa menikmati berselancar, berlayar, berenang dan bahkan berkuda di tepi pantai. Kota Surabaya juga kreatif dalam Wisata kuliner nusantara seperti rawon pedas, rujak cingur pedas dan ayam penyet semua kuliner ini bisa kita dapatkan di jajanan kaki lima.


Inspirasi 60 Tahun ASTRA

Melalui kreatifitas masyarakat Surabaya Pemerintah selalu mendukung para pelaku kreatif selalu berinovasi dan meningkatkan perekonomian untuk kesejahteraan rakyat dengan mendirikan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) yang memberikan wadah berbasis kreatifitas perkembangan ekonomi. Kehidupan kreatif seni Kota Surabaya tumbuh dengan baik. Dibalik pembangunan kreatifitas ekonomi tentu butuh pendukung dan saluran distribusi dana. Maka pemerintah memerlukan dukungan dari pihak swasta akan lebih memperkuat pembangunan industri kreatif, salah satu bentuk dukungan yang memberikan efek besar adalah kontribusi AstraKehidupan kreatif seni Kota Surabaya tumbuh dengan baik. Dibalik pembangunan kreatifitas ekonomi tentu butuh pendukung dan saluran distribusi dana terutama dalam bidang pendidikan, lingkungan, UKM, dan kesehatan. Maka pemerintah memerlukan dukungan dari pihak swasta akan lebih memperkuat pembangunan industri kreatif, salah satu bentuk dukungan yang memberikan efek besar adalah kontribusi Astra. 


Kontribusi Astra yang sudah dimulai sejak tahun 2014 melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) terhadap pengembangan Ekonomi Kreatif di Surabaya. ASTRA memiliki empat pilar Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah dijalanan oleh Astra, yaitu bidang pendidikan, lingkungan, UKM, dan kesehatan.

Peresmian Kampung Berseri


Dalam bidang Lingkungan, ASTRA memiliki program pembinaan Kampung Berseri merupakan bagian dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia langkah nyata PT. ASTRA INTERNATIONAL, TBK untuk berperan aktif mendukung dan memfasilitasi peningkatan kualitas masyarakat Indonesia khususnya Kota Surabaya. Kampung Berseri diresmikan pada 14 Oktober 2014 merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif yang berlokasi di Kampung Keputih Tegal Timur. Perencanaan pembangunan dan pengembangan Kampung Keputih Tegal Timur ini dilakukan dalam tiga tahapan. Pada 2013 – 2014 menjadi kampung yang bersih dan asri, pada 2015 – 2016 menjadi pusat wisata edukatif dan pada tahun 2020 menjadi ikon kota Surabaya. Dalam mewujudkan Kampung Berseri Astra, dukungan dari pemerintah dan masyarakat menjadi faktor penting yang menentukan keberhasilan program. Masyarakat di kampung ini dikenal berjiwa gotong royong, kreatif, pekerja keras serta memiliki motivasi untuk memperbaiki lingkungan.

Warga Kampung Berseri


Dalam bidang UMKM, ASTRA memiliki terobosan baru yaitu Start-Up Challenge merupakan salah satu rangkaian program pengembangan UMKM untuk membantu generasi produktifitas 18-35 tahun untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam berwirausaha secara kreatif. Program UMKM ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengurangi tingkat pengangguran dan memberikan pemikiran positif bagi kelangsungan hidup sumber daya manusia. Melalui program ini akan terbentuk start-up bisnis yang dapat menjalankan roda perekonomian.


Pada prinsipnya dimanapun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma Astra, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.” Astra maju memberikan kontribusi hingga mencapai usianya 60 tahun. Inspirasi 60 Tahun Astra membukakan hati dan pemikiran akan pembelajaran kita harus memberikan dampak positif dan meningkatkan kreatifitas untuk sekitar.

Para Pemuda Kreatif



Inspirasi 60 Tahun Astra, SATU memajukan Indonesia


Tahun 2017 usia PT. ASTRA International, Tbk memasuki tahun ke 60. Perusahaan besar yang saat ini Astra memiliki karyawan sebanyak 214.835 terdiri dari 208 anak perusahaan yang tersebar diseluruh penjuru Indonesia. Memiliki group bisnis otomotif, Jasa keuangan, Alat berat, pertambangan dan energi, Agribisnis, Infrastruktur, Logistik dan lainnya, Teknologi Informasi, dan Properti. PT. ASTRA International, Tbk juga memiliki beberapa Yayasan, antara lain: Yayasan Toyota & Astra yang bersinergi dengan group-group AUTO, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Polman astra, Amaliah Astra, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Astra Agro Lestari, Yayasan Insan Mulia. Nah, yayasan PT. ASTRA International, Tbk memiliki dampak besar dalam bidang pendidikan, pelestarian lingkungan, pelayanan kesehatan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Melalui 60 tahun ASTRA mendukung penuh pengembangan program pembinaan Kampung Berseri Astra merupakan bagian dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, yaitu langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia dan memajukan kesejahteraan perekonomian masyarakat. Kita sebagai warga Indonesia pasti merasakan dampak yang luar biasa dari kreatifitas Kota Surabaya memberikan nilai positif bagi wisatawan berkunjung ke Indonesia. Oleh sebab itu mari kita dukung perkembangan bangsa dan Negara Indonesia menuju Masyarakat Kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Libur Lebaran Di Jakarta Fair Kemayoran Lebih Menyenangkan Dan Menghibur

Libur panjang pun sudah tiba, waktunya jalan-jalan. Selama libur lebaran Jakarta Fair Kemayoran akan tetap dibuka untuk umum. Kali ini Jaka...