Rabu, 15 April 2020

Menikmati dan Menjalani Hidup Tanpa Kepura-puraan Kunci Kebahagiaan



Pernah ada yang bertanya kepada saya “Mbak, bagaimana caranya menjalani hidup apa adanya tanpa ada kepura-puraan?”. Terhentak sejenak terdiam akan apa yang sudah saya jalani di perantauan. Semenjak memantapkan diri kuliah jauh dari orangtua membuat saya terlatih akan manajemen pribadi. Mulai dari bangun pagi, mengerjakan tugas-tugas kuliah, melakukan semua nasihat orang tua bahkan hidup mandiri menghemat kiriman bulanan dari orangtua. Terlebih jauh dari keluarga.

Indosat
Jalani Hidup Apa Adanya Tanpa Kepura-puraan adalah Kunci Kebahagiaan



Selama merantau saya menjalani hidup dengan bahagia. Kiriman sedikit dari orangtua tetap dinikmati, kuliah sambil bekerja mengajar kursus privat anak sekolahan buat tambahan uang jajan, kerja kantoran sebagai telemarketing dan sekedar membantu teman mengerjakan tugas saya lakukan. Dari tidak punya uang sama sekali sudah saya rasakan hingga menikmati gaji sendiri setelah duduk dibangku karir. Karena prinsip saya menikmati hasil keringat sendiri sedikit banyaknya sudah sangat bahagia.


Sampai saat ini hampir 20 tahun merantau sudah saya jalani seperti rasa permen nano-nano. Ya benar, pengalaman adalah guru yang baik tanpa ke pura-puraan. Semuanya mengalir dan berjalan sesuai suratan sang kuasa. Saya tetap bersyukur dan bahagia menjalaninya.


Bagi keluarga saya dan perantau suku Batak umumnya pantang pulang kalau belum sukses. Setidaknya menyenangkan dan membuat bangga orang tua. Teringat campaign terbaru IM3 Ooredoo yang lagi hits. Lebih mengajarkan bagaimana menjalani hidup apa adanya. Menikmati hidup tanpa tedeng aling-aling. Karena bagi saya kunci sukses dan bahagia di perantauan dengan menerapkan hidup jujur, simple dan apa adanya. 


Dengan adanya campaign inspiratif seperti ini mengajarkan saya membebaskan ekspresi tanpa basa-basi. Salah satunya dengan tetap semangat berkarya. Baik itu dalam dunia pekerjaan sampai aktif di media sosial. Seperti yang kita ketahui dengan berbagi informasi melalui sharing and caring tanpa modus, kita sudah menyelamatkan banyak orang dari berita hoax. Percaya kan kalau media sosial menjadi track record perjalanan hidup kita dilihat jutaan orang.


Berbagi informasi tulisan dari blog atau caption media sosial ditambahkan foto ciamik sudah menggambarkan diri tanpa pencitraan. Memang sudah menjadi kebiasaan warganet memposting foto-foto bagus dengan raut wajah bahagia. Sudah sewajarnya senyatanya hidup juga harus bahagia tanpa tipu-tipu. 


Hidup memang selalu banyak pertanyaan. Sebelum menikah, orangtua suka mengatakan “Kamu sudah dewasa Nak, kapan rencanamu mengenalkan calon menantu itu?”. Tanpa basa-basi saya menjawabnya “Nanti saya akan bawa ke rumah kalau kami sudah siap”. Semuanya berjalan lancar hingga akhirnya saya dan dia menikah. Setelah menikah ternyata pertanyaan lain muncul kembali. “Nak, kapan kami punya cucu?”. Saya hanya menjawab indah pada waktunya, sesuai waktu Tuhan memberikannya. 

IM3 Ooredoo
Ekspresikan Bahagia Tanpa Syarat Dan Ketentuan



Menikmati dan menjalani hidup bahagia menghalau keraguan dan kekhawatiran dihadapi dengan keyakinan. Serta positif thinking dalam keadaan apapun. Enam tahun pernikahan saya belum dikaruniai anak. Saya dan suami tetap menjalani hidup bahagia sambil berdoa akan anugerah-Nya. Sebab saya percaya setiap jalan hidup yang dipilih yakin dong pasti banyak bahagia yang akan dilewati. 


Semua orang pasti tidak mau menjalani hidup tanpa syarat ketentuan. Jujur saya sendiri tidak mampu melakukannya. Misalnya, supaya kelihatan keren kemana saja naik kendaraan pribadi atau kendaraan bertarif mahal. Kalau saya setiap bepergian kerja maupun bertemu orang menggunakan transportasi umum. Seperti commuter line, MRT, transjakarta bahkan ojek online. Asli harganya murah meriah tanpa ada syarat dan ketentuannya.


Dapat harga transportasi murah saja sudah bahagia. Kan lumayan hemat bisa menambah tabungan. Malu? Oh tidak, saya tidak pernah merasa malu menggunakan transportasi umum. Justru saat orangtua saya berkunjung ke kota metropolitan ini senang menggunakan transportasi umum. Selain murah, praktis, bersih juga aman. Sesimpel itu bisa menikmati hidup bahagia.


