Sabtu, 11 Agustus 2018

Tokoh Insiratif Untuk Menginspirasi Demi Kemajuan Bangsa Indonesia


Perbuatan baik dapat menginspirasi orang disekitar kita. Baik itu dari segi perilaku, tindakan dan kearifannya mencerminkan nilai positif. Berbuat baik dan memberi inspirasi bagi bangsa dan kemanusiaan disebut dengan Tokoh Inspiratif.

Tokoh Inspiratif yang menginspirasi


Tokoh inspiratif adalah sebuah wadah yang didirikan oleh sekumpulan individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa. Dengan gerakan dan organisasi ini, Jakarta - Hotel Morrissey 07 Agustus 2018 telah dilakukan peresmian "Launching Web TokohInspiratif.id" harapannya kedepan akan melahirkan tokoh-tokoh inspiratif lainnya.


Hadirnya wadah tokohinspiratif.id diharapkan semakin banyak orang-orang yang bisa mengambil peran menjadi inspirator untuk Indonesia lebih baik dan maju. Dampaknya akan menularkan semangat menginspirasi agar lebih banyak lagi orang berbuat baik menjadi terinspirasi. Karena satu perbuatan baik dari seseorang sangat berarti untuk kemajuan bangsa.

Tokoh Inspiratif dari berbagai kategori

Pada acara Launching Web tokohinspiratif.id sangat meriah. Ada sebelas kategori tokoh inspiratif, namun yang hadir ada beberapa kategori saja dikarenakan berhalangan dengan pekerjaan masing-masing.

1. Tokoh Inspiratif Kategori Difabel
Jika kita lihat di negara Indonesia banyak warga yang difabel. Annisa Rahmania seorang Pegiat Young Voice Indonesia dengan karyanya "Tuli, Berprestasi, Mendunia" yang mengatakan bahwa sebutan tuli lebih membanggakan dan tak membuatnya rendah diri. 

2. Tokoh Inspiratif Kategori Akademisi
Seorang guru besar Antropologi di Universitas Indoneisa Prof. Dr. Sulistyowati Irianto dalam menyuarakan "Tak Gentar Melawan Korupsi". Menurut beliau korupsi bukan hanya sekedar pelanggaran hukum merukapan pelanggaran hak asasi orang lain.

3. Tokoh Inspiratif Kategori Aktivis Organisasi Nonpolitik
Memiliki pengalaman dalam lingkuangan hidup dan pembangunan Nur Hidayati sebagai direktur eksekutif nasional wahan lingkungan hidup Indonesia yang menyuarakan "Suara Lantang Pejuang Lingkungan". Mulai dari perenncanaan komunitas dan pengorganisasian level nasional, regional dan global.

4. Tokoh Inspiratif Kategori Demokrasi
pekerja keras dan ulet Titi Anggraini seorang Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menyuarakan tentang "Srikandi Pemilu dan Demokrasi". Menurut beliau demokrasi sangat penting untuk menyampaikan pendapat dan pemikiran untuk Indonesia lebih baik.

5. Tokoh Inspiratif Kategori Kesehatan
Seorang yang berprestasi dan fokus dengan rencana yang harus diselesaikan Dokter Gamal Albinsaid menyuarakan "Mendunia dengan Visi Kemanusiaan" yang mengembangkan sejumlah daerah dengan metode dan pendekatan kearifan lokal.

6. Tokoh Inspiratif Kategori Guru
Dengan semangat "Tak Gentar Membela yang Benar" Retno Listryarti, M.Si yang menjabat sebagai Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia yang memiliki banyak pengalaman sebagai guru yang sangat menginspirasi.

7. Tokoh Inspiratif Kategori Komunitas
Pendiri Komunitas Merah Putih, Batu dan Malang yaitu Syaifuddin Zuhri yang menyuarakan tentang "Suluh di Lereng Panderman".

8. Tokoh Inspiratif Kategori Masyarakat Adat
Afrida Erna Ngato adalah seorang perempuan pertama di Nusantara yang terpilih sebagai kepala suku. Yang menyuarakan tentang "Srikandi dari Suku Pagu" dikenal lelah memperjuangkan wilayah adat dan kebudayaan leluhurnya.

