Kamis, 21 November 2019

Sanitasi Aman Langkah Awal Kesehatan Diri Dan Keluarga



Sanitasi - Apa sih yang kalian lakukan setiap bangun di pagi hari? Pasti jawabannya beragam, ada yang cek ricek smartphone, ada yang olahraga, ada yang memasak bahkan ada yang langsung sarapan pagi. Kalau saya setiap pagi selalu membiasakan diri untuk menggunakan kamar mandi (toilet). Ya untuk mengeluarkan sampah pencernaan dari dalam tubuh seperti buang air kecil dan buang air besar.

Hari Toilet Sedunia 2019
Sanitasi Aman Langkah Awal Kesehatan Diri Dan Keluarga


Aktivitas rutinitas pagi saya tentu harus menggunakan sanitasi atau toilet yang bersih dan sehat. Sanitasi wajib dan harus dimiliki setiap rumah. Kebayangkan kalau kita tidak memiliki sanitasi. Bagaimana kita melakukan pembuangan sampah pencernaan? Masa kita hanya modal kresek dan tempat pembuangan seperti kali atau sungai yang ada sekitaran rumah. Apakah higienis cara seperti itu? Bagaimana dengan investasi kesehatan keluarga kita?


Sanitasi itu sangat penting! Kenapa penting? Karena rahasia kesehatan bermula dari sanitasi. Maka dari itu setiap tahun tepatnya 19 November kita akan memperingati Hari Toilet Sedunia. Saya juga sangat penasaran akan pentingnya sanitasi ini bagi kesehatan. Hari Toilet Sedunia 2019 "Sanitasi Aman, Mulai Kapan?" yang diselenggarakan oleh USAID IUWASH PLUS dan PD PAL JAYA tentu dengan narasumber yang menginspirasi akan pentingnya menjaga kebersihan toilet dan membangun sanitasi. 


Sanitasi (sanitation) adalah perilaku manusia disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.


Ibu Alifah Sri Lestari selaku Deputy Chief of Party USAID IUWASH PLUS mengatakan bahwa sanitasi masih dianggap sebagai "urusan belakang" padahal setiap hari kita selalu berhubungan dengan sanitasi salah satu hal penting bagi kesehatan, terutama pencegahan stunting. Dari 74% yang punya akses sanitasi, baru 7% yang punya sanitasi aman di Indonesia. Waduh berarti masih banyak nih masyarakat Indonesia yang belum menggunakan toilet bersih dan pembuangan aman.

Sanitasi Aman
Alifah Sri Lestari selaku Deputy Chief of Party USAID IUWASH PLUS



Oleh sebab itu, dalam rangka #HariToiletSedunia2019, USAID IUWASH PLUS dan PD PAL JAYA bekerja sama mengadakan Talkshow dengan tema "Sanitasi Aman, Mulai Kapan?" supaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sanitasi yang dikelola secara aman. Karena sanitasi yang sehat dan bersih merupakan cerminan diri dan merupakan sebagian dari iman.



Apa jadinya kalau sebuah keluarga tidak menggunakan toilet yang bersih dan sehat. #KapanSanitasiAman


Dr. Subekti SE.,MM selaku Direktur Utama PD PAL JAYA mengatakan bahwa "Masih banyak yang melakukan Buang Air Besar sembarangan, bahkan di kota-kota metropolitan. Ada yang dibuang ke sungai, ke kuburan, laut, bahkan dibungkus dalam plastik. Menurut hasil survey, daerah yang terbaik dan bebas dari BABS yaitu pertama Yogyakarta dan kedua Jakarta. 

Sanitasi Aman
Dr. Subekti SE.,MM selaku Direktur Utama PD PAL JAYA 

Pembangunan sanitasi adalah upaya peningkatan kualitas dan perluasan pelayanan persampahan rumah tangga, air limbah domestik, dan pengolahan drainase lingkungan secara terpadu dan berkelanjutan melalui peningkatan perencanaan, kelembagaan, pelaksana dan pengawasan yang baik. 


Kota Jakarta memiliki unit pengolahan limbah (IPLT) Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja di Duri Kosambi dan Bantar Gebang. Nah, saya sebagai warga kota Bekasi bangga dong memiliki tempat pengolahan limbah rumah tangga. Kalau kota kalian memiliki sarana pengolahan limbah urusan belakang ini nggak?.

