Rabu, 31 Januari 2018

Keajaiban Super Blue Blood Moon Menyapa Indonesia Penghujung Januari 2018

Hello Readers,
Hayooo siapa yang sudah melihat Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018?.
Sebuah fakta yang menarik ya readers, baru sebulan menjalani tahun baru Tuhan sudah menunjukkan keajaibannya kepada kita. 

Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018


Saya menyempatkan diri menyampaikan doa-doa pengharapan menjalani tahun 2018 saat terjadi Gerhana Bulan Total. Mungkin sedikit mitos ya readers saya menyampaikan doa di moment ini, tapi setidaknya saya mengucap syukur atas keajaiban Sang Pencipta.


Siaran Pers #BMKG 29/01/2018 meliputi :
1. Fenomena langka Super Blue Blood Moon, diikuti
2. Gerhana Bulan Total (GBT) terlama di abad ini (31/01/2018)
3. Waspada banjir Rob ketika Supermoon, dan
4. Hujan lebat dan angin kencang hingga sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia
Sumber : Twitter BMKG


Sebenarnya apa sih Gerhana Bulan Total dan kenapa bisa terjadi?. Seingat saya ini adalah pelajaran anak SD tentang gerhana. Tapi yuk kita flashback tentang Gerhana Bulan Total.

Apa itu Gerhana Bulan? 
Gerhana Bulan Total merupakan fenomena di mana semua bagian dari bulan akan tertutup oleh bayangan Bumi. Hal tersebut terjadi apabila Bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama. Dengan demikian sinar matahari tidak dapat sampai ke bulan karena terhalangi oleh Bumi. Selain itu gerhana bulan total terjadi saat fase bulan purnama.


Perlu dipahami juga readers tidak setiap bulan purnama akan terjadi gerhana bulan total. Dikarenakan orbit bulan miring 5 derajat saat mengelilingi matahari. Fenomena yang terjadi ini diawali dengan gerhana sebagian, diikuti dengan gerhana total, gerhana parsial, dan bulan sepenuhnya terlepas dari bayangan Bumi.


Kenapa disebut Gerhana Bulan Total?
Tepatnya pada 31 Januari 2018 terjadi fenomena Gerhana Bulan Total yang disebut dengan Super Blue Blood Moon, dimana akan bertepatan dengan momen posisi bulan yang mencapai titik perigee (jarak dekat dengan Bumi) momen ini terjadi setelah 156 tahun lalu lamanya. Wah cukup lama juga ya menikmati keajaiban Super Blue Blood Moon.


Peristiwa Gerhana Bulan Total terjadi hanya di sebagian besar permukaan bumi readers, di antaranya Amerika Utara, Samudra Pasifik, Siberia Timur, dan Asia, termasuk di Indonesia. Nah, saya sebagai warga Indonesia sangat beruntung menyaksikan keajaiban fenomena ini.


Apa saja Keunikan Super Blue Blood Moon?  
Beberapa keunikan Super Blue Blood Moon adalah fenomena langka yang akan terjadi 100 tahun sekali, Indonesia menjadi negara beruntung karena fenomena ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia, terjadi Gerhana Bulan sebagian, Gerhana Bulan Total, Durasi gerhana bulan total fenomena ini bisa dinikmati selama satu jam lebih 16 menit dan yang paling beruntungnya memandang Super Blue Blood Moon ke langit tidak berbahaya readers.




Super Blue Blood Moon sudah dapat dilihat sejak pukul 17. 51 WIB yaitu gerhana penumbra atau gerhana yang terlihat samar. Lalu, sekira pukul 19.00 WIB masuk gerhana sebagian dan puncaknya adalah pukul 20.00 WIB baru masuk gerhana bulan total.


Bagaimana readers Keunikan Super Blue Blood Moon 31 Januari 2018 ini sangat ajaib bukan?.
Jadikan momen ini waktu yang tepat untuk menikmati keindahan langit dengan tenang.

Jangan lupa mengabadikan momen ajaib ini ya readers. Buat kenang-kenangan awal tahun 2018 ya Readers.


Posting Komentar

Obat ARV Tuntaskan HIV AIDS Dan Menjadi Harapan Baru Bagi ODHA

“Saya seorang ibu rumah tangga memiliki anak dan suami. Saya adalah Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) yang sudah 15  tahun bergelut di dunia ob...