9. Tokoh Inspiratif Kategori Seniman
Seorang musisi berasal Ambon Glenn Fredly yang sudah tidak diragukan lagi didunia musik yang menyuarakan "Cinta, Kejujuran dan Totalitas" peduli terhadap kelestarian lingkungan.

10. Tokoh Inspiratif Kategori Aparatur Pemerintah 
Dr. Ratna Dewi Petalolo, SH, MH sekarang ini menjabat Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan menyuarakan "Bergerak Membangun Peradaban Demokrasi" pernannya sebagai bawaslu sangat penting dalam menentukan kualitas pemilu dan demokrasi di Indonesia adalah proses membangun peradaban.

11. Tokoh Inspiratif Kategori Aktifis Organisasi Nonpolitik
Seorang generasi milenial aktif dalam pengamatan pertambangan Indonesia Merah Johansyah Ismail yang menyuarakan "Gelora Perjuangan Aktivis Jatam" aktif sebagai Koordinatir Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam).


Penulis bersama Tokoh Inspirasi Kategori Aktivis Organisasi Politik Nur Hidayati


Mencakup sebelas kategori tipe inspirasi, website ini memuat banyak tokoh inspiratif mulai dari berbagai latar belakang, minat, yang memiliki semangat menyala-nyala. Dengan mengajak semua orang dari berbagai kalangan, usia, latar belakang untuk kontinue berbuat baik.


Melalui website tokohinspiratif.id setiap orang berhak mengusulkan dan bergerak ambil bagian menjadi inspirasi bagi bangsa. Ada beberapa hal mendasar untuk bisa menjadi tokoh inspiratif.

1. Pashion
Menjadi seorang tokoh inspiratif bukanlah waktu yang instant, tetapi memiliki minat serta kemauan yang kuat dari dalam diri.

2. Kapasitas
Seorang inspiratif harus tahu apa yang menjadi kapasitasnya dalam menginspirasi orang lain.

3. Integritas
Sebagai inspiratif berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat, konsep berkaitan dengan konsistensi dalam tindakan-tindakan, nilai-nilai, prinsip-prinsip, ekspektasi dan berbagai hal yang dihasilkan.

4. Inovasi
Sebagai tokoh inspiratif harus memiliki proses hasil pengembangan, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki.

5. Spirit of giving or sharing
Seorang inspiratif selain menginspirasi harus bisa berbagi pengalaman dan memberikan semangat terutama untuk kawula muda.


Nah, buat kita yang mau mendaftarkan tokoh inspiratif sangat mudah langsung masuk ke kanal tokohinspiratif.id. Akan ada form yang harus diisi dan dilengkapi. Semakin banyak orang baik yang menginspirasi semakin maju negara kita. 


Dengan adanya website tokohinspiratif.id ini, maka semakin banyak pula orang-orang yang ambil peran menjadi inspirator untuk Indonesia yang lebih baik. Terutama generasi milenial untuk lebih semangat dan bisa menularkan semangat tersebut agar lebih banyak lagi orang terinspirasi untuk menjadi inspirasi.

25 komentar:

  1. Suka dengan perjuangan semuanya dan saya favorit buat Johansyah, anak muda yang semangat membangun bangsa

    BalasHapus
  2. Sekedar revisi jika berkenan. Tulisan yang benar adalah passion. Tokoh inspiratif saya adalah Ibu Sri Mulyani. Berjuang di kancah Ekonomi International demi kemajuan Tanah Air Bangsa Indonesia. Thanks for sharing.

    BalasHapus
  3. kerennya orang-orang ini dalam kesederhaan ada ketulusan untuk berbagi kepada yang lain

    BalasHapus
  4. Aku pun memiliki tokoh inspiratif, keren banget ini semua tokoh inspiratifnya ya mbak.

    BalasHapus
  5. Seharusnya memang kita semakin sering mengangkat sosok para tokoh inspiratif begini. Biar kita semua bisa tau kalau hidup juga bisa diisi dengan sesuatu yang positif. Suka lelah dengan kejadian saat ini terutama di dunia maya. Isinya kebanyakan pro kontra melulu

    BalasHapus
  6. Wah, mau donk dimasukin list sbg tokoh inspiratif wkwkwk... Tp apa yah prestasi aq?! Belum ada yg memadai.