Sanitasi Aman dan Sehat
Contoh Septic Tank yang akan diterapkan di Jakarta mengingat tanah 10 meter sangat susah

Sanitasi Aman
Universal Access Sanitasi



Jadi teringat 4 bulan lalu saya dan suami melakukan penyedotan septic tank. Sebenarnya bukan karena kepenuhan tapi memang lebih ke menjaga kesehatan sanitasi. Mumpung masih kemarau harus dilakukan pembersihan. Kalau sudah musim hujan kadar air akan meningkat. Jika septic tank kepenuhan juga tidak akan baik untuk kesehatan dan lingkungan. 


Sebelumnya pernah kan mendengar septic tank meledak karena adanya gas. Tinja itu menghasilkan gas metan yang tersimpan dalam pipa. Penyedotan tinja sebenarnya tidak boleh sampai habis karena sama saja menghabiskan bakteri di dalamnya, karena bakteri yang mengolah tinja tersebut. Kebayang dong kotornya luar biasa limbah rumahan ini. Nggak bisa ngebayangin dan nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata melihat kotornya pembuangan sampah pencernaan tersebut.



Zaidah Umami selaku Bidang Kesehatan Lingkungan, Puskesmas Kec.Tebet mengatakan bahwa "Dalam 100 gram pada tinja mengandung ribuan bakteri E-Coli yang bisa menyebabkan diare. Tapi masih ada saja yang tidak mengerti tentang pembuangan yang baik. Sanitasi erat pada kehidupan sehari-hari kita atau disebut "dosa jariyah". 

Sanitasi Aman dan Sehat
Zaidah Umami selaku Bidang Kesehatan Lingkungan, Puskesmas Kec.Tebet "Masih ada warga yang belum memiliki sanitasi aman"



Salah satu tugas pemerintah yaitu dengan memicu membangun kesadaran masyarakat akan sanitasi bersih. Tahun 2017 sudah gencar dilakukan. Kita bukan jamannya lagi MEMBIASAKAN yang benar, tapi MEMBENARKAN pembiasaan. Masalah sanitasi termasuk urgent tapi masih diabaikan.


Kalau sebuah keluarga tidak memiliki sanitasi atau toilet bersih dan sehat akan berakibat pada kesehatan. Seperti penyakit muntaber, stunting pada anak, autoimun menurun dan lain sebagainya. Idealnya jarak sanitasi yang aman dengan lingkungan rumah sekitar 10 meter supaya air serapan tidak tercampur dengan septic tank.



Ika Fransisca selaku Advisor Bid.Pemasaran & Perubahan Perilaku USAID IUWASH PLUS mengatakan bahwa "Teknologi pembuatan pipa pembuangan tinja di Jakarta di mulai tahun depan. Investasinya juga sudah ada. Memang benar kalau sanitasi berhubungan dengan Stunting. Maksudnya kesehatan dari dalam tubuh menjurus pada kecerdasan anak terutama perkembangan otak. 

PD PAL JAYA
Ika Fransisca selaku Advisor Bid.Pemasaran & Perubahan Perilaku USAID IUWASH PLUS mengatakan bahwa "Teknologi pembuatan pipa pembuangan tinja di Jakarta"



Tujuan Sanitasi

Secara umum, tujuan sanitasi yaitu untuk menjamin kebersihan lingkungan masyarakat sehingga terwujud suatu kondisi yang sesuai dengan persyarakat kesehatan serta untuk mengembalikan, memperbaiki, dan mempertahankan kesehatan manusia.


Penerapan Sanitasi yang mudah kita lakukan perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan sanitasi. Kita harus mengetahui penyedotan tinja dibuangnya ke mana. Hubungilah pengolahan pembuangan PD PAL JAYA. Jangan terkecoh dengan jasa pembuangan tinja yang murah, karena memang harga jasa sanitasi cukup mahal. 