Begitu halnya dengan karya tulis yang selalu saya tuliskan di blog. Dengan harapan selalu menginspirasi pembaca. Setidaknya bangga memberikan informasi positif pada masyarakat luas. Sama seperti IM3 Ooredoo yang selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya. 


Salah satunya dengan menghadirkan Freedom Internet. Seratus persen kuota utama dapat digunakan seharian tanpa pembagian waktu di semua jaringan. Pulsa juga tetap aman meski paket habis berkat fitur pulsa save-nya. Produk simpel untuk mendukung kita menjalani hidup apa adanya #TanpaSyaratKetentuan 


Indosat
Yuk hidup bahagia tanpa kepura-puraan bersama @IM3Ooredoo tanpa #TanpaSyaratKetentuan



Nikmati bahagia dengan tanpa pura-pura!!!

15 komentar:

Ali Muakhir mengatakan...

Bener banget Mbak Tika. Lebih baik jalanin hidup tanpa kepura-puraan. Apa adanya, bukan ada apanya ya. Lebih tenang.

Noviea Aziza mengatakan...

Inspiratif banget mbak tulisanya mbak... jadi ingat waktu aku kuliah lagi susah2nya terus kerja sambil kuliah, walaupun dapat gaji kecil tapi bahagia bangets... 😊

lendyagasshi mengatakan...

Yes,
Bersama IM3 Ooredo aku bebas menikmati semua paketnya tanpa syarat dan ketentuan.
Secara pusing banget kalau mau langganan paket mesti ada syarat dan ketentuan yang berlaku kan yaa..

Ruli retno mengatakan...

Aku baca tulisan ini jadi ikut kebawa aroma bahagianya

Travel Galau mengatakan...

boleh jujur? entah kenapa diantara banyak tulisan tentang menjalani hidup apa adanya, aku paling suka sudut pandang Tika dalam menjalani hidup apa adanya.
Bahagia tanpa berpura-pura. Tapi bukan berarti tidak berusaha.

Tukang Jalan Jajan mengatakan...

hidup kudu jujur dan harus dinikmati seutuhnya. Janagn pernah menjadi orang lain dan berusaha memakai topeng. PAsti lelah banget dan biasanya akan menciptakan banyak kebohongan yang merepotkan diri sendiri

Susi Susindra mengatakan...

Makin sederhana makin bahagia. Itu sudah pasti karena kita jadi lebih mudah bersyukur dengan apa yang ada.
Jadi fokus pada hal di sekitar juga, kan jadinya.

Mporatne mengatakan...

Semangat orang batak berjuang di negri rantau patut di acungi jempol.

Tetap berkarya dan tanpa basa basi dalam berkata.

April Hamsa mengatakan...

Memang lebih baik menjalani hidup apa adanya tanpa kepura2an. Standar bahagia org juga beda2. Karena yang jalanin juga kita kita sendiri ya.

Wah asyik kalau ada freedom inet, apalagi zaman pandemi kyk gini butuh banget sama inet ya.

Rhoshandhayani 💕 mengatakan...

biasanya ditanyain kayak gitu itu, tandanya perhatian, atau mungkin penasaran, atau bahkan hanya sekadar basa-basi, haha

kalau aku sih ditanyain begitu gak masalah. asalkan gak dilanjutkan dengan cemoohan atau nyinyiran

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Bener sekali, menikmati hidup apa adanya dan banyak bersyukur bisa buat hidup jadi tenang

Marfa Umi mengatakan...

Memang hidup apa adanya tanpa kepura2an lebih melegakan ya kak, lebih lapang dan lebih memiliki keleluasaan. Dan setuju merantau bikin kita kenyang sama pengalaman hidup jadi lebih kuat dan mandiri

Pertiwi Yuliana mengatakan...

Menjadi apa adanya dalam menjalani hidup memang jadi kunci bahagia banget, ya. Bikin langkah yang dijalani bisa terasa lebih enteng juga karena meminimalisir kepalsuan dalam menyuguhkan diri di hadapan orang-orang.

khairiah mengatakan...

hidup jadi tanpa beban yaa kalau apa adanya tanpa kepura-puraan, untung ada jaringan internet oredoo yang bebas syrt kentetuan

Haekal mengatakan...

Jalani hidup tanpa pura-pura bisa menghasilkan kebahagiaan ya. Wah insight bagus.

Pura-pura itu ga baik. Harusnya jujur aja ya, misal dapet kuotanya brp ya ditulis berapa. Mantep jg itu im3.

Laptop Gaming HP OMEN Hadir Di Indonesia Dengan Teknologi Dan Performa Level Terbaik

Hampir empat bulan menjadi kaum rebahan dan work from home. Semenjak covid-19 menyebar begitu cepat tidak hanya perkantoran yang diruma...