    BalasHapus
  7. mereka cocok dijadikan panutan ... dan moga makin banyak tokoh inspiratif yang mengisi website ini biar kita punya makin banyak panutan

    BalasHapus
  8. Wah banyak ya bun jenis kategori inspirasinya dan semua itu orang-orang hebat di luar sana yang diakui banyak orang dan terukur. Tetapi semoga untuk para ibu rumah tangga pun di rumah bisa juga jadi inspirasi oleh-oleh anaknya suatu hari nanti dan juga bisa berperan di masyarakat dengan caranya sendiri ��

    BalasHapus
  9. Mari kita berdoa semoga tokoh tokoh seperti ini bisa menjadi panutan yang baik bagi anak anak muda kita selanjutnya. Aaaamiiin.

    BalasHapus
  10. Ada 11 kategori yah buat tokoh Inspiratif, tentunya ini sebagai award buat mereka yang mendefinisikan diri di berbagai bidang

    BalasHapus
  11. wah bagus ini mbak. jadi banyak orang yang bisa terinpirasi sama tokoh tersebut bisa jd pelajaran

    BalasHapus
  12. Jadi kita bisa ngedaftarin siapa aja yang menurut masyarakat, tokoh tersebut dinilai inspiratif ya? Keren ni situsnya. Bisa jadi bahan bacaan dengan inspirasi positif untuk masyarakat.

    BalasHapus
  13. Bagus sekali ada website tokoh inspiratif, selain menginspirasi jiga bisa digunakan sebagai baham pembelajaran terutama biografi. Makasih infonya Kak

    BalasHapus
  14. Aku senang deh ada website ini jadi tahu kan siapa saja tokoh yang menarik untuk diberi penghargaan atau diapresiasi lebih

    BalasHapus
  15. Wah website ini bisa ditunjukkan nih ke anak2 muda atau diri kita sendiri sih, supaya menginspirasi kita semua berbuat sesuatu utk negeri ini. Makasih infonya.

    BalasHapus
  16. Keren websitenya bisa membuat generasi muda lebih bersemangat dalam berkaryam karena melihat contoh orang2 yang menginspirasi. Terima kasih mb

    BalasHapus
  17. Luar biasa sekali mereka semua, sangat pantas menjadi tokoh inspirasi. Semoga tokohinspiratif.id memacu semangat generasi muda untuk berkarya.

    BalasHapus
  18. Kita bisa merefrensikan orang-orang inspiratif di sekitar kita dong ya? Jadi makin banyak muncul orang-orang yang bisa diandalkan untuk Indonesia.

    BalasHapus
  19. Semoga tokoh2 inspiratif ini bisa menjadi inspirasi tuk masyarakat ya.

    BalasHapus
  20. Hampir setiap orang ya punya tokoh inspiratif, karena memang peelu untuk memicu hal-hal yang positif

    BalasHapus
  21. Semoga akan semakin banyak bermunculan tokoh tokoh inspiratif di Indonesia dan membawa Indonesia pada kebaikan.

    BalasHapus
  22. Wah...senang sekali ada website semacam ini. Jadi lebih mudah mencari sumber bacaan ttg tokoh inspiratif.

    BalasHapus
  23. Bagus bagus semua para inspiratornya. Jadi banyak tau aku karena website ini. Bisa belajar juga darisana.

    BalasHapus
  24. Tokoh-tokoh inspiratif inilah yang sudah seharusnya menjadi panutan para generasi muda.

    BalasHapus
  25. Well memang Indonesia butuh tokoh2 inspiratif utk menginspirasi generasi2 mudanya. Apalagi junlah generasi muda di Indonesia ga sedikit, potensial banget .

    BalasHapus

Nikmati Sushi Enak, Lezat, Fresh, Sehat Dan Halal Hanya Di Baiza Sushi

Hello Readers... Siapa yang suka makan sushi?. Wah, langsung banyak penggemarnya ya. Makanan sushi sudah tidak asing lagi di l...