Sanitasi yang buruk sangat berhubungan erat dengan penularan beragam penyakit seperti kolera, diare, disentri, hepatitis A, tifus, polio, cacingan, skistosomiasis (penyakit yang disebabkan oleh cacing parasit), trakhoma (infeksi bakteri yang menyerang mata), dan kekurangan gizi. Inilah yang membuat sanitasi dan kebersihan sangat penting untuk kesehatan, perkembangan, dan kelangsungan hidup seluruh anggota masyarakat,


Sanitasi diri sendiri guna mendukung pola kebersihan dan kesehatan dapat dilakukan dengan :
  1. Selalu mencuci tangan setelah buang air atau setelah bersentuhan dengan cairan tubuh lain, seperti urine, muntah, kotoran hidung atau air liur. Selain itu, cucilah tangan setiap sebelum dan sesudah makan, dan setelah menggunakan kendaraan atau fasilitas umum. Mencuci tangan dengan tepat menggunakan sabun diketahui dapat mengurangi risiko penyakit diare.
  2. Rutin membersihkan kamar mandi mulai dari bak, toilet, wastafel, pancuran (shower), dinding dan lantai kamar mandi. 
  3. Hindari sampah bertumpuk, pengelolaan sampah sebenarnya tidak hanya bagian dari tugas otoritas daerah setempat saja, tetapi ini juga menjadi tanggung jawab masyarakat secara keseluruhan. Mulai membuang sampah pada tempatnya, kemudian diperlukan pengaturan pembuangan sampah baik di dalam maupun luar rumah agar tidak bertumpuk. 
  4. Menjaga kebersihan diri tidak hanya rutin mandi setiap harinya, tetapi juga berlaku pada pakaian bersih, makanan dan minuman bergizi yang di konsumsi, serta lingkungan dan pola hidup sehat.


Sanitasi Aman PD PAL JAYA
Mobil Layanan penyedotan Lumpur Tinja PD PAL JAYA



Manfaat Sanitasi

Adapun manfaat sanitasi bagi lingkungan masyarakat sebagai berikut :
  1. Terciptanya kondisi lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman.
  2. Mencegah timbulnya penyakit-penyakit menular.
  3. Mencegah atau meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan.
  4. Mencegah atau mengurangi kemungkinan terjadinya polusi udara, misalnya bau tidak sedap.
  5. Menghindari pencemaran lingkungan.
  6. Mengurangi jumlah persentase orang sakit di suatu daerah.




Ruang Lingkup Sanitasi

Sanitasi berhubungan dengan sarana dan pelayanan pembuangan limbah kotoran keluarga dan juga pemeliharaan kondisi higienis melalui pengelolaan sampah dan limbah cair seperti :
  1. Penyediaan air bersih/air minum (water supply), meliputi pengawasan terhadap kualitas, kuantitas, dan pemanfaatan air.
  2. Pengolahan sampah (refuse disposal), meliputi cara pembuangan sampah, peralatan pembuangan sampah dan cara penggunaannya.
  3. Pengolahan makanan dan minuman (food sanitation), meliputi pengadaan, penyimpanan, pengolahan, dan penyajian makanan.
  4. Pengawasan/pengendalian serangga dan binatang pengerat (insect and rodent control), meliputi cara pengendalian serangan dan binatang pengerat.
  5. Kesehatan dan keselamatan kerja dengan melakukan kegiatan K3 meliputi ruang kerja (seperti dapur), pekerjaan, cara kerja, dan tenaga kerja.



Dengan terwujudnya sebuah kondisi lingkungan yang memenuhi syarat kesehatan maka proses pengembangan dan penerapan teknologi sanitasi yang efektif serta efisien ditujukan untuk meningkatkan pengelolaan sanitasi yang ramah lingkungan, akses yang lebih luas bagi masyarakat, kontinuitas layanan dan perlindungan dan pelestarian sumber air. 




Berkunjung ke Pemukiman Warga RT8/RW10 Kec. Tebet, Jakarta Selatan Menyaksikan Sanitasi dan Penyedotan Septic Tank

Untuk membuktikan betapa pentingnya sanitasi bagi kesehatan, semua peserta talkshow pun diajak terjun ke lokasi permukiman warga di wilayah Tebet, Jakarta Selatan. Dan ternyata masih ada perkampungan di satu RW nya tidak punya septic tank. Ini diperkotaan lho belum punya septic tank. 

Sanitasi Aman dan Sehat
Penelusuran Sanitasi Sehat dan Aman ke RT8/RW10 wilayah Tebet
Sanitasi Aman dan Sehat
Kali atau sungai RT8/RW10 wilayah Tebet



Tapi penelusuran kami kali ini ke RT8/RW10 wilayah Tebet, untuk melihat langsung tempat tinggal yang sudah punya sanitasi bersih dan belum punya sanitasi bersih. Salah satu rumah warga yang kami temui adalah Pak Wahyono, seorang warga yang tersadar dan telah membuat septic tank pada tahun 2019. Bapak dari 5 anak ini menyadari seharusnya pembuahan tinja tidak langsung ke kali atau sungai. Dan beliau membuat septic tank atau sanitasi aman dengan biaya sendiri lho. 

Sanitasi Aman
Bapak Wahyono, seorang warga yang tersadar dan telah membuat septic tank pada tahun 2019
Sanitasi Aman
Ipal Komunal ke RT8/RW10 wilayah Tebet



Selain berkunjung ke rumah warga, PD PAL JAYA juga akan melakukan penyedotan septic tank pada rumah Ibu Surati. Dimana Ibu tampak tua ini melakukan penyedotan septic tank 3 tahun lalu. Katanya beliau membayar harga yang sangat mahal, betul juga sih karena ibu itu menghubungi penyedot swasta. Telah hadir Bapak Agus Sadi, Bapak Handy dan Bapak Kimin sebagai petugas penyedotan tinja dari PD PAL JAYA.

Layanan penyedotan Lumpur Tinja PD PAL JAYA
Bapak Agus Sadi, Bapak Handy dan Bapak Kimin sebagai petugas penyedotan tinja dari PD PAL JAYA. 

Sanitasi Aman
Ibu Wiwik seorang Influencer Sanitasi dan Penulis


Saya sangat terkagum melihat warga RT8/RW10 memiliki Ibu Wiwik, seorang Influencer Sanitari yang selalu menyuarakan dan mengajak wilayah lain untuk memasang septic tank dan mengaliri pembuangan ke IPAL KOMUNAL. Jujur saya baru tahu kalau ada influencer sanitari. Namun berkat kontribusi warga setempat Sanitasi di RT08/RW10 Kel. Tebet Timur sudah mulai diperhatikan. Dibangun ipa komunal yang mengalir ke septic tank yg dibuat khusus di atas tempat pengolahan tempe. IPAL KOMUNAL ini sebuah penampungan pembuangan yang bisa menampung pembuangan sampai 30 KK.

Septic Tank
Mulai melakukan penyedotan septic tank

Mobil Layanan penyedotan Lumpur Tinja PD PAL JAYA
Pengukuran penyedotan muatan mobil layanan untuk septic tank



Oh iya, sebagai informasi menarik buat kalian yang mau melakukan pembersihan atau penyedotan septic tank buat wilayah Jakarta dan Bekasi bisa langsung menghubungi PD PAL JAYA dan akan dikenakan biaya murah lho sebesar 300 ribuan. Tarif ini sesuai banyaknya penyedotan ya.


Kesadaran akan sanitasi yang masih rendah dalam masyarakat, bisa memicu terjadinya pencemaran lingkungan, penurunan kualitas kesehatan, hingga penyebaran penyakit menular. Oleh karena itu, sanitasi harus dimulai dari perubahan perilaku dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Sangat perlu memiliki akses sanitasi yang memadai. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan kerjasama dari seluruh anggota masyarakat.

Sanitasi Aman dan Sehat
Cintai lingkungan dengan Sanitasi Aman dan Sehat



#KapanSanitasiAman 
#HariToiletSedunia2019 

19 komentar:

Andiyani Achmad mengatakan...

jadi aku pernah diare, cukup parah, sampai lemas, bukan dari makanan dan ternyata dari toilet entah dimana, yang pernah aku gunakan

Natrarahmani mengatakan...

Nah benget kak tika, sanitasi juga bagian dari kebersihan yang tertuanh dalam surat Al quran. Penting adanya menjaga kebersihan diri. Karena menyangkut kesehatan jangka panjang.

Okti Li mengatakan...

Masalah sanitasi ini memang sangat rentan. Di kota besar sudah memiliki kesadaran. Sementara di perkampungan, masih banyak lho yang bab dan cuci di air sungai. Ya karena mereka tidak punya kamar mandi di rumahnya
Ada sih sumur umum. Tapi kalau musim kemarau kan kering.

Nurul Sufitri mengatakan...

Nah, ini dia yang masih menjadi PR buat kita semua. Menjaga kebersihan sanitasi terutama yang umum itu ternyata suliiiit sekali dilakukan masyarakat. Ga melulu dilihat dari kelas perekonomian atas, menengah atau bawah, sama aja suka masih jorok menggunakan toilet umum misalnya, Semoga dengan makin disosialisasikan tentang sanitas bersih, kita makin peduli ya mbak :) TFS.

Coretan Emak mengatakan...

Berarti untuk penyedotan septic tank, harus dilakukan setiap satu tahun sekali ya butet? Ga harus nunggu penuh baru di sedot...

Coretan Emak mengatakan...

Berarti untuk penyedotan septic tank, harus dilakukan setiap satu tahun sekali ya butet? Ga harus nunggu penuh baru di sedot...

Silvia Putri mengatakan...

Yang sulit itu kerja sama untuk saling mneyadarkan tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan sekitar seperti ini. Tapi bagus kok, dengan ada sosialisasi langsung pasti lebih banyak yang tahu dan sedikit menyentil ego mereka untuk lebih hidup mau bersih

Indrifairy mengatakan...

iya kadang kita nunggu penuh dulu baru disedot padahal setahun sekali itu waktu yang pas ya buat membersihkan septictank agar kesehatan dirumah juga terjaga

Zahra mengatakan...

Sosialisasi begini perlu terus digalakkan sih
Terutama yg tinggal di desa2 kadang2 masih belum banyak yg menyadari soal sanitasi bersih bahkan dianggap kurang penting hiks

Fenni Bungsu mengatakan...

Kesadaran untuk menjaga dan membuat sanitasi aman ini harus dilakukan sedini mungkin. Sebab kaitannya dengan masalah kesehatan dan lingkungan sekitar

Keke Naima mengatakan...

Sanitasi yang kotor bikin saya stress hehehe. Saya kalau ketemu tempat yang sanisatasinya gak bagus udah pusing duluan, deh

Irena Faisal mengatakan...

Aku tuh paling jijik sama toilet jorok terutama di rumah sakit atau klinik, karena bertolak belakang sama fungsinya. Sosialisasi tentang sanitasi ini juga perlu diadakan di pusat kesehatan macam itu

April Hamsa mengatakan...

Wuah ternyata di perkotaan ada yang gak punya septitank dan membuangnya ke sungai yaaaa. Untungnya sekarang sudah banyak yang menyadari bahwa tempat pembuangan limbah manusia ini penting dan sudah mulai punya septitank sendiri ya. Moga program kyk gini bisa menyentuh smua lapisan masyarakat jd gk ada lg yang buang hajat ke sungai

Ria Andika mengatakan...

Ternyata harus dirutinkan ya utk sedot septic tank, jangan tunggu ampe penuh. Beberapa rumah kayak punyaku sih udah ganti ke Biotech Septic tank ka, katanya sih udh gak perlu sedot

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Mmh sedihnya masih banyak yang belum memiliki sanitasi yang layal ya mba. Smeoga dengan adanya sosialisasi seperti ini, akan banyak yang care dengan pentingnya sanitasi ya mba

Visya Al Biruni mengatakan...

Wah iyaa sama banget, ritual pagiku juga hehe oleh karenanya penting banget yaa sanitasi Aman,nyaman dan bersih. Harus disediakan secara berkala juga yaa supaya ga meledak sewaktu waktu #jangansampe

Qoty Intan Zulnida mengatakan...

Ternyata ada juga yaa yang rumahnya gak pake septik tank... hm.... Memang masalah sanitasi ini kudu diperhatikan betul-betul yaaa...
Dan saya kemana aja selama ini karena baru tahu bahwa ada haro toilet sedunia... hehehe

Artha Amalia mengatakan...

akhirnya saya tahu berapa biaya sedot WC. ternyata terhitung cukup terjangkau mengingat pentingnya sanitasi jniy

Grandys mengatakan...

Sangat miris dengan mengetahui masih banyak jg yg belum memiliki kualitas sanitasi yg baik ya kak

Kesetaraan Gender Memacu Perempuan Berdaya Di Era Digital Menciptakan Kemerdekaan Ekonomi Keluarga

Pahlawan dalam keluarga penuh dengan rasa cinta kasih sayang terbesarnya adalah seorang Ibu. Waktu sedetik pun sangat berharga bagi